Sunday, January 7, 2018

Cara mudah mengatasi dan memperbaiki kartu memori (memory card, SD card, Micro SD) yang rusak, error, tidak terbaca dan terdeteksi di komputer, laptop dan HP android tanpa harus di format

Kartu memori seperti SD card, Micro SD dan berbagai jenis memory card lain nya. Terkadang mengalami kerusakan yang mengakibatkan tidak terdeteksinya atau tidak terbacanya kartu memori pada perangkat / device yang terkait. Misalnya saat kartu memori di pasang di hp Android, di komputer, di laptop dan lain sebagainya. Maka kartu memori tersebut tidak terbaca, error dan sama sekali tidak dapat dibuka. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai hal. Selengkapnya ada di postingan yang ini, ( Penyebab rusaknya kartu memori, SD card, Micro SD, memory card (error, tidak terbaca dan minta di format) di komputer dan hp android)

Cara mudah mengatasi dan memperbaiki kartu memori (memory card, SD card, Micro SD) yang rusak, error, tidak terbaca dan terdeteksi di komputer, laptop dan HP android tanpa harus di format

Nah, untuk mengatasi dan memperbaiki kartu memori yang rusak dan tidak terbaca. Maka alangkah baiknya jika anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Sehingga nantinya anda tidak perlu repot-repot memformat kartu memori yang anda miliki.

1. Periksa perangkat card reader anda

Jika kartu memori anda baik-baik saja saat dipasang di hp. Dan tidak terbaca saat dipasang dikomputer atau laptop. Maka patut dicurigai, ada masalah dengan card reader yang anda miliki. Periksa kelayakan card reader, dan periksa pengunci kartu memori pada card reader. Jika ternyata card reader anda dalam posisi terkunci. Maka tinggal buka saja kuncian pada card reader anda. Dan kartu memori anda pun langsung dapat digunakan seperti sedia kala, alias menjadi normal kembali.

2. Periksa port usb / inputan card reader pada komputer anda

Coba berbagai card reader yang anda miliki. Jika kartu memori anda sama sekali tidak terdeteksi. Sedangkan kartu memori anda masih normal dipakai di hp anda. Maka patut dicurigai ada kerusakan pada port / colokan pada komputer anda. Coba ganti ke colokan / port yang lain nya. Jika kartu memori berhasil terbaca, berarti salah satu port usb / inputan card reader anda ada yang rusak.

3. Bersihkan lempengan tembaga pada kartu memori

Kotornya lempengan kuning / tembaga pada kartu memori dapat mengakibatkan tidak terbacanya kartu memori pada berbagai device yang terkait (hp, smartphone android, komputer, dll). Dengan kotornya plat tembaga pada kartu memori, dapat mengakibatkan masalah pada arus pertukaran data yang terjadi antara kartu memori dan device yang terkait. Sehingga membuat kartu memori menjadi error dan tidak terbaca. Maka dari itu, coba bersihkan lempengan tembaga tersebut dengan penghapus pensil. Jika sudah dibersihkan, maka kartu memori akan menjadi normal seperti sebelumnya.



4. Scan komputer anda dengan antivirus terupdate

Beberapa jenis virus dapat membuat berbagai fungsi dan performa komputer menjadi buruk. Termasuk di dalamnya mengenai pembacaan data dari memori eksternal yang anda miliki. Virus dapat dengan mudah membuat kartu memori anda menjadi tidak terbaca, dan semua file anda pun menjadi hilang karena di sembunyikan oleh virus tersebut.

Dengan demikian, segera scan komputer, laptop atau notebook anda agar virus dapat segera lenyap. Dan memory card yang anda miliki dapat terbaca dan digunakan seperti biasanya.

- Memformat kartu memori

Jika kerusakan terjadi karena adanya error di dalam sistem kartu memori anda. Entah karena rusaknya sistem, entah karena di rusak virus maupun buruknya kualitas memory card. Sehingga menyebabkan file menjadi corrupt dan memory card tidak terbaca. Maka, tidak ada cara lain selain memformat kartu memori yang anda miliki.


- Lem biru kartu memori

Jika kerusakan terjadi pada hardware kartu memori anda. Entah karena kartu memori anda patah, lempengan tembaganya copot. Memory card anda Terendam dan terkena air, tertumbuk, tergencet, dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada memory card. Maka tidak ada jalan lain, selain harus melem biru kartu memori anda. Btw, lem biru = Lempar beli baru, jadi anda ya harus beli memory card yang baru.

- Kesimpulan dan penutup

Ya begitulah berbagai cara untuk mengatasi dan memperbaiki kartu memori yang rusak, error dan tidak terbaca pada hp android, komputer, dan lain sebagainya. Jika kerusakan terjadi karena rusaknya software / sistem pada kartu memori, sehingga menyebabkan corruptnya kartu memori. Maka tidak ada jalan lain selain harus memformat kartu memori yang ada.

Dan jika kerusakan pada kartu memori terjadi pada hardware. Maka anda tidak perlu banyak berharap. Karena kartu memori anda ternacam rusak permanen. Jadi anda harus membeli memory card yang baru.

Dan jika kerusakan hanya terjadi pada ke 4 hal yang tersebut diatas. Seperti karena rusaknya card reader, port usb / inputan card reader, serangan virus dan kotornya plat tembaga. Maka anda tidak perlu memformat kartu memori anda. Anda cukup melakukan berbagai cara yang tersebut diatas. Agar kartu memori anda dapat berfungsi seperti sedia kala, alias menjadi normal kembali.

Cara mudah mengatasi dan memperbaiki kartu memori (memory card, SD card, Micro SD) yang rusak, error, tidak terbaca dan terdeteksi di komputer, laptop dan HP android tanpa harus di format
4/ 5
Oleh

Leave your comment