Wednesday, January 31, 2018

Cara mudah mengatasi & menghilangkan rasa malas belajar - Dijamin sukses dan ampuh

Siapa yang tidak pernah merasakan yang namanya malas ?. Pasti semua orang di dunia ini, sedikit banyak pernah dihadapkan dengan kemalasan di dalam hidupnya. Dalam hal ini, terutama kemalasan disaat belajar. Apapun statusnya, entah itu siswa-siswi sekolah, anak kuliahan, pekerja, dan lain sebagainya. Dan berapapun usianya, mulai dari anak-anak, remaja, pemuda-pemudi, orang tua dan orang dewasa. Pasti didalam hidupnya sesekali pernah merasakan kemalasan. Dalam pembahasan kali ini tentunya adalah rasa malas disaat sedang belajar.

Cara mudah mengatasi & menghilangkan rasa malas belajar - Dijamin sukses dan ampuh

Terutama bagi anak-anak usia sekolah, disaat belajar dikelasnya. Pada saat jam pelajaran yang dirasa sulit dan membosankan, sebut saja seperti matematika, fisika, kimia, sosiologi, sejarah, bahasa inggris, dan lain sebagainya. Pasti banyak diantara para siswa yang menjadi malas karenanya. Bahkan tidak jarang banyak siswa yang tertidur.

Berbeda dengan materi pembelajaran yang menyenangkan. Sebut saja seperti jam pelajaran olahraga, praktek kesenian (misal: menggambar, menyanyi), pembahasan biologi, belajar atau praktek langsung dilapangan (study tour), dan lain sebagainya. Pasti banyak siswa yang menjadi semangat dan dengan senang hati mengikuti berbagai kegiatan belajar pada jam pelajaran tersebut.

Nah, maka dari itu, untuk menekan dan melawan rasa malas anda. Untuk mengatasi dan menghilangkan sikap malas anda, untuk menjauhkan sifat pemalas anda disaat belajar. Maka anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

A. Cara mengatasi kemalasan belajar pada anak

Anak-anak memang wajar menyukai bermain dengan teman sebayanya. Apabila disuruh memilih, antara belajar atau bermain dengan teman, pasti kebanyakan anak akan memilih untuk bermain bersama teman nya. Dari sinilah orangtua terkadang menjadi marah terhadap anaknya. Orang tua malah membentak si anak untuk terus belajar dan malah melarang anaknya untuk bermain dengan teman nya. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi tumbuh kembang si anak. Khususnya pada perkembangan mental dan kemampuan bersosialisasinya.

Maka dari itu, sebagai orang tua anda harus pandai-pandai mengatur dan mendidik anak anda. Seimbangkan antara belajar, bermain dan bersosialisasi. Agar dimasa depan nanti, anak anda tidak menjadi orang yang takut berlebihan kepada orang lain (phobia sosial). Karena, kebanyakan kasus phobia sosial disebabkan oleh orang tua yang overprotective kepada anaknya.

1. Memotivasi anak

Nah, untuk membuat anak menjadi rajin dalam belajar. Mungkin anda harus memberikan motivasi pada anak anda. Jika sukses melakukan atau mengerjakan materi yang anda ajarkan, berikan anak anda hadiah. Agar si anak tadi termotivasi dan terus belajar dengan giat untuk mengerjakan dan menyelesaikan apa yang anda perintahkan tadi. Tapi jangan terlalu sering memberikan hadiah, aturlah dengan bijak, agar si anak tidak menjadi pribadi yang selalu meminta imbalan atas apa yang ia kerjakan.

2. Bermain sambil belajar

Seperti yang tersebut seperti pembuka diatas. Materi pembelajaran yang menyenangkan, terbukti dapat memicu semangat seseorang untuk terus belajar. Maka dari itu, anda harus menggunakan metode yang kreatif untuk membuat anak anda menjadi semangat dalam belajar. Selain mengajari si anak, kalau bisa anda juga harus mencontohkan apa yang anda ajarkan ke anak tadi.

B. Cara mengatasi rasa malas pada siswa saat jam pelajaran sekolah

Bagi seorang guru, tentunya anda juga harus ikut berperan aktif di dalam proses belajar mengajar. Anda haruslah mengajari murid anda dengan baik dan sepenuh hati. Jangan seperti guru yang suka membolos, lalu memberikan catatan dan menyuruh murid untuk mencatat materi tersebut. Pasti hal tersebut sangatlah membosankan, dan malah menjadi ajang untuk bermalas-malasan bagi murid.

Karena hal tersebut, Bisa saja nanti ada siswa yang tidur, ngeluyur pergi ke kantin, mengobrol ngak jelas dikelas, bermain game, dan lain sebagainya. Memang bagi siswa hal tersebut dirasa menyenangkan. Tapi hal tersebut malah membuat mereka semakin malas untuk belajar, karena mereka lebih memilih untuk bermain dengan teman sekelasnya daripada memilih untuk belajar.

Untuk mengatasi hal ini, seorang guru dituntut untuk ikut aktif dan kreatif di dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, usahakan disaat proses mengajar anda harus . .

1. Berpenampilan menarik

Tidak dipungkiri, seorang guru yang nampak bersahabat lebih disukai siswa daripada guru yang galak dan tidak bersahabat. Seorang guru yang akrab dengan murid-muridnya, akan lebih disegani dan dihormati daripada menjadi seorang guru yang ditakuti oleh para muridnya. Anda haruslah bijak didalam berpenampilan dan bersikap. Sehingga murid-murid yang anda ajari, menjadi senang dengan kehadiran anda disaat jam pelajaran berlangsung.

2. Membuat susasana belajar lebih menyenangkan

Anda harus memancing motivasi atau rasa penasaran di dalam benak para siswa. Gunakan sedikit lelucon disaat mengajar, gunakan contoh nyata disaat mengajar, pancing rasa penasaran siswa dengan berbagi cerita yang masih berhubungan dengan materi pembelajaran yang anda ajarkan.

Kalau bisa buat sebuah permainan didalam materi yang anda ajarkan. Buatlah hadiah dan hukuman didalam permainan yang anda adakan. Misalnya seperti tanya jawab, game cerdas cermat, memberikan kesempatan pada siswa untuk saling membuat pertanyaan dan jawaban, atau juga memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya pada gurunya. Dan lain sebagainya, intinya buat suasana belajar lebih menarik, dengan mengkombinasikan belajar dan bermain. Baik secara kelompok maupun perorangan.

C. Cara mengatasi rasa malas disaat belajar dikelas

Saya juga pernah menjadi murid sekolah seperti anda. Saya pernah merasakan kebosanan disaat belajar, apalagi disaat materi pembelajaran yang dirasa rumit dan membingungkan. Yang ada didalam hati, ingin rasanya pelajaran ini cepat berakhir, dan ingin rasanya cepat pulang dan bermain bersama teman.

Nah, maka dari itu. Supaya anda semangat untuk belajar. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Memotivasi diri

Ingatlah, anda sekolah dengan keringat dan hasil kerja keras dari orang tua anda. Jika anda bermalas-malasan, bagaimana nasib orang tua anda. Mereka sudah lelah banting tulang setiap hari, anda malah enak-enakan bolos belajar, bermain-main disekolah, apalagi sampai pacaran. Sungguh kebodohan yang HQQ. Jadi semuanya kembali kepada diri anda, niatkan sekolah untuk belajar. Jangan hanya bermain saja yang dipikirkan.

2. Menyukai materi pelajaran

Jika seseorang sudah suka. Maka apapun itu pasti akan dikerjakan dengan senang hati. Termasuk didalamnya tentang pelajaran. Jadi sukailah materi pelajaran anda, anggap semuanya menyenangkan. Dan perlahan tapi pasti, semua materi pelajaran disekolah akan terasa menyenangkan.

3. Memprotes guru

Jika guru mengajar dengan tidak baik. Guru mengajar dengan membosankan dan tidak bertanggung jawab dengan muridnya. Langsung saja, rembukan dengan teman sekelas. Diskusi bersama untuk memprotes guru tersebut, agar nantinya ia mengajar dengan lebih baik. Jika sudah memprotes berkali-kali dan masih tidak ada perubahan, langsung saja request ke kepala sekolah atau orang yang terkait untuk mengganti guru yang biasa mengajar dikelas anda.

Guru kan sudah dibayar, jika mengajar asal-asalan, murid juga berhak untuk protes. Begitulah . .

D. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa malas dalam belajar

Manusia tidak pernah berhenti belajar didalam hidupnya. Belajar bukan hanya disekolah saja. Dimanapun dan kapanpun anda dapat memperoleh ilmu dari apa yang ada di dunia. Entah itu anda seorang anak kuliahan, pekerja kantoran, pengusaha, ibu rumah tangga, pengangguran, orang perkotaaan, orang pedesaan, dan lain sebagainya. Selama nafas masih dikandung badan, tidak ada yang namanya berhenti untuk belajar.

Manusia mulia karena akalnya, manusia mulia karena ilmunya. Jika manusia tidak memiliki akal, apa bedanya manusia dengan binatang ?. Karena itulah, manusia selaku mahkluk yang lemah ini dimuliakan oleh Tuhan karena adanya akal dan ilmu pengetahuan.

Jadi teruslah semangat belajar dan jangan pernah berhenti belajar didalam hidup anda. Belajarlah dari pengalaman orang lain, pikirkan masa depan anda, pikirkan orang tua anda, pikirkan kehidupan anda.

Apakah anda mau hidup terlunta-lunta ?, menjadi pengemis dan menadahkan tangan anda kepada orang lain ?. dimana harga diri anda ?. jadi semangatlah, motivasi diri anda untuk terus belajar, dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

Kunci utama untuk menghilangkan rasa malas dalam hal apapun, termasuk dalam belajar. Semuanya terletak didalam hati. Jika hati anda sudah rusak, maka rusaklah seluruh badan anda. Jika hati anda baik, maka baiklah semua badan anda. Semua apa yang anda kerjakan pasti akan bermanfaat, baik bagi diri sendiri, untuk orang lain, untuk alam dan lingkungan.

Jadi, untuk menghilangkan rasa malas. Semua tergantung dari niat, tekad, usaha dan doa anda masing-masing. Jika tidak berniat ? mana mungkin ada usaha. Jika tidak berusaha ?, mana mungkin dapat melihat hasil. Dan jika tidak berdoa ?, mana mungkin anda dapat berbahagia. Yang ada hanyalah kesenangan sesaat, rasa sedih dan duka yang mendalam. Karena anda tidak terima dengan kenyataan, tidak bersyukur, tidak bersabar dan tidak percaya dengan adanya TUHAN. Sekian, dan semoga bermanfaat . .

Cara mudah mengatasi & menghilangkan rasa malas belajar - Dijamin sukses dan ampuh
4/ 5
Oleh

Leave your comment