Wednesday, January 24, 2018

Pengertian, perbedaan & persamaan antara teman dan sahabat

Menurut anda, teman dan sahabat itu artinya apa sih ?. Apakah keduanya merupakan istilah kata yang memiliki arti yang sama, atau mungkin sama sekali berbeda ?. Yap, memang cukup membingungkan, karena hal tersebut sudah menjadi perdebatan umum di sepanjang sejarah umat manusia. Dari masa-kemasa, definisi dari teman dan sahabat memiliki pengertian dan ciri yang berbeda-beda. Ciri dan pengertian tersebut, tentunya berbeda sesuai dengan sudut pandang setiap orang di dunia.

Pengertian, perbedaan & persamaan antara teman dan sahabat

- Arti kata Teman dan Sahabat menurut KBBI

Di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi kata teman dan sahabat cukup ambigu, karena keduanya memiliki pengertian yang sama. Namun pada kenyataanya, banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya teman dan sahabat itu merupakan suatu istilah yang berbeda.

Menurut KBBI teman dapat berarti kawan atau juga sahabat. Dan sahabat dapat berarti sebagai teman atau juga kawan. Jadi keduanya menurut KBBI sama saja artinya.

- Pengertian Teman dan Sahabat menurut saya

Menurut saya sendiri :’v, admin blog yang paling tampan dan pemberani. Teman dan sahabat memiliki perbedaan yang sangat jauh, keduanya di dalam suatu hubungan sosial atau juga hubungan antar manusia. Memiliki arti dan ciri yang sama sekali berbeda dari satu dengan yang lainnya.

1. Definisi teman menurut satria bagus perkasa :’v

Menurut Admin, teman adalah orang-orang yang dikenal oleh seseorang, dan orang tersebut aktif atau seringkali berinteraksi dengan orang tersebut. Interaksi tersebut hanya sebatas tegur sapa dan tidak menyangkut masalah privasi yang mendalam.

Jika orang tersebut jarang aktif atau berinteraksi dengan kenalan tadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka orang yang dikenal tadi dapat disebut sebagai seorang “Teman lama”.

Nah, jika hubungan interaksi tadi sudah cukup mendalam. Sehingga tercipta rasa saling percaya dan keterbukaan di dalam bersosialisasi diantara orang dan kenalan nya tersebut tadi. Maka seorang kenalan tadi dapat disebut sebagai “Teman dekat”.

2. Definisi Sahabat menurut satria bagus perkasa :’v

Persahabatan merupakan sebuah tingkat lanjutan dari sebuah hubungan pertemanan. Jika dua/lebih orang manusia saling berinteraksi satu sama lainnya, mereka saling bersosialisasi, saling menumbuhkan rasa kepercayaan dan keterbukaan. Mereka saling nasehat dan menasehati antara satu dengan yang lainnya. Mereka saling berbagi rasa disaat suka maupun duka. Menurut admin yang tampan dan pemberani ini, Maka itulah yang disebut sebagai seorang sahabat.

- Persamaan antara Teman dan Sahabat

Dari beberapa penjelasan yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Dapat disimpulkan bahwa persahabatan merupakan hubungan tingkat lanjut dari sebuah pertemanan. Jadi keduanya memiliki persamaan, yakni sama-sama menjalin hubungan pertemanan. Yang membedakan antara Teman dan Sahabat hanyalah pada kedalaman interaksi dan kepercayaan antara individu yang satu dengan yang lainnya.

- Perbedaan antara Teman dan Sahabat

Yap, dari semua bacotan yang tertulis diatas dapat dilihat dengan jelas. Teman dan sahabat dapat dibedakan dengan mudah hanya dengan melihat jumlah huruf dan suku kata, serta tata cara pengucapan atau pengejaan kata diantara kata Teman dan sahabat tadi.



Namun, bukan hanya hal sepele itu saja yang membedakan antara teman dan sahabat. Lebih lengkapnya ini dia perbedaan diantara teman dan sahabat.

1. Tingkat kepercayaan hubungan antara teman dan sahabat

Di dalam suatu interaksi atau hubungan pertemanan dan persahabatan. Tentunya banyak sekali terdapat perbedaan di dalamnya. Salah satunya yakni menyangkut masalah kepercayaan di dalam suatu hubungan.

- Jika di dalam suatu hubungan pertemanan, biasanya seseorang akan menjaga image nya, mereka akan bertingkah atau berlaku jaim. Hal ini tentunya tidak berlaku di dalam hubungan persahabatan. Karena di dalam persahabatan antara individu satu dengan yang lain nya sering kali terbuka, dan tidak jarang malah kelewatan (misalnya dalam bercanda, dll).

- Di dalam hubungan pertemanan, biasanya seseorang akan seringkali menjaga tiap perkataan nya tersebut agar selaras atau serasi dengan background atau kesukaan teman nya tadi. Sehingga terkadang seorang teman akan lebih sering basa-basi dalam mengatakan sesuatu, sering memuji dan tidak berani di dalam blak-blakan ataupun memberitahukan kekurangan yang dimiliki oleh pihak yang lain. Hal ini tidak berlaku di dalam suatu persahabatan karena seorang sahabat pasti akan membantu mengarahkan sahabatnya kejalan yang lebih baik. Apabila ia ada salah dan kekurangan akan langsung diingatkan dan dicarikan solusi yag terbaik. Tentunya, Tanpa diawali dengan basa-basi yang merepotkan.

- Di dalam masalah privasi juga sangat jauh sekali berbeda diantara hubungan pertemanan dan persahabatan. Jika di dalam pertemanan seseorang akan menutup serapat mungkin mengenai privasi atau masalah yang ia hadapi. Di dalam hubungan persahabatan, ia akan menjadi lebih terbuka mengenai masalahnya tadi.

2. Suka dan duka diantara pertemanan dan persahabatan

Di dalam hubungan pertemanan, seseorang kebanyakan hanya ingin mendapatkan suatu keuntungan atau juga suatu hubungan timbal balik yang menguntungkan di dalam pertemanan tersebut. Apabila teman mengalami masalah yang merepotkan, maka teman tadi kebanyakan akan menjauh dari orang yang terkena masalah tadi.

Hal ini tentunya tidak berlaku di dalam hubungan persahabatan. Karena suka duka di dalam persahabatan akan dipikul bersama, setiap senang dan susah akan dinikmati bersama dan dicari solusi serta pemecahan masalahnya. Inilh kelebihan dari seorang sahabat sejati.

3. Frekuensi kehadiran antara teman dan sahabat

Seorang Teman hanya sesekali atau dalam periode tertentu saja bisa saling berinteraksi bersama. Teman datang dan pergi begitu saja setiap saatnya. Teman sd, teman smp, teman sekolah, teman kerja, teman bermain semua hanya berinteraksi sesaat dan terbatas hubungan timbal balik begitu saja.

Sedangkan sahabat, di dalam persahabatan akan selalu hadir setiap saat, bahkan sampai maut memisahkan mereka semua. Walaupun mereka tidak lagi tinggal berdekatan, apapun caranya pasti akan mereka tempuh untuk mengontak dan berhubungan seperti sedia kala. Mereka Berbagi susah dan senang setiap saat. Bahkan dapat diwariskan sampai ke anak dan keturunan nya. Mereka berbahagia bersama, dan jika susah dan bersedih juga saling bantu-membantu satu sama lainnya.

4. Jumlah individu antara teman dan sahabat

Teman dapat diperoleh setiap saat. Karena manusia memang makhluk sosial, jadi dimana saja dapat membuat kenalan baru dan hubungan pertemanan baru. Namun semuanya akan berakhir dengan adanya perbedaan pendapat, tempat tinggal, masalah dan lain sebagainya. Teman akan selalu mudah dicari. Mulai dari kecil, sekolah, dewasa, di waktu kerja dan lain sebagainya. Banyak hubungan pertemanan yang dibuat.

Namun tidak dengan sahabat, mereka berjumlah sedikit dan langkah. Sulit dicari dan sangat berharga. Mereka para sahabat sejati sangat sedikit jumlahnya. Karena di dalam hubungan manusia sangat mudah sekali retak karena perbedaan dan masalah lainnya. Namun ini sama sekali tidak berlaku dengan sahabat. Karena mereka akan saling membantu dan menasehati antara satu dengan yang lainnya. Ikut berbahagia dan merasakan duka bersama.

- Penutup

Ya begitulah penjelasan dari pengertian, perbedaan dan persamaan di antara teman dan sahabat. Memang teman mudah dicari, dan sahabat sulit sekali didapatkan. Namun bukan berarti sahabat sejati tidak pernah ada sama sekali. Semoga bermanfaat . .

Pengertian, perbedaan & persamaan antara teman dan sahabat
4/ 5
Oleh

Leave your comment