Sunday, January 7, 2018

Penyebab rusaknya kartu memori, SD card, Micro SD, memory card (error, tidak terbaca dan minta di format) di komputer dan hp android

Memory card, micro sd atau SD card terkadang mengalami error. Kerusakan yang terjadi pada kartu memori biasanya ditandai dengan tidak terbacanya kartu memori pada berbagai perangkat komputer dan gadget (misal hp android). Hal tersebut tentunya disebabkan oleh berbagai hal. Sehingga menyebabkan rusaknya sistem maupun hardware yang terdapat pada kartu memori.

Penyebab rusaknya kartu memori, SD card, Micro SD, memory card (error, tidak terbaca dan minta di format) di komputer dan hp android

Nah, mengapa kartu memori tidak dapat terbaca dan harus diformat ?. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?. Dan apakah penyebab dari rusaknya kartu memori tersebut ?. langsung saja, berikut penyebabnya.

1. Serangan virus

Beberapa jenis virus komputer dapat menyebabkan sd card atau memori card tidak dapat terbaca. File-file di dalam kartu memori dapat terinfeksi dan menjadi corrupt. Dan pada akhirnya, sistem komputer pun mengharuskan atau menyarankan untuk memformat kartu memori yang sudah rusak tersebut.

2. Rusaknya sistem memory card

Karena beberapa hal. Misalnya karena buruknya kualitas memory card. Hal tersebut dapat menyebabkan kartu memori mudah menjadi error dan rusak. File yang disimpan di dalam memory card mudah menjadi corrupt, dan pada akhirnya pun kartu memori sering kali error. Dan mengakibatkan kartu memori tidak terbaca dan harus sering-sering di format.

3. Kotornya lempengan tembaga kartu memori

Jika lempengan kuning / tembaga kartu memori kotor, tidak bersih dan banyak debu / keraknya. Maka hal tersebut dapat menghambat arus listrik dan lalu lintas pertukaran data antara kartu memori dan juga perangkat yang terkait (komputer, laptop, notebook, hp android, iphone, dll). Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan kartu memori menjadi tidak terdeteksi ataupun juga menjadi tidak terbaca.

4. Korsleting / konslet

Akibat kesalahan pemasangan hardware pembaca sdcard / memory card di komputer, ataupun karena terendam air. Hal tersebut dapat menyebabkan korsleting listrik. Dan menyebabkan rusaknya hardware pada memori card. Sehingga kartu memori menjadi rusak permanen dan tidak dapat diperbaiki, tidak terbaca dan tentunya tidak dapat di format.




5. Memory card terkunci

Kartu memori yang di password. Jika anda lupa dengan passwordnya, maka otomatis memori card tidak dapat dibuka, maupun juga tidak dapat terbaca. Maka dari itu jangan iseng-iseng mempassword sd card. Karena nantinya jika lupa bisa repot urusan nya.

6. Sengaja dirusak

Jika anda mematahkan, menggetok atau membanting kartu memori dengan keras, atau juga sering cabut lepas kartu memori dengan kasar. Hal tersebut dapat menyebabkan rusaknya kartu memori yang anda miliki. Kartu memori menjadi rusak permanen dan tidak dapat dipakai kembali. Jadi anda harus dapat mengontrol emosi dan membeli memory card yang baru.

7. Card reader masih terkunci

Jika pengunci pada card reader di hidupkan. Maka otomatis memory card menjadi tidak terbaca. Jadi sebelum memasang card reader di komputer atau laptop. Periksa lagi slot pengunci kartu memorinya, apakah terkunci atau tidak. Sehingga nantinya kartu memori dapat terbaca dan dapat digunakan seperti biasanya.

8. Card reader / port (usb) pembaca card reader pada komputer rusak

Jika port usb, ataupun inputan card reader atau juga card reader anda rusak. Maka dengan jelas, kartu memori anda nantinya tidak dapat terbaca. Karena card reader sudah rusak, ya mau bagaimana lagi. Jika card reader tidak diganti, sampai matahari terbit dari barat pun kartu memori anda tidak akan dapat terdeteksi / terbaca.

- Kesimpulan dan penutup

Ya, begitulah sedikit banyak penjelasan mengenai penyebab dari rusaknya kartu memori, memory card, micro SD, dan sd card. Kartu memori yang error dan tidak terbaca pada intinya disebabkan oleh hal-hal yang tersebut diatas. Jika tidak karena rusaknya kartu memori, rusaknya sistem kartu memori, dan karena serangan virus, maka jangan lupa memeriksa pengunci card reader agar kartu memori anda dapat digunakan dengan normal dan lancar.

Jika kerusakan pada kartu memori hanya terdapat pada sistem / software saja. Maka 90% kartu memori anda masih dapat diselamatkan dan dapat dipakai kembali. Jika kerusakan pada kartu memori terjadi pada hardware, maka tidak usah ambil pusing. Tinggal di lembiru saja kartu memori yang anda miliki. Btw, lembiru = Lempar beli baru. (Baca juga : Cara mudah mengatasi dan memperbaiki kartu memori (memory card, SD card, Micro SD) yang rusak, error, tidak terbaca dan terdeteksi di komputer, laptop dan HP android tanpa harus di format)

Penyebab rusaknya kartu memori, SD card, Micro SD, memory card (error, tidak terbaca dan minta di format) di komputer dan hp android
4/ 5
Oleh

Leave your comment