Thursday, January 4, 2018

Rahasia / kunci sukses dalam hidup, bisnis, karir, usaha, dll bagi para pengusaha, pelajar, dan semua orang

Sukses, kata yang satu ini memang memiliki banyak definisi yang berbeda dari satu orang ke orang lain nya. Ada yang mengatakan sukses itu harus kaya raya dan punya banyak uang / harta. Ada yang bilang sukses itu adalah hidup dengan bahagia. Ada yang bilang, sukses itu ketika kita bisa melakukan apa yang disuka. Dan masih banyak definisi atau pengertian dari kata sukses yang lain nya. Namun, pada intinya sukses adalah segala sesuatu yang berhasil kita capai dan kita kerjakan. Apapun itu, asal anda memiliki tujuan dan berhasil menggapainya, maka itulah yang dinamakan sukses. (Baca juga : Apa itu arti sukses yang sebenarnya ? Apakah sukses itu kaya raya dan banyak uang, atau tidak demikian ?)

Rahasia / kunci sukses dalam hidup, bisnis, karir, usaha, dll bagi para pengusaha, pelajar, dan semua orang

Nah, jika menyangkut sukses dalam hidup. Terutama sukses dalam karir, usaha, sekolah dan lain sebagainya. Tentunya, ada kunci atau rahasia yang harus dijalankan agar semua daya upaya atau usaha yang kita kerjakan dapat berjalan dengan sukses.

Pertanyaan nya, apa rahasia atau kunci dari kesuksesan itu ?. Tentu jawabannya berbeda-beda dari satu orang ke orang lain nya. Namun, pada intinya, kunci sukses itu adalah . . .

1. Niat dan tekad yang kuat

Jika anda ingin menggapai cita-cita anda, Menggapai impian anda. Baik itu dalam masalah karir / pekerjaan, pendidikan sekolah, keluarga, bermasyarakat dan lain sebagainya. Tentunya jika niat yang anda miliki tidaklah kuat. Pada akhirnya, Semua impian anda hanya akan menjadi sekedar mimpi semata. Tanpa adanya dorongan untuk berusaha, karena niat yang lemah. Segala yang anda impikan dan cita-citakan hanya akan menjadi hayalan dan omong kosong belaka.

2. Kerja keras dan kerja cerdas

Jika anda ingin sukses, Kerja keras saja tidaklah cukup. Anda juga harus memakai otak dan daya pikir anda. Anda harus mau mengorbankan waktu anda untuk menggapai segala apa yang anda impikan. Anda harus terus berjuang dan berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai apa yang anda impikan. Tentunya dengan berbagai perhitungan dan usaha yang tidak henti-hentinya. Jika gagal, coba lagi, terus demikian sampai berhasil. Perbaiki segala kesalahan yang ada. Dan sempurnakanlah apa yang anda kerjakan.

3. Sikap orang yang sukses

Orang yang sukses biasanya memiliki banyak sifat dan sikap yang baik di dalam dirinya. Diantaranya seperti.

- Jujur

Kejujuran mendatangkan kepercayaan dan rasa aman. Orang yang jujur walaupun sering dibenci dan disakiti, namun pada akhirnya ia akan mendapatkan kepercayaan dari banyak orang. Usaha yang dilakukan atau dikerjakan nya akan mendapatkan banyak pelanggan. Karena sifat amanah yang ia miliki, maka klien akan merasa nyaman dan aman disaat bekerja sama dengan orang yang jujur.

- Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Terus belajar, dan terus menambah wawasan ilmu pengetahuan yang baru. Dapat membuat munculnya berbagai ide-ide kreatif dan inovatif yang tentunya sangat bermanfaat bagi pengusaha. Zaman terus maju dan berkembang, kebutuhan manusia pun akan terus berkembang dan berubah sesuai dengan berubahnya waktu.

Begitu pula bagi pelajar, jika malas belajar. Dan hanya ingin mendapatkan nilai yang tinggi semata. Maka pada akhirnya ilmu yang didapat di masa sekolah hanya sekedar menjadi lembaran kertas semata. Pada akhirnya, sekolah hanya dijadikan sebagai tempat mendidik calon koruptor. Karena Dari hari-kehari pelajar atau siswa terbiasa dengan mencontek tanpa mau tahu dengan esensi dari pelajaran yang sedang diajarkan kepadanya.

- Disiplin

Disiplin waktu sangatlah penting. Hal ini merupakan kebiasaan dari orang yang sukses. Orang yang sukses tidak ada yang suka bermalas-malasan atau mager. Semuanya cepat, tanggap dan disiplin waktu. Mereka berjuang sekuat tenaga melawan waktu, demi apa yang mereka impikan. Baik itu tentang kesuksesan di dunia, maupun kesuksesan di akhirat.

- Konsisten

Orang yang sukses biasanya sangat ahli dalam 1 bidang saja. Mereka terus memperbaiki kesalahan yang ada, dan kemudian menyempurnakan nya. Mereka orang yang sukses sangat fokus dan konsisten dengan bidang yang digelutinya.

Tidak seperti orang yang tahu dengan semua hal, namun sama sekali tidak ada yang expert / ahli dalam 1 hal pun. Pada akhirnya mereka akan terus mencoba hal baru setelah kegagalan yang mereka alami. Sehingga setiap saat selalu saja memulai dari 0. Tanpa mau tahu dengan usaha yang dahulu pernah mereka geluti.

- Mau menerima kritik dan memperbaiki kesalahan

Orang yang sukses biasanya tidaklah egois. Mereka mau menerima kritik dan saran dari orang lain. Kemudian mereka merenungkan nya dan mulai memperbaiki kesalahan yang mereka miliki. Sehingga, perlahan tapi pasti semua apa yang dikerjakan nya akan menjadi lebih baik.

- Pekerja keras

Orang yang sukses selalu berusaha dan terus berusaha semampu mereka. Mereka tidak ada yang bermalas-malasan apalagi sampai ngaret, mager, suka tidur dan lain sebagainya. Mereka orang yang sukses menyadari satu hal. Jika saya malas bekerja, nanti masa depan saya bagaimana, keturunan dan keluarga saya nasibnya bagaimana ?. Masa iya, saya kalah dengan semut-semut yang tiap harinya selalu mencari nafkah di muka bumi ini. Walaupun mereka kecil, namun memiliki semangat dan keberanian yang tinggi.

- Berani mencoba dan mengambil resiko

Orang yang sukses adalah orang yang tampan dan pemberani :v. Mereka berani mengambil resiko di dalam hidupnya. mereka mau mencoba dan berusaha. Kalau belum mencoba dan hanya berpikir saja, maka sampai langit dan bumi hancurpun tidak akan tahu hasilnya. Ada pepatah yang mengatakan “Hasil yang besar, memiliki resiko yang besar pula”. Jadi beranikanlah diri anda, pantang menyerah dan terus berusaha.

4. Nilai tambah jika ingin menjadi orang yang sukses

Setiap orang tentunya memiliki karakter, kepribadian dan sifat bawaan nya sendiri-sendiri. Misalnya saja, Ada yang introvert ada juga yang ekstrovert, dan ada yang ambivert. Namun, pada umumnya, orang yang sukses dalam hidupnya selalu mengimbangi kemampuan IQ dan juga EQ nya. Mereka pandai dalam berpikir, dan juga pandai dalam bersosialisasi.

Namun, jika anda adalah orang yang tidak memiliki kemampuan imbang dalam berpikir dan bersosialisasi. Ya, cukup fokus saja pada apa yang anda miliki. Fokus saja pada kelebihan anda, dan kembangkan semua bakat dan kemampuan yang anda punya. Asalkan ada niat dan kerja keras, semuanya perlahan tapi pasti akan membuahkan hasilnya. Karena memang usaha tidak menghianati hasil.

5. Berdoa

Usaha saja tanpa berdoa rasanya seperti makan nasi tanpa lauk pauk, serasa hambar. Maka dari itu, disela-sela berusaha. Ada baiknya anda berdoa agar segala usaha yang anda kerjakan menjadi lebih baik, bermanfaat dan sukses. Dengan demikian anda sebagai manusia tahu diri dan menyadari keterbatasan anda. Semua rejeki datangnya dari sang pencipta, jadi tidak ada salahnya jika anda meminta. Kalau dikabulkan anda harus bersyukur, kalau belum, ya terus bersabar dan berdoa.

## Kesimpulan dan Penutup

Ya begitulah rahasia atau kunci sukses di dalam kehidupan. Entah anda seorang pelajar, pekerja, pengusaha atau yang lain nya. Anda ingin menggapai impian dan cita-cita anda. Entah itu anda ingin punya banyak uang dan kaya raya, ingin punya istri yang cantik, ingin punya anak yang baik. Atau mungkin ingin bahagia di dunia dan di akhirat. Semuanya tergantung kepada sikap dan kemauan anda. Anda mau mencoba dan berusaha atau tidak, anda sudah bertawakal atau tidak. Semua hasil kembali kepada apa-apa yang anda usahakan dan kerjakan. Semoga saya, anda para pembaca dan sekeluarga menjadi orang yang sukses baik di dunia dan akhirat. Aamiiiiiin . . . semoga bermanfaat.

Rahasia / kunci sukses dalam hidup, bisnis, karir, usaha, dll bagi para pengusaha, pelajar, dan semua orang
4/ 5
Oleh

Leave your comment