Thursday, February 1, 2018

10 Cara agar tidak mengantuk & jenuh (bosan) saat belajar malam di rumah sendirian

Belajar di malam hari memang terkadang sangat merepotkan. Apalagi jika sudah menjelang larut malam, namun banyak pr yang masih belum terselesaikan. Sungguh, rasanya sakit tapi tak berdarah. Mau mengerjakan malas, kalau tidak dikerjakan besok dimarahi pak/bu guru. Sudah ngantuk, banyak tugas lagi. Belum lagi di rumah sendirian, hanya di temani lampu belajar yang menyala dengan remang-remang. Lalu tiba-tiba saja terdengar suara orang yang sedang mengetuk pintu. Seketika itu juga kamu langsung terkejut. Btw, kok malah jadi horror gini ya ? :v

Cara agar tidak mengantuk & jenuh (bosan) saat belajar malam di rumah sendirian

Ya begitulah sedikit banyak suka-duka yang dialami oleh pelajar atau anak sekolahan. Siswa dan siswi banyak dibebankan tugas yang memberatkan. Terkadang sampai banyak memakan waktu, sehingga mereka tidak sempat bermain dan juga membantu orang tuanya. Setiap hari mereka belajar tiada henti, terkadang malah sekolah dan les sampai larut malam. Layaknya sebuah robot yang terus dioperasikan. Lama-lama robot tersebut rusak, overheat, dan kemudian bertindak gila, konslet dan ya begitulah. Pasti banyak hal negatif yang ditimbulkan. Sungguh ironi diatas ironi. :’v

Ya sudahlah, segitu dulu curhatannya. Untuk mengusir, mengatasi dan menghilangkan rasa malas saat belajar di malam hari. Agar kamu tidak mengantuk dan tidak jenuh. Sebaiknya coba ikuti langkah di bawah ini :

# Tips dan trik agar tidak merasa jenuh, bosan dan mengantuk saat belajar di malam hari

1. Niat dan tekad yang kuat

Jika sudah berniat, maka apapun rintangan nya. Pasti akan mudah dilalui dengan mudah. Walaupun harus mendaki gunung dan lembah, sampai melewati samudra sekalipun. Kamu akan tetap semangat terus di dalam belajar. Entah itu diwaktu pagi, siang, sore, malam, bahkan di waktu tengah malam dan dini hari. Selama ada niat dan tekad yang kuat di dalam badan. Apapaun rintangan nya, tidak akan pernah menjadi beban.

2. Tidur yang cukup di waktu siang / sore hari

Supaya saat belajar di waktu malam tidak terlalu mengantuk. Alangkah baiknya jika kamu mencukupi waktu tidurmu di waktu siang atau di waktu sore hari. Tidur sejenak di tengah hari, dapat membantu tubuh dan otakmu untuk beristirahat dengan nyaman. Sehingga nantinya, waktu kamu belajar malam. Kamu tidak akan merasa ngantuk dan bosan.

3. Belajar kelompok

Jika kamu jenuh belajar sendirian di rumah. Cobalah mengajak temanmu untuk belajar bersama. Kamu dapat mengundang temanmu untuk belajar bersama di rumahmu. Atau juga kamu dapat datang ke rumah temanmu untuk belajar kelompok bersama.




Dengan demikian, karena kebersamaan dan suasana yang ramai. Kamu tidak akan lagi kesepian, tidak akan lagi merasa malas, tidak mudah mengantuk, jenuh dan bosan. Tapi, minusnya belajar kelompok atau belajar bersama. Sedikit banyak pasti kegiatan belajar tersebut akan berubah menjadi sebuah permainan. Yang tadinya niat ingin belajar, malah jadi bermain dan bercanda tawa bebarengan. :v

4. Belajar bersama secara online

Zaman sudah maju. Teknologi komunikasi sudah sangat berkembang. Kamu dapat memanfaatkan berbagai media online, maupun berbagai jejaring sosial dan aplikasi chat untuk belajar bersama dengan teman-teman.

Gabung di berbagai grup di medsos yang berhubungan dengan pendidikan. Kamu dapat bertanya jawab disana mengenai pelajaran dan seputar ilmu pengetahuan. Kamu juga dapat chattingan live bersama teman-teman satu kelas / satu sekolahan. Selain belajar secara online, kamu juga mendapatkan banyak hiburan dari berbagai situs di internet atau dunia maya. Sehingga nantinya kamu tidak cepat mengantuk dan merasa bosan.

5. Memelihara hewan peliharaan

Jika kamu belajar di rumah sendirian. Apalagi belajar sampai larut malam. Pasti sedikit banyak kamu akan cepat merasa jenuh dan bosan. Ujung-ujungnya ya pasti rasa kantuk akan datang menyerang.

Dengan memelihara hewan peliharaan yang dapat diajak bermain dan bercanda. Sebut saja seperti kucing. Ketika malam hari datang, kamu sedang jenuh dan ngantuk disaat belajar malam. Kamu dapat sejenak bermain dengan kucingmu, tentunya untuk menghilangkan rasa kantuk dan bosan.

6. Belajar sambil mendengarkan musik

Bagi sebagian orang, belajar sambil mendengarkan suara-suara lain, Pasti mereka akan merasa terganggu. Namun, buat kamu yang ahli dalam kegiatan multitasking, khususnya buat yang berkepribadian ekstrovert. Tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik dengan suara pelan, agar suasana belajar kamu tidak terasa membosankan.

7. Siapkan kopi sebagai teman belajar malam

Kandungan kafein di dalam kopi terbukti dapat membuat seseorang menjadi melek dan tidak mengantuk lagi. Jadi, jika kamu belajar di malam hari dan kemudian mengantuk. Tidak ada salahnya jika kamu meminum sedikit kopi, untuk membuat matamu melek semalaman. Tapi ingat, jangan keseringan, apalagi sampai begadang semalaman. Karena kafein bukan bekerja untuk membuat tubuh menjadi bugar dan tidak lelah. Namun hanya bekerja menipu otak agar kamu tidak merasa lelah. Padahal sebenarnya, tubuh dan pikiranmu juga lelah juga.

8. Makan cemilan disela belajar malam

Supaya kamu tidak bete, tidak boring disaat belajar malam. Lebih baik kamu menyelingi aktivitas belajarmu sambil memakan sedikit cemilan. Tapi ingat, jangan lupa jaga kesehatan. Agar nantinya kamu tidak menjadi gendut, karena keseringan ngemil malam.

9. Mencuci muka dengan air bersih

Jika kamu mengantuk saat belajar di malam hari. Sedikit percikan air ke wajahmu, dapat membuat dirimu menjadi melek dan semangat lagi. Jika kamu mengantuk, langsung saja cuci muka, atau bahkan jika perlu whudu saja sekalian. Agar kegiatan belajarmu lebih berkah dan berpahala. Sehingga nantinya, selain rasa kantuk hilang. Setan yang mengganggumu juga kabur berhamburan.

10. Beristirahat sejenak di sela belajar malam

Jika kamu sudah jenuh dalam melakukan sesuatu. Tandanya kamu sudah over atau terlalu banyak melakukan hal yang membuatmu merasa jenuh. Maka dari itu, dikala belajar malam. Jika kamu sudah tidak kuat dan melambaikan tangan ke kamera. Alangkah baiknya jika kamu beristirahat sejenak terlebih dahulu. Entah itu hanya sekedar berbaring, mendengarkan musik, bermain game, menonton TV, browsing, chattingan, dan lain sebagainya. Asalkan rasa kantuk dan jenuh sudah menghilang. Maka belajar malam pun siap dilanjutkan.

Bagaimana sob ? mantap ngak tips yang saya sampaikan. Jika kamu merasa jenuh, ngantuk dan bosan saat belajar di malam hari. Apalagi belajar dirumah dan sendirian, alangkah baiknya jika kamu mengikuti beberapa tips keren yang tersebut seperti diatas. Sekian, dan semoga berhasil, harap tenang, disini ada ujian. Terimakasih . .

10 Cara agar tidak mengantuk & jenuh (bosan) saat belajar malam di rumah sendirian
4/ 5
Oleh

Leave your comment