Sunday, February 25, 2018

9 Ciri-ciri / Tanda orang kecanduan Gadget, Hp, & Smartphone (nomophobia)

Di zaman modern ini rasanya sudah banyak orang yang kecanduan dengan Gadget, baik itu kecanduan HP maupun kecanduan smartphone. Orang yang mengalami kecanduan gadget ini tidak pandang bulu atau tidak memandang usia. Mulai dari anak-anak, remaja, para pemuda dan orang dewasa, kebanyakan dari mereka sudah tidak dapat lagi terlepas dari yang namanya gadget. Setiap hari mereka selalu sibuk dengan smartphone nya, sibuk mengecek status sosmed dan bermain game online di gadgetnya. Banyak diantara mereka yan merasa hampa ketika dipisahkan dari hp / gadet kesayangannya.

9 Ciri-ciri / Tanda orang yang kecanduan Gadget, Hp, & Smartphone (nomophobia)

Nah, sedikit deskripsi yang tersebut diatas merupakan salah satu contoh dari gejala atau tanda yang ditimbulkan dari kecanduan gadget ini. Di dalam ilmu psikologi, istilah kecanduan gadget, kecanduan hp atau smartphone ini disebut juga sebagai “NOMOPHOBIA” atau juga “Nomofobia”.

Sedangkan Nomophobia sendiri merupakan singkatan dari “No mobile Phobia” atau lebih jelasnya adalah rasa takut yang tidak wajar pada seseorang disaat ia tidak memegang atau tidak mengotak-atik gadget yang ia punya. Dalam hal ini, gadget yang dimaksud tentunya adalah HP atau Handphone atau juga Smartphone.




Jika anda memiliki gejala atau ciri-ciri dan tanda seperti yang tersebut dibawah ini. berarti anda positif mengidap NOMOPHOBIA atau lebih mudahnya anda positif mengalami kecanduan gadget, kecanduan hp, kecanduan handphone dan smartphone.

Langsung saja berikut gejala, ciri-ciri, atau tanda dari kecanduan gadget / hp / smartphone / nomophobia.

1. Anda sering tidak merasa nyaman ketika anda tidak bersama gadget (smartphone) yang anda punya.

2. Anda merasa sulit, enggan, keberatan meninggalkan atau melepas gadget dari genggaman anda.

3. Anda seringkali menggunakan gadget setiap saat. Mulai dari bangun tidur, makan, beol, berbicara atau bertemu dengan teman, berpergian, sekolah, berangkat kerja, sampai tidur lagi.

4. Anda seringkali memeriksa status atau berita terbaru di berbagai jejaring sosial dan situs berita favorit anda.

5. Anda banyak membuang-buang waktu di depan gadget, entah itu untuk ngesosmed, ngegame, sekedar melihat jam di hp, melihat pesan padahal tidak ada pesan, dan sebagainya.

6. Anda lebih suka mengobrol atau berinteraksi dengan media gadget (smartphone / hp) dibandingkan harus berkomunikasi secara langsung.

7. Jika anda dipaksa untuk tidak beraktivitas atau otak-atik gadget dalam kurun waktu yang cukup lama, katakanlah 1 jam, atau mungkin seharian. Anda akan merasakan rasa cemas, gelisah, mati gaya, bingung, panik, berkeringat, bergerak tidak beraturan (menggerakkan kaki dan tangan), gemetar, dan sebagainya.

8. Anda sering mengalami kesulitan tidur / insomnia gara-gara keasikan bermain gadget.

9. Tanpa gadget, tanpa hp, tanpa smartphone, tanpa sosmed, tanpa game, hidup serasa hampa. No gadget no life.

Ya begitulah saya rasa, beberapa ciri-ciri, tanda-tanda, kebiasaan atau gejala jika seseorang mengalami kecanduan gadget / hp / smartphone, atau mengalami NOMOPHOBIA. Untuk artikel atau tulisan selanjutnya, mungkin saya akan membahas tentang cara untuk mengatasi dan menghilangkan kecanduan gadget (hp / smartphone) ini. Jadi tetap rajin mampir ke blog ini ya sob, gan, om, tante, mbah, kakek, mas, mbak, lur, dan sebagainya :’v. Semoga bermanfaat . .

9 Ciri-ciri / Tanda orang kecanduan Gadget, Hp, & Smartphone (nomophobia)
4/ 5
Oleh

Leave your comment