Tuesday, February 27, 2018

Apa dan siapa generasi milenial itu ? Dan bagaimana ciri-ciri / karakteristik generasi millennial ini ?

Apa itu arti / definisi dari generasi millenial ?. Siapa itu golongan yang termasuk ke dalam generasi millenial ?. Dan bagaimana ciri-ciri atau karakteristik dari generasi millenial ini ?. Apakah anak millenial ini termasuk kedalam barisan anak alay, anak yim yam, anak meme, anak zeeber dan sebangsanya ?. Atau mungkin anak millenial ini masih termasuk kedalam golongan penyuka umbi-umbian ?. Langsung saja, daripada basa-basi yang ngak jelas. Untuk info selengkapnya, silakan saja simak penjelasannya di bawah ini.

Apa dan siapa generasi milenial itu ? Dan bagaimana ciri-ciri / karakteristik generasi millennial ini ?

- Apa dan siapa itu generasi millenial itu ?

Entah mengapa akhir-akhir ini, di berbagai sosial media dan di berbagai situs berita banyak sekali kata yang menyebutkan tentang generasi millenial ini. Banyak orang-orang, warganet atau netizen di dunia maya yang menyebutkan bahwa generasi millenial ini adalah golongan pemuda, golongan barisan pemuda usia 20-30 tahunan, Yang kiranya lahir pada era tahun 80-90 an. Namun, apakah memang benar demikian pengertian mengenai generasi millenial ini ?.

Yap, anggapan para netizen di dunia maya ini sebagian besar memang benar adanya. Generasi millenial, merupakan generasi atau orang-orang yang kiranya lahir diantara tahun 80an sampai dengan awal tahun 90an. Tepatnya mereka generasi millenial ini lahir diantara tahun 1980-1994.

Tentunya, untuk generasi sebelum dan sesudah generasi millenial ini juga memiliki sebutan tersendiri. Untuk generasi sebelum millenial misalnya, sebut saja ada yang namanya generasi X. Dan setelah generasi millenial ini sebut saja ada yang namanya generasi Z, Dan sebagainya.

Perlu diketahui juga, nama lain dari generasi millenial ini adalah generasi Y, generasi me, generasi echo boomers, generasi boomerang dan juga peter pan.



Untuk nama lengkap mengenai nama berbagai jenis generasi yang lahir di abad ini. Simak saja selengkapnya pada tabel yang tertera di bawah ini.

Nama generasi
Tahun lahir Awal
Tahun lahir Akhir
The Lost Generation - The Generation of 1914
1890
1915
The Interbellum Generation
1901
1913
The Greatest Generation
1910
1924
The Silent Generation
1925
1945
Baby Boomer Generation
1946
1964
Generation X (Baby Bust)
1965
1979
Xennials -
1975
1985
Generation Y – The Millennials - Gen Next
1980
1994
iGen / Gen Z
1995
2012
Gen Alpha
2013
2025

- Karakteristik atau ciri-ciri dari generasi millenial

Banyak para ahli yang menyebutkan bahwa, generasi millenial ini adalah generasi yang narsis, generasi pemalas, generasi galau, generasi cengeng dan tidak punya pendirian. Generasi millenial ini banyak sekali diidentikan dengan sifat atau pernyataan yang negatif. Mereka adalah para generasi yang manja dan delusional (suka menghayal).

Namun dibalik sisi negatif, pasti selalu saja ada sisi positif yang hadir menemani. Termasuk didalamnya mengenai generasi millenial ini. Mereka adalah barisan pemuda yang kritis, berpikiran terbuka, mudah beradaptasi dan mudah menerima perubahan. Maka dari itulah banyak kita temui, para pemuda di zaman ini nampak tampil lebih modis dan percaya diri, tampil berani dan juga kritis dalam menghadapi suatu masalah. Termasuk didalamnya mengenai hal politik dan sebangsanya.

Ya pada intinya ciri-ciri dari generasi millenial ini sangat mudah dikenali. Mereka para generasi Y / generasi millenial adalah orang-orang yang :

1. Orang yang narsis, suka ketenaran / populer, dan sering aktif di berbagai media. Pada umumnya di sosial media.

2. Orang yang kritis, suka mengutarakan pendapat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Misalnya seperti demo yang terjadi dimana-mana.

3. Orang yang mudah sekali galau dalam segala hal, terutama karena masalah hidup dan percintaan.

4. Orang yang manja, malas dan suka enaknya sendiri. Mereka memiliki gengsi yang besar dan ambisi yang diluar nalar. Makanya sering kita temui generasi millenial ini banyak sekali yang suka gonta-ganti pekerjaan karena kurang puas dengan apa yang ia punya.

5. Terkadang mereka suka menghayal. Mereka barisan orang yang merindukan masa kecilnya. Misalnya saja mereka sering membanggakan era 80/90an. Era dimana teknologi masih belum semaju sekarang. Era dimana kebersamaan bersama teman, dan tontonan televisi yang mereka rindukan.

6. Mereka generasi millenial adalah orang-orang yang terbuka, mudah menerima perbedaan dan perubahan. Dan terkadang malah kelewatan batas dalam menyerap budaya asing yang datang ke negrinya.

7. Dan lain sebagainya.

Ya begitulah kiranya penjelasan mengenai apa dan siapa generasi millenial itu. Dan serta bagaimana ciri dan karakteristik dari para pemuda millenial ini. Semoga bermanfaat . .

#Referensi

1. https://www.careerplanner.com/Career-Articles/Generations.cfm
2. https://www.livescience.com/38061-millennials-generation-y.html

Apa dan siapa generasi milenial itu ? Dan bagaimana ciri-ciri / karakteristik generasi millennial ini ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment