Friday, February 23, 2018

Apa itu lucid dream ? apa pengertian lucid dreaming ?

Apa itu lucid dream ? Apa sih lucid dreaming itu ?. Mungkin anda pernah mendengar istilah lucid dream ini di berbagai media online maupun juga disalah satu status temanmu yang sedang mengupdate status di sosial media. Mereka para netizen atau warganet, bahkan sampai membuat berbagai forum, grup dan berbagai komunitas untuk membahas lucid dream ini. Jadi sebenarnya apakah lucid dream ini ?. Untuk penjelasan lengkapnya simak saja di bawah ini.

Apa itu lucid dream ? apa pengertian lucid dreaming ?

- Apa itu lucid dream ?

Lucid dream, dari namanya saja sudah terdengar asing. Dari bahasa katanya saja sudah terlihat jelas, jika kata lucid dream ini merupakan salah satu kata yang terdapat di dalam bahasa inggris. Lucid dream, mungkin di indonesia, orang-orang lebih mengenalnya dengan istilah atau sebutan “mimpi sadar”.

Ya, mimpi sadar. Jadi lucid dream adalah suatu kondisi, dimana seseorang yang sedang tidur, ia mengalami mimpi atau sedang bermimpi. Kemudian orang tersebut sadar dengan kondisi yang dialaminya. Ia sadar bahwa dirinya sedang bermimpi, sedang dalam kondisi tidur dan dapat mengontrol sedikit banyak mimpi yang dialaminya.

- Pengalaman pertama berlucid dreaming

Orang yang baru mengalami lucid dream ini, terkadang mereka merasa ketakutan. Karena lucid dream yang ia alami nampak seperti nyata, dan ia baru saja mengalaminya. Mereka orang-orang yang seperti ini, khawatir jika nantinya mereka tidak dapat bangun lagi dari mimpinya. Padahal, jika mereka mau bangun dari lucid dream, mereka hanya perlu meniatkan nya saja. Dan tara, orang tersebut pun dapat terbangun dari mimpi.

- Kondisi di dalam lucid dream

Di dalam dunia mimpi, di dalam lucid dream. Seseorang dapat mengalami sensasi atau pengalaman yang tidak bisa ia dapatkan di dunia nyata. Di dalam lucid dream, seseorang serasa memiliki dunianya sendiri. Mereka bebas berkreasi, bebas menentukan tempat untuk berdiri. Mau itu suasananya ala negri dongeng, suasana alam ala cerita fantasy, suasana pemandangan 2D/3D, dan lain sebagainya. Pokoknya, apa yang ada di dalam imajinasi, dapat diwujudkan di dalam dunia mimpi sadar / lucid dream.



Selain itu, seseorang yang mengalami lucid dream ini juga dapat mengatur skenario mimpinya sendiri. Mereka yang berlucid dream dapat menjadi apa saja yang mereka inginkan. Misalnya seperti terbang dilangit, menjadi pahlawan, menjadi superhero, menjadi ninja, menjadi penguasa 4 elemen, menjadi karakter 2D, menjadi aktor, menjadi karakter game, dan lain sebagainya. Pada intinya, Apapun yang ada di imajinasi anda, anda dapat mewujudkannya di dalam lucid dream ini.

Kemudian, selain dapat mengatur suasana dan skenario mimpi. Panca indra didalam mimpi pun masih dapat berfungsi dengan baik layaknya di dunia nyata. Jadi misalnya jika anda ingin mandi di tengah laut, andapun dapat merasakan sensasi deburan ombak, sensasi dinginnya laut, sensasi hembusan angin. Anda dapat merasakan tekstur pasir laut yang anda sentuh, anda dapat melihat ikan dilaut dengan gambar yang jernih, layaknya gambar ultra 4KHD :’v.

Contoh lainnya, jika anda memakan makanan favorit anda di dalam mimpi, andapun juga dapat merasakan rasa makanan tersebut. Rasa makanan tersebut tentunya sesuai dengan rasa makanan yang pernah anda cicipi di dunia nyata. Jika anda tidak pernah memiliki pengalaman seputar makanan yang anda makan, misalnya di dunia nyata anda tidak pernah makan pizza. Maka di dalam mimpipun anda tidak dapat merasakan rasa disaat anda memakan pizza. Bisa jadi rasanya beda dari yang lain, misalnya hambar, asin, manis, dan sebagainya. Hal tersebut terjadi karena anda tidak memiliki pengalaman memakan pizza di dunia nyata. Jadi rasa pizza pun tidak dapat diproyeksikan di dalam mimpi.

Ya, saya rasa cukup sekian dulu. Begitulah kiranya penjelasan mengenai apa itu lucid dream atau juga apa itu lucid dreaming. Semoga bermanfaat . .

Apa itu lucid dream ? apa pengertian lucid dreaming ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment