Saturday, February 10, 2018

Apakah melakukan lucid dream itu berbahaya ?

Apakah berbahaya jika seseorang melakukan lucid dream atau mimpi sadar ?. Apakah lucid dream dapat mempengaruhi mental dan kejiwaan seseorang ?. Apakah lucid dream dapat menyebabkan kematian ?. Apakah mati di dalam lucid dream, maka mati juga di dunia nyata ?. Jika hal tersebut yang anda tanyakan, maka langsung saja lihat jawabannya di bawah ini.

Apakah melakukan lucid dream itu berbahaya ?

- Apakah lucid dream itu berbahaya ?

Ya, seperti kita ketahui. Lucid dream atau mimpi sadar dilakukan atau dijalankan disaat dalam kondisi tidur. Dengan demikian, seseorang yang melakukan lucid dream, pasti kualitas tidurnya menjadi buruk. Dikarenakan otak masih saja dipaksa bekerja ekstra, disaat waktu yang biasanya digunakan oleh otot dan juga otak untuk beristirahat.

Maka dari itu, orang yang seringkali melakukan lucid dream akan mengalami rasa ngantuk atau kelelahan pikiran, walaupun sebenarnya ia baru saja terbangun dari tidur. Selain itu, akibat dari efek sleep paralysis yang dialami oleh para pengendali mimpi ini. Maka pastinya mereka akan seringkali terbangun disaat mereka baru saja tertidur. Sehingga seringkali menyebabkan insomnia bagi sebagian orang.

Dari berbagai penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan, dampak buruk dari lucid dream adalah :

1. Kualitas tidur menjadi buruk
2. Masih merasa ngantuk walaupun sudah cukup tidur
3. Seringkali merasa pusing
4. Insomnia

Selain ke 4 dampak buruk diatas. Seseorang yang seringkali berlucid dream juga akan mengalami kesulitan untuk membedakan antara dunia mimpi dan kenyataan. Karena pada dasarnya, jika tingkatan lucid dream seseorang sudah tinggi. Maka di mimpi pun, semua indra dan juga penampakan lingkungan mirip sekali dengan apa-apa yang ada di dunia nyata.

Jadi jika batas kedua dunia ini sudah kabur, kan bisa gawat jadinya ?. Bisa-bisa orang seperti ini melakukan hal gila di dunia nyata. Tentunya hal ini sangat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lainnya. Bisa-bisa anda dicap sebagai orang gila.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena hal ini sebenarnya sangat sulit sekali terjadi di kenyataan. Akan tetapi, didalam cerita fiksi, hal ini sangat mungkin terjadi.

- Apakah lucid dream dapat mempengaruhi mental dan kejiwaan seseorang ?

Jika seseorang sudah keasyikan bermain di dunia mimpi. Tentunya ia akan seringkali memilih untuk tidur daripada bermain dengan orang asli di dunia nyata. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental seseorang.

Karena ketagihan, lama-kelamaan, orang yang semacam ini akan menarik diri dari pergaulan. Dan jadilah ia seorang hikikomori yang tidak mau bersosialisasi dan takut bertemu dengan orang lain.

- Apakah lucid dream dapat menyababkan kematian ?

Sejauh ini masih belum ada kasus orang yang mati karena melakukan lucid dream. Lagipula, jika ada yang meninggal, mana bisa orang tersebut menceritakan pengalamannya ke orang lain :’v. Yang ada, mungkin beberapa kasus orang yang meninggal ketika ia tidur. Namun biasanya dikarenakan beberapa penyakit yang menyerang orang tersebut disaat ia tertidur. Sebut saja seperti sakit jantung, sleep apnea, dan lain sebagainya. Selebihnya mungkin karena bencana, seperti gempa bumi, tanah longsor, tsunami, dll. Ya, pada intinya semuanya terserah sama Tuhan yang diatas.

- Apakah mati di dunia mimpi = mati di dunia nyata ?

What the heal man. Emangnya lo pikir ini game SAO apa :v ?. Tentunya jawabannya adalah tidak. Jika kamu mati di dunia mimpi, kamu tentu masih hidup di dunia nyata. Namun jika Tuhan berkehendak, bisa saja kamu mati juga di dunia nyata :’(.

- Apakah jin / setan dapat masuk ke dalam mimpi ?

Kalau hal ini sudah jelas berada diluar jangkauan ilmu sains. Namun, menurut agama yang saya anut. Jin dapat mengganggu seseorang yang sedang tidur, termasuk di dalamnya ketika anda sedang bermimpi. Jadi, jika anda mengalami mimpi buruk / nightmare. Yang dapat menyebabkan anda menjadi ketakutan, berkeringat, menangis, bahkan sampai jatuh sakit. Hal ini di dalam ilmu agama, sudah jelas ada sesuatu yang sedang mengganggu hidup anda (diganggu jin).

Maka dari itu, agar aman dalam tidur. Sebelum anda tidur, jangan lupa untuk berdoa terlebih dulu. Dan jika anda mendapat mimpi buruk jangan diceritakan kepada orang lain. Serta apapun jenis mimpinya, jangan mencari-cari tafsirnya, apalagi sampai mencari nomer anunya. Karena hal ini sudah jelas ngasal atau ngak ada manfaatnya. Karena kebanyakan tukang tafsir mimpi = hoaxer, tukang penghayal, atau juga peramal yang dapat membahayakan keberlangsungan hidup anda, keluarga anda dan agama anda.

Dan yang paling penting, jika berlucid dream, jangan digunakan untuk melakukan hal yang tidak-tidak. Misalnya berlucid dream untuk ikeh2 kimochi, Bisa jadi cewek yang anda ajak ikeh2 adalah jin, kan bisa gawat nantinya :v awokwokaok . .

- Bahaya lucid dream

Dari semua penjelasan diatas, dapat disimpulkan, bahaya lucid dream jika dilakukan secara terus-menerus, setiap hari, atau keseringan, dan tanpa niatan yang baik. Dapat menyebabkan berbagai dampak negatif seperti yang tersebut di bawah ini.

1. Kualitas tidur menjadi buruk
2. Sering mengantuk
3. Merasa pusing
4. Insomnia
5. Memburuknya kondisi fisik karena sering tidur (jarang olahraga)
6. Ketagihan
7. Menyebabkan seseorang menjadi anti sosial atau juga phobia
8. Kesulitan membedakan antara khayalan dan kenyataan
9. Diganggu jin

Begitulah saudara, jadi bijak saja dalam berlucid dream. Jangan keseringan, agar tidur anda tidak terganggu. Gunakan lucid dream sebagai sarana hiburan yang baik. Jangan digunakan untuk hal yang negatif. Berdoalah sebelum tidur, agar tidur menjadi aman dan nyaman, mimpi menjadi menyenangkan, dan bangun tidur pun anda menjadi ceria. Sekian, semoga bermanfaat . .

Apakah melakukan lucid dream itu berbahaya ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment