Saturday, February 3, 2018

Cara cepat mengatasi dan menghilangkan ngantuk di pagi hari

Rasa kantuk terkadang datang begitu saja tanpa sebab yang jelas. Terutama rasa kantuk di pagi hari yang seringkali mengganggu aktivitas seseorang. Mau pergi ke sekolah, mau berangkat kerja, mau memulai aktivitas sehari-hari rasanya menjadi malas karena rasa ngantuk yang datang menyerang secara diam-diam ini.

Cara cepat mengatasi dan menghilangkan ngantuk di pagi hari

Nah, sebenarnya apakah yang menyebabkan munculnya rasa kantuk di pagi hari ?, apakah hal tersebut merupakan tanda atau gejala dari suatu penyakit ?. Lebih lengkapnya, mungkin anda dapat membaca postingan yang satu ini – “Penyebab munculnya rasa kantuk di pagi hari”.

- Cara mencegah, menghindari, dan menghilangkan kebiasaan ngantuk di pagi hari

Ya, untuk mencegah ngantuk di pagi hari. Alangkah baiknya jika anda mencukupi kebutuhan tidur anda di malam hari. Jika anda begadang semalaman, apalagi sambil menenggak kopi. Hal tersebut tentunya dapat membuat anda menjadi ngantuk berat di pagi hari.

Maka dari itu, Untuk menghindari dan menghilangkan kebiasaan ngantuk di pagi hari. Alangkah baiknya jika anda melakukan berbagai langkah di bawah ini.

1. Menjaga kualitas dan siklus tidur

Jangan begadang di malam hari. Cukupkan tidur anda, antara 6-8 jam perhari. Jangan terlalu lelah beraktivitas di malam hari. Dan jangan seringkali mengubah jam tidur anda di malam hari. Jika anda terbiasa tidur pada jam 9 malam. Ya jangan di paksakan untuk tidur pada jam 11 malam. Karena hal tersebut dapat mengganggu siklus tidur anda. Dan hasilnya, ketika anda bangun pasti akan kesiangan dan yang terpenting masih merasa ngantuk.

2. Rajin-rajinlah berolahraga

Jaga kesehatan anda dengan rutin berolahraga setiap hari. Agar tubuh anda menjadi sehat dan kuat. Dan kinerja metabolisme tubuh anda dapat berjalan dengan lancar. Olahraga tidak mesti seperti jogging atau juga lari-lari pagi ,ataupun berbagai jenis olahraga yang rumit lainnya. Cukup olahraga ringan yang di mulai dari pemanasan, serta jalan santai setiap pagi sambil menikmati hangatnya sinar mentari. Asal tubuh aktif bergerak dan berkeringat, hal tersebut dirasa sudah cukup.

3. Makan-makanan yang seimbang

Di pagi hari, jangan terlalu banyak makan atau juga jangan terlalu kekenyangan saat makan. Apalagi jika anda banyak mengomsumsi makanan berprotein tinggi atau juga yang memiliki banyak kandungan karbohidrat, sebut saja seperti makanan olahan dari hewan, nasi, roti, dan lain sebagainya. Karena semua hal tersebut dapat memicu timbulnya rasa kantuk. Jadi, makanlah secukupnya saja, cukup sekedar menghilangkan rasa lapar saja. Dan tentunya porsi makanan harus seimbang, antara makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dll.




4. Hindari stres dan depresi

Stres dan depresi dapat membuat kualitas tidur seseorang menjadi buruk. Berbagai pikiran negatif yang ada di dalam benak seseorang dapat membuatnya menjadi kesulitan untuk tidur. Sehingga, nantinya orang tersebut dapat terserang banyak penyakit. Baik penyakit fisik, maupun mental. Sebut saja seperti insomnia, darah tinggi, penyakit jantung, sleep apnea, asma, dan lain sebagainya.

Ya, saya rasa kunci untuk menghindari dan menghilangkan kebiasaan mengantuk di pagi hari. Adalah dengan cara menjaga pola tidur, serta menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Jika tubuh dan pikiran sehat, maka tidurpun menjadi nyenyak, pagipun anda akan menjadi semangat. Berbeda jika salah satunya sakit, pasti di pagi hari anda akan merasakan apa yang namanya ngantuk.

- Cara cepat mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk di pagi hari

Langsung saja. Jika anda merasa ngantuk di pagi hari, mengantuk yang cukup menganggu aktivitas harian anda. Coba saja ikuti langkah di bawah ini, agar rasa kantuk yang anda alami cepat teratasi.

1. Menjauh dari tempat tidur

Jika anda merasa ngantuk di pagi hari. Langsung saja menjauh dari tempat tidur, atau tempat yang sekiranya dapat di gunakan untuk tidur. Karena jika tidak, pasti anda akan keterusan melanjutkan tidur anda. Apalagi di musim liburan, pasti gaya gravitasi kasur akan semakin kuat juga.

2. Mencuci muka

Dengan mencuci muka atau membasuh muka dengan air. Hal tersebut terbukti ampuh untuk mengusir rasa kantuk anda di pagi hari. Dengan mencuci muka dengan air, hal tersebut dapat meringankan, bahkan menghilangkan rasa ngantuk anda dengan cepat. Apalagi jika anda juga berwudhu, tambah hilang lagi tuh ngantuknya.

3. Mandi

Mandi terbukti ampuh untuk mengusir kantuk di pagi hari. Mandi dengan air di pagi hari yang cukup dingin. Akan membuat tubuh anda menjadi segar, dan tentunya membuat anda menjadi melek dan tidak ngantuk lagi. Tapi, jika anda habis begadang semalaman. Sebaiknya anda jangan mandi, karena khawatirnya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (sakit).

4. Minum secangkir kopi / segelas teh hangat

Jika anda mengantuk di pagi hari, cukup meminum secangkir kopi atau juga segelas teh yang hangat. Kandungan kafein di dalam kopi dan teh, terbukti dapat menyingkirkan rasa kantuk di pagi hari. hal ini tentunya sudah dibuktikan oleh banyak orang di dunia ini.

5. Ngobrol dengan seseorang

Jika anda mengantuk, ngobrol saja dengan seseorang. Baik itu di dunia nyata, maupun di dunia maya (chattingan online). Dengan adanya Rasa kebersamaan di dalam percakapan, dapat dengan mudah mengusir rasa kantuk di badan.

6. Optimis dan semangat di pagi hari

Tidak dapat dipungkiri, pikiran juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Jika anda merasa bosan, merasa sedih, merasa malas untuk menjalankan aktivitas di esok hari. Maka sudah dapat di pastikan. Bangun tidur di pagi hari pun, anda akan masih merasakan yang namanya ngantuk.

Maka dari itu, perbaiki pikiran anda. Optimis dan semangatlah dalam menjalani hidup anda. Dengan demikian, di pagi hari pun tidak ada yang namanya ngantuk lagi.

7. Jangan melamun dan berdiam diri

Jika anda duduk dalam jangka waktu yang lama, melakukan hal yang monoton. Wajar saja anda akan dilanda yang namanya rasa kantuk. Untuk mengatasinya, warnailah hidup anda, improvisasi aktivitas anda. Jika anda duduk diam sambil ngetik pekerjaan di kantor. Coba sesekali berdiri atau berjalan santai sejenak. Agar aktivitas peredaran darah dan udara di tubuh anda menjadi lancar. Sehingga di pagi haripun anda akan tetap semangat, dan jauh dari yang namanya ngantuk.

Cara cepat mengatasi dan menghilangkan ngantuk di pagi hari
4/ 5
Oleh

Leave your comment