Monday, February 26, 2018

Cara cepat mengatasi kecanduan gadget (hp / smartphone) pada remaja, anak, & orang dewasa

Di dewasa ini, banyak kita temui, orang-orang yang sudah tidak dapat terlepas lagi dari yang namanya gadget. Setiap hari, baik itu anak-anak, remaja, pemuda, orang dewasa (tua), segala usia sibuk memainkan berbagai gadget yang mereka punya. Entah itu hp / handphone, smartphone, dan juga konsol game handheld. Banyak dari mereka yang sudah kecanduan dengan hal tersebut.

Cara cepat mengatasi kecanduan gadget (hp / smartphone) pada remaja, anak, & orang dewasa

Setiap hari orang-orang memainkan dan mengotak-atik gadgetnya. Tidak peduli itu di waktu bangun tidur, waktu makan, waktu berkumpul bersama teman dan keluarga, di waktu bepergian, waktu belajar, saat sekolah maupun bekerja, waktu nongkrong di toilet, sampai tidur lagi. Kebanyakan orang sudah tidak dapat lagi terlepas dari yang namanya gadget. Seakan gadget tersebut sudah menempel di tangan mereka, dan gadget sudah menjadi bagian dari hidupnya. (Baca juga : 9 Ciri-ciri / Tanda orang kecanduan Gadget, Hp, & Smartphone (nomophobia))

Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kesehatan dan hubungan sosial seseorang. Jika seseorang sudah kecanduan gadget, mereka pastinya akan mengalami berbagai masalah di dalam kesehatan fisik, mental dan juga hubungan antar sesama manusia. Maka dari itu, untuk mengatasi dan menghilangkan kecanduan gadget pada diri anda, atau pada anak dan keluarga anda. Coba saja ikuti langkah di bawah ini. (Baca juga : Dampak negatif / bahaya penggunaan (kecanduan) gadget, hp, smartphone pada anak, remaja, pemuda, orang dewasa, dsg)

1. Hindari kondisi sendirian

Jika seseorang sedang sendirian. Maka ia akan sebisa mungkin berusaha untuk menghilangkan rasa bosan dan sepi di dalam hatinya. Maka dari itu seringkali gadget dijadikan pelampiasan oleh seseorang untuk mengusir rasa bosan dan sepi yang ada di dalam dirinya. Dengan adanya hp / smartphone seseorang dapat terhubung dengan teman di dunia maya, atau mungkin hanya sekedar untuk bermain game online saja. Dengan demikian, orang tersebut mau tidak mau pasti keseringan memainkan gadget yang ia punya.

Untuk menghindari kecanduan gadget. Tentunya usahakan anda selalu bersama-sama dengan teman atau keluarga tercinta anda. Mainlah bersama teman anda, atau mungkin bagi orang tua, perhatikan anak anda. Jangan biarkan anak anda sendirian dan bermain hp sesukanya.

Dengan hadirnya pihak kedua atau ketiga dalam pergaulan. Maka anda akan terhindar dari kondisi sendirian yang dapat membuat anda menjadi merasa sepi, bosan dan pada akhirnya andapun dapat terhindar dari yang namanya mengotak-atik / memegang gadget yang anda punya.




2. Jangan menganggur

Sama seperti yang tersebut diatas. Apabila orang-orang tidak ada kerjaan, otomatis mereka akan berusaha mencari hiburan agar dirinya tidak merasa bosan. Dari sini tentunya gadget menjadi sarana hiburan yang menyenangkan.

Namun, lama-kelamaan seseorang bisa kecanduan dengan berbegai fitur yang ada pada gadget tersebut. Maka dari itu cobalah untuk mengerjakan sesuatu selain yang berhubungan dengan gadget / smartphone yang anda punya. Misalnya seperti bekerja, bermain bersama teman, belajar, menonton tv, membersihkan rumah dan sebagainya.

Pokoknya usahakan jangan sampai mengganggur, dan sibukkan diri anda. Agar anda terhindar dari yang namanya mengotak-atik atau memainkan gadget.

3. Hapus semua game yang anda punya

Cara ini memang agak sedikit ekstrim. Tapi dengan cara ini, maka otomatis bagi anda para gamer yang sudah kecanduan memainkan hp / smartphone. Sedikit banyak pasti akan dapat menekan rasa gatal tangan anda untuk memainkan berbagai game yang anda punya.

Dengan tidak adanya game di hp. Maka otomatis, anda akan berusaha menghilangkan rasa bosan anda dengan cara selain memainkan game atau mengotak-atik hp dan gadget yang anda punya.

4. Matikan koneksi internet dan sisakan sedikit pulsa anda

Banyak orang yang kecanduan gadget karena mereka keasikan browsing maupun sekedar chattingan di sosial media. Contoh mudahnya, misalnya saja seperti scroll-scroll beranda facebook. Walaupun anda tahu ini membuang-buang waktu begitu saja, Tapi anda tetap saja melakukannya.

Untuk mengatasi penyakit seperti ini. Tentu saja harus dihapus dari akar-akarnya. Hapus app sosial media yang anda punya, matikan koneksi internet anda, dan jangan lupa jangan beli pulsa atau sisakan sedikit pulsa anda. Dengan demikian anda tidak dapat lagi terkoneksi ke internet, dan anda pun akan memulai mencari kegiatan di dunia nyata.

5. Jual gadget anda atau sita gadget milik keluarga anda (anak / adik)

Jika anda sudah keseringan membolak-balikkan gadget anda. Anda sudah tidak dapat terlepas dari gadget anda. Apapun cara yang anda lkukan sudah dicoba, namun masih saja sia-sia. Cukup jual saja semua gadget yang anda punya. Atau lebih mudahnya cukup matikan dan sembunyikan saja gadget milik anda. Mulai aktivitas di dunia nyata dan lupakan semua masalah di dunia maya.

Jika anak atau adik kecil anda membandel dan sudah kecanduan gadget. Sita saja hp / smartphone nya. Jangan biarkan ia memainkan gadgetnya, sampai ia berubah atau mencapai apa yang anda minta. Misalnya disuruh supaya rajin belajar dan berjanji agar tidak keseringan bermain game. Maka dengan demikian, perlahan tapi pasti. Anak atau adik kecil anda akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tentunya perlahan tapi pasti ia akan terbebas dari yang namanya kecanduan gadget.

Yap, saya rasa cukup begitu saja. Silahkan dicoba beberapa cara yang tersebut diatas. Agar nantinya anda atau keluarga anda terbebas dari yang namanya kecanduan gadget, kecanduan hp / smartphone.

Pada intinya sih semua kembali kepada diri anda masing-masing. Jika niat dan tekad anda sudah kuat. Maka kecanduan gadget pun akan mudah terobati dan teratasi. Dan begitupula sebaliknya, jika niat dan tekad untuk berubah anda sangatlah lemah. Maka jangan pernah bermimpi untuk terlepas dari yang namanya belenggu kecanduan gadget. Karena anda pastilah tidak akan pernah bisa menjauh dari yang namanya gadget, hp, handphone, smartphone, dan sebangsanya . . semoga bermanfaat.

Cara cepat mengatasi kecanduan gadget (hp / smartphone) pada remaja, anak, & orang dewasa
4/ 5
Oleh

Leave your comment