Wednesday, February 28, 2018

Cara melanjutkan download yang terputus, gagal, error di google chrome dengan mudah

Mungkin anda pernah mengalami gagal download saat mendownload file di google chrome ?. Anda sudah capek-capek menunggu berjam-jam, menunggu downloadan file yang ber GB-gb. Eh, karena jaringan error atau mungkin karena modem tiba-tiba disconnect sendiri. Kemudian downloadan yang tadinya sudah 99%, malah gagal terdownload. File downloadan error, terputus dan tidak bisa di resume atau melanjutkan download lagi. Rasanya tuh sakit :’v, tapi tak berdarah. Saya sendiri sudah sering mengalaminya. Tapi itu dulu ea, sekarang sih beda lagi ceritanya.

Kini anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan beberapa trik kecil di postingan ini, anda dapat dengan leluasa meresume atau melanjutkan semua file downloadan anda yang error, gagal atau terputus ditengah jalan. Dan andapun tidak perlu marah-marah ngak jelas lagi, karena semua downloadan file anda yang terputus, dapat dilanjutkan kembali.



Syarat pertama untuk melakukan cara ini, di pc atau laptop anda haruslah tersedia mozila firefox terlebih dahulu. Karena, downloadan yang gagal dan terputus di google chrome, dapat dilanjutkan kembali di firefox ini. Untuk google chrome di android, saya kurang begitu tahu, karena saya sendiri jarang online melalui hp android.

Nah, bagi anda pengguna pc dekstop, atau yang menggunakan windows dan sebangsanya Langsung saja berikut cara untuk meresume atau melanjutkan downloadan yang gagal dan terputus di google chrome.

1. Buka google chrome, pada tab menu download (Ctrl+j). Arahkan kursor anda tepat pada link downloadan yang error tadi. Kemudian klik kanan dan copy link downloadan anda tersebut. => Klik kanan – Copy Link address

Cara melanjutkan download yang terputus, gagal, error di google chrome dengan mudah

2. Buka browser firefox anda, pastekan link downloadan tadi ke address bar firefox. Klik enter sampai proses download berlangsung. Jika file tidak dapat terdownload, langsung saja menuju ke tempat downloadan file tempat anda mendownload. Kemudian download ulang file yang gagal terdownload di google chrome tadi.

Letakkan file yang di download sama dengan letak penyimpanan downloadan anda di google chrome. Misalnya downloadan yang terputus tadi ada di drive D. Maka, downloadan terbaru di firefox ini juga letakkan di drive D.

Setelah file mulai terdownload jangan lupa pause / hentikan downloadan tersebut.

Cara melanjutkan download yang terputus, gagal, error di google chrome dengan mudah

3. Langsung menuju ke Drive D, atau ke folder tempat downloadan anda tadi. Maka anda akan menemui 3 file downloadan yang berbeda. Ada file yang berektensi .crdownload, file ini merupakan file downloadan dari google chrome. Ada juga file yang berekstensi .part, file ini merupakan file downloadan dari firefox. Dan yang terakhir ada file yang berektensi sesuai dengan file yang anda download.

Cara melanjutkan download yang terputus, gagal, error di google chrome dengan mudah

Langkah selanjutnya, hapus file .part yang ada di Drive atau folder tersebut. Kemudian rename, file yang berekstensi .crdownload, dengan nama yang sama seperti file .part tadi. Atau rename seperti nama file downloadan anda, dan tambahkan ekstensi .part di belakangnya.

Cara melanjutkan download yang terputus, gagal, error di google chrome dengan mudah

4. Langsung saja kembali ke mozila firefox. Pada jendela downloadan (Ctrl+j), langsung saja arahkan kursor anda pada file yang terpause tadi. Kemudian klik kanan – dan klik resume untuk melanjutkan proses downloadan anda yang terputus, atau gagal download di google chrome tadi.

5. Dan, jreng. . jreng . ., file anda pun kembali dapat di resume / melanjutkan download.

Yap, begitulah gan, cara sederhana untuk mengatasi / meresume dan melanjutkan file downloadan yang terputus, gagal, atau error di google chrome. Lakukan langkah demi langkah dengan benar. Pasti file anda akan berhasil terdownload dengan sempurna, tanpa error atau corrupt sedikitpun.

Jika file yang terdownload corrupt / error dan tidak dapat dibuka, berarti ada yang salah dengan file yang anda download. Bisa jadi, memang dari sananya file downloadan tersebut sudah error. Cukup sekian dulu, dan semoga bermanfaat.

Cara melanjutkan download yang terputus, gagal, error di google chrome dengan mudah
4/ 5
Oleh

Leave your comment