Monday, February 26, 2018

Dampak negatif / bahaya penggunaan (kecanduan) gadget, hp, smartphone pada anak, remaja, pemuda, orang dewasa, dsg

Ya, di zaman yang serba modern ini. Banyak sekali teknologi canggih yang dikembangkan guna untuk mempermudah kehidupan manusia. Salah satunya yakni dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. Banyak jenis gadget, sebut saja berbagai jenis hp/handphone dan smartphone yang di kembangkan di dekade ini. Jika dahulu orang-orang berkomunikasi dengan teman dan keluarga melalui media burung merpati atau juga pos. Kini semua orang dapat dengan mudahnya berkomunikasi dan bahkan mencari informasi dari gadget yang ia miliki.

Dampak negatif / bahaya penggunaan (kecanduan) gadget, hp, smartphone pada anak, remaja, pemuda, orang dewasa, dsg

Hanya dengan sebuah kotak ajaib yang menyala berwarna-warni. Seluruh manusia dari penjuru dunia dapat terhubung dengan hanya sedikit sentuhan jari. Begitulah kiranya sedikit gambaran kecil dari kemajuan teknologi. Dibalik sisi positif dari perkembangan teknologi, pastilah juga ada sisi negatif yang menghantui. Sebut saja misalnya seperti kecanduan gadget.

Banyak anak-anak, remaja, orang dewasa, orang tua, segala usia, sudah tidak dapat terlepas lagi dari yang namanya gadget. Mereka sudah kecanduan gadget, kecanduan memainkan hp dan smartphone. Dari sini tentunya banyak dampak negatif, atau dampak buruk dan bahaya yang ditimbulkan oleh gadget ini.

Nah, mungkin anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sudah kecanduan dengan gadget ?. Tentunya anda sudah tahu sendiri mengenai dampak buruk dari penggunaan gadget yang berlebihan. Yang jelas, dampak buruk yang dirasakan dari penyalagunaan gadget ini pada umumnya adalah.

1. Membuat orang menjadi malas
2. Membuat orang menjadi sakit, baik mental dan juga fisiknya

Lebih detailnya, berikut bahaya atau dampak negatif yang ditimbulkan dari penyalagunaan penggunaan gadget ini :

- Membuat orang menjadi malas

Ya, gadget dapat membuat orang menjadi malas. Karena seseorang sudah terlalu asik bermain dengan gadgetnya. Entah itu untuk bermain game, sekedar browsing, internetan dan chattingan di sosial media, dan lain sebagainya. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi malas untuk mengerjakan sesuatu di dunia nyata.

Sebut saja bagi anak, maka mereka akan menjadi malas untuk belajar, malas jika disuruh oleh orang tua. Dan bagi remaja pun sama saja, mereka menjadi malas untuk belajar dan membantu orang tua. Parahnya lagi, bagi para pemuda dan orang dewasa, mereka yang sudah kecanduan gadget, kecanduan hp dan smartphone akan menjadi malas untuk berusaha dan bekerja.




- Mengalami nomophobia

Nomophobia sendiri merupakan singkatan dari “No Mobile Phobia”. Orang yang sudah parah dalam hal kecanduan gadget ini. Ia akan menjadi sangat ketakutan, resah dan gelisah ketika 1 detik saja ia menjauh dari gadgetnya. Ia akan diperbudak oleh gadget, dan jika ia dipaksa untuk meninggalkan gadgetnya. Maka ia akan menjadi sangat cemas, takut, gelisah, bingung, badan bergetar, berkeringat dingin, jantung berdebar keras, emosian, mudah marah dan segala jenis gejala yang umumnya terjadi pada orang yang mengalami phobia akan hadir pada dirinya.

Tentunya hal ini dapat mempengaruhi segala aktivitas kehidupan di dunia nyata. Sehingga segala aktivitasnya dapat terganggu, dikarenakan ia tidak dapat terlepas atau terpsiashkan dari gadget dan segala kegiatan onlinenya. (Baca juga : 9 Ciri-ciri / Tanda orang kecanduan Gadget, Hp, & Smartphone (nomophobia))

- Mengalami insomnia

Seseorang yang sudah keasikan bermain dengan gadgetnya. Apalagi jika ia keasikan bermain game online ataupun ngesosmed di dunia maya. Maka jangan heran, orang yang seperti ini tidurnya sering larut malam, bahkan tak jarang sering begadang karena menghabiskan paketan malam (paket internetan). Sehingga, mereka lambat laun akan mengalami insomnia, dan tentunya kesehatan mereka secara perlahan akan menurun dan terganggu (badan lemas, muka pucat, mata rabun, organ rusak, dll). Hal ini tentunya terjadi atau diakibatkan karena kualitas tidur mereka yang buruk.

- Yang jauh menjadi dekat, yang dekat menjadi jauh

Tak jarang, orang yang sudah mengalami kecanduan gadget ini. Seringkali mereka akan menjadi asik dengan gadgetnya sendiri. Bahkan tak jarang banyak yang menjadi hikikomori, menjadi phobia sosial, karena keasikan bermain dengan gadgetnya sendiri. Mereka diwaktu berbicara bersama teman, keluarga, bahkan ditempat umum sekalipun tidak pernah lepas dari yang namanya gadget. Sehingga mereka nantinya lambat laun akan menghindari bertemu dengan orang, atau menghindari berada di tempat umum. Demi berdua dengan gadget kesayangannya.

Ya, saya rasa begitulah kiranya dampak negatif atau bahaya dari penggunaan gadget yang berlebihan. Pada intinya kecanduan gadget, kecanduan hp / smartphone dapat mempengaruhi tindak-tanduk, tingkah laku, kesehatan fisik maupun mental seseorang.

Jadi gunakanlah gadget secara bijak. Jadilah orang yang smart, jangan hpnya saja yang smart. Karena jika hpnya yang smart, dan orangnya tidak. Bisa-bisa nanti anda malah diperbudak oleh smartphone yang anda miliki. Perlu anda ingat, kejahatan, kebinasaan terjadi bukan hanya karena adanya niat saja, namun juga terjadi karena adanya kesempatan. Jadi waspadalah 3x :’v. Semoga bermanfaat . . .

Dampak negatif / bahaya penggunaan (kecanduan) gadget, hp, smartphone pada anak, remaja, pemuda, orang dewasa, dsg
4/ 5
Oleh

Leave your comment