Saturday, February 3, 2018

Pengertian dan perbedaan antara Trailer, Teaser dan Spoiler film

Apa itu trailer ?, Apa pengertian Teaser ?, dan Apa arti spoiler ?. Apakah ketiganya merupakan hal yang sama ?, Atau malah berbeda antara satu dengan yang lainnya ?. Mungkin begitulah sedikit banyak pertanyaan yang melintas di pikiran anda. Bagi anda yang sudah seringkali nonton dan streaming berbagai jenis movie dan film secara online, Misalnya saja seperti di youtube. Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan ketiga istilah yang tersebut diatas.

Trailer, teaser dan spoiler dalam film. Bagi orang yang awam mungkin akan mengganggap ketiga hal tersebut sebagai istilah yang sama. Namun pada kenyataannya, ketiganya merupakan istilah yang jauh berbeda.

Pengertian dan perbedaan antara Trailer, Teaser dan Spoiler film

- Pengertian Trailer, Teaser, dan spoiler

Ketiga istilah yang tersebut diatas merupakan istilah yang menggunakan kata di dalam bahasa inggris. Jika diterjemahkan secara kasar, maka di dalam bahasa indonesia. Trailer dapat diartikan sebagai “Promosi film”, Teaser berarti “Penggoda”, Dan spoiler memiliki arti “Beberan / bocoran”.

1. Pengertian Trailer

Trailer merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah video promosi. Yang di dalamnya berisi adegan, cuplikan, maupun plot utama secara singkat dari film yang akan ditayangkan atau akan dirilis di waktu yang akan datang. Durasi dari video trailer sangatlah singkat, rata-rata berkisar antara 2-3 menit. Karena memang tujuannya hanya sekedar untuk promosi, Jadi konten videonya sangat sedikit.

2. Pengertian Teaser

Teaser sebenarnya masih masuk kedalam bagian video promosi film. Hanya saja, berbeda dari trailer. Konten video teaser berisikan sekilas cuplikan adegan utama, atau adegan yang menegangkan di dalam film yang dipromosikan tersebut.

Biasanya durasi video teaser lebih singkat dari video trailer. Hanya berdurasi sekitar 1 menitan. Konten video teaser hanya berisi sekian detik adegan utama atau adegan yang menegangkan. Diiringi dengan sekilas backsound atau percakapan yang sekiranya membuat penonton tergoda dan tertarik untuk menonton keseluruhan film tersebut.

3. Pengertian Spoiler

Spoiler merupakan suatu beberan atau bocoran cerita yang membocorkan sebagian besar atau inti cerita dari film yang akan ditayangkan, Atau juga bocoran cerita dari film yang belum di tonton oleh seseorang. Sehingga, karena spoiler ini, banyak orang yang membencinya. Dikarenakan, sebelum menonton film yang akan dilihatnya, eh malah dia sudah tahu ending ceritanya. Kan kurang seru, bener ngak sob ?.

- Perbedaan antara trailer, teaser dan juga spoiler

Pada intinya ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada tujuan pembuatan video, isi konten video, durasi video, dan juga media yang digunakan. Jika trailer dan teaser pada film pada umumnya menggunakan media video sebagai media promosi. Sedangkan spoiler merupakan teks atau tulisan yang digunakan untuk memberitahukan cerita atau plot utama film pada khalayak ramai.

- Penutup

Ya kurang lebih begitulah pengertian dan perbedaan antara Trailer, Teaser dan juga Spoiler. Ketiganya merupakan suatu istilah yang berbeda, namun masih saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Ketiganya sama-sama memberikan informasi tentang film yang akan di tayangkan, maupun film yang akan ditonton oleh orang-orang.

Untuk melihat berbagai contoh dari video trailer dan juga teaser, ataupun juga spoiler. Anda dapat mencarinya di google ataupun di youtube. Dengan keyword judul film dan menambahkan kata trailer atau teaser dibelakangnya. Misalnya “Black panther trailer, Black panther teaser dan juga Black panther spoiler”

Pengertian dan perbedaan antara Trailer, Teaser dan Spoiler film
4/ 5
Oleh

Leave your comment