Monday, February 5, 2018

Pengertian & perbedaan antara film Horror dan Thriller, beserta contohnya

Banyak orang yang mengira, film bergenre Horror dan Thriller merupakan hal yang sama. Banyak diantara orang awam yang mengganggap kedua genre yang tersebut diatas sama-sama ada di dalam film yang menakutkan, menyeramkan, menegangkan maupun yang menjijikan. Padahal itu sama sekali tidak benar, karena kedua genre film tersebut, nyatanya berbeda dari satu dengan yang lain nya.

Pengertian & perbedaan antara film Horror dan Thriller, beserta contohnya

1. Pengertian Horror dan Thriller

Kedua genre yang tersebut diatas, Horror dan Thriller. Merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris. Jadi mula-mula, untuk membedakan keduanya, anda haruslah mencari arti dari kedua kata tersebut di dalam kamus bahasa inggris.

- Apa itu horror ?

Di dalam kamus bahasa inggris sendiri, kata horror dapat diartikan sebagai “an intense feeling of fear, shock or disgust”. Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, kurang lebih horror dapat diartikan sebagai “Perasaan takut, syok, atau juga menjijikan”. Jadi sudah dapat ditebak, pada intinya sesuatu yang dapat dianggap horror adalah segala sesuatu yang menakutkan, mengerikan, dapat membuat orang menjadi panik, terkejut dan juga merasa jijik.

- Apa itu Thriller ?

Di dalam kamus bahasa inggris sendiri, kata Thriller dapat diartikan sebagai “a novel, play, or movie with an exciting plot, typically involving crime or espionage”. Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, kurang lebih, kata Thriller dapat diartikan sebagai “Sebuah novel, permainan, atau film, dengan plot yang seru, dan biasanya melibatkan kejahatan atau juga spionase (pengintaian / mata-mata)”.

2. Perbedaan antara film bergenre Horror dan Thriller

Setelah sedikit pengertian dari kata horror dan thriller diatas, mari kita lanjutkan dengan perbedaan dari kedua genre film ini. Yakni perbedaan diantara film horror dan juga film thriller.

- Tema / ide cerita antara film Horror dan Thriller

Seperti yang sudah dijelaskan seperti diatas. Pada intinya, film horror mengambil cerita yang bernuansa menakutkan, membuat orang menjadi terkejut ataupun menjijikan. Dengan demikian, biasanya film horror banyak yang mengangkat tema seputar dunia supranatural (supernatural / ghaib), cerita tentang hantu, monster, urband legend, dan sejenisnya.

Sedangkan film bergenre Thriller, lebih terfokus pada hal-hal yang dapat membuat orang menjadi tegang dan terpacu adrenalinnya. Jadi, kebanyakan film thriller mengangkat tema cerita seputar aksi kejahatan (misal : pembunuhan berantai), masalah kejiwaan (gangguan jiwa, misalnya psikopat), detektif (pemecahan kasus misteri), spionase (mata-mata), konspirasi, dan sejenisnya.

- Plot cerita / jalan cerita film bergenre Horror dan Thriller

Ya, seperti kebanyakan film horror lainnya. Sudah dapat ditebak, film tersebut menyajikan berbagai hal yang menakutkan dan dapat membuat orang menjadi terkejut karenanya (jumpscare). Pada intinya sih menurut saya, yang menyeramkan dari film horror terletak pada adegan yang mengejutkan dan juga berbagai background musik yang menyeramkan. Selebihnya sama saja, entah itu bercerita tentang pembalasan, kekuasaan, misteri, invasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan plot di film bergenre Thriller biasanya sulit ditebak, mbulet dan banyak yang mengandung unsur plot twist. Contoh mudahnya, teman dari karakter utama yang menjadi seorang detektif didalam cerita film Thriller. Diakhir cerita ia tertangkap, karena ternyata yang selama ini menjadi penjahat adalah dirinya.

- Tujuan cerita film bergenre Horror dan Thriller

Ya, seperti yang sudah disebutkan diatas. Film horror menyuguhkan berbagai adegan yang dapat membuat anda menjadi ketakutan, merasa ngeri, merasa syok dan terkejut, menjadi jijik, dan segala hal yang mengerikan lainnya. Pada intinya, tujuan dari film horror adalah membuat anda menjadi merasa takut dan syok.

Sedangkan tujuan pembuatan film thriller adalah untuk membuat anda menjadi tegang, menjadi terpacu adrenalinnya, menjadi semangat, menjadi gregetan dengan berbagai adegan film yang disuguhkan.

- Pesan dibalik film Horror dan Thriller

Pesan atau inti cerita yang disampaikan di dalam film horror biasanya masih berkaitan dengan hal yang bernuansa supernatural, hal ghaib dan sebagainya. Misalnya seperti kamu tidak sendiri di dunia ini, karena ada berbagai hantu yang berkeliaran di sekitar anda. Manusia bukanlah makhluk yang paling cerdas di alam semesta ini, karena masih banyak alien di luar angkasa. Manusia bukanlah pemangsa puncak di dalam rantai makanan, namun masih ada predator yang diam-diam mengintai manusia, dan lain sebagainya.

Sedangkan film Thriller biasanya mengandung berbagai pesan yang cukup rumit dan kompleks. Misalnya menyangkut masalah ideologi manusia, tatanan hukum, moral, prinsip hidup dan hal-hal yang realistis lainnya.

3. Contoh film horror dan juga film Thriller

Untuk contoh lengkap dari film horror dan thriller ini, mungkin anda dapat mencarinya di google. Sebagai contoh dari beberapa film horror yang terkenal, sebut saja seperti film “The conjuring series, insidious series, Anabelle series, paranormal activity, dan lain sebagainya”. Sedangkan contoh dari film Thriller yang terkenal, sebut saja seperti film “Shutter island, inception, momento, gone girl, dan lain sebagainya”.

Ya, saya rasa begitulah pengertian dan perbedaan dari genre film horror dan thriller ini. semoga bermanfaat . .

Pengertian & perbedaan antara film Horror dan Thriller, beserta contohnya
4/ 5
Oleh

Leave your comment