Thursday, February 1, 2018

Penyebab & cara menghilangkan rasa ngantuk ketika belajar di sekolah, di kelas (kuliah)

Rasa kantuk dapat menyerang siapa saja. Ngantuk memang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan manusia. Siapa yang tidak pernah ngantuk ?. Selama kita masih menjadi manusia yang normal dan sehat, pasti setiap hari kita akan merasakan yang namanya ngantuk.

Ngantuk pada umumnya merupakan tanda alami pada diri manusia. Yang mengisaratkan bahwa seseorang tersebut sedang kelelahan, dan membutuhkan istirahat yang cukup. Lebih mudahnya, anda dapat menyebutnya sebagai tidur.

Penyebab & cara menghilangkan rasa ngantuk ketika belajar di sekolah, di kelas (kuliah)

Namun terkadang ngantuk juga merupakan sebuah pertanda adanya sesuatu yang salah pada diri kita. Entah itu karena adanya penyakit, sedang merasa bosan, tidak bergerak dalam waktu yang lama, dan lain sebagainya. Pada intinya, ngantuk bukanlah hanya sebagai pertanda bahwa seseorang sedang mengalami kelelahan saja. Namun juga merupakan sebuah respon tubuh terhadap berbagai event atau kejadian yang menyebabkan diri kita menjadi merasa ngantuk.

Nah langsung saja, berikut sedikit banyak penyebab dan pemicu datangnya rasa kantuk yang biasanya menghampiri diri kita :

1. Karena kelelahan
2. Pengaruh atau efek samping dari obat
3. Sedang sakit (misalnya sakit anemia / kurang darah)
4. Merasa bosan (melakukan hal yang monoton)
5. Tidak bergerak dalam jangka waktu yang lama (duduk terlalu lama)
6. Tidak ada yang dikerjakan (melamun dan menganggur)
7. Pengaruh cuaca (misalnya waktu mendung dan hujan, waktu cuaca dingin, dll)
8. Ketularan mengantuk (Misal menguap disaat melihat atau mendengar orang lain menguap)
9. Dan lain sebagainya

Ya Begitulah, beberapa penyebab umum yang biasanya menyebabkan rasa kantuk yang muncul pada diri manusia.

Rasa kantuk memang sudah menjadi kodrat alami manusia. Akan tetapi, jika rasa kantuk tersebut hadir di dalam situasi dan kondisi yang tidak diharapkan. Maka rasanya, ngantuk akan menjadi sesuatu yang merugikan dan membahayakan. Dalam hal ini misalnya rasa kantuk yang tiba-tiba saja muncul disaat seseorang sedang sibuk belajar di sekolah, sedang belajar di kelas, maupun sedang belajar di perkuliahan.




Rasa kantuk tersebut datang dengan tiba-tiba. Padahal anda sedang tidak kelelahan, sedang tidak sakit, dan sedang tidak dalam pengaruh obat. Apalagi semalam anda tidur dengan nyenyak, tanpa begadang dan terjaga sedikitpun.

Ditambah lagi dengan guru atau dosen pengajar yang kurang interaktif dan kreatif disaat mengajar di kelas. Bukannya semangat, Yang ada di waktu jam pelajaran berlangsung, rasa bosan akan melanda dengan cepatnya. Dan bisa ditebak, ujung-ujungnya ya ngantuk.

Nah, maka dari itu, untuk mengusir, mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk ketika sedang belajar di kelas. Coba saja ikuti beberapa langkah yang tersebut di bawah ini.

1. Jangan duduk terlalu lama dalam posisi yang sama

Jika anda duduk terus tanpa bergerak sedikitpun. Anda duduk mematung dalam rentang waktu yang lama. Alih-alih anda akan menyerap pelajaran yang diajarkan oleh seorang guru / dosen. Yang ada nantinya rasa kantuk tersebut, perlahan tapi pasti akan menyerang dan mendatangi anda.

Maka dari itu, lakukanlah sebuah improvisasi. Jika anda merasa ngantuk disaat anda duduk dan berdiam diri. Cobalah bergerak sedikit, misalnya berdiri sejenak, bergeser sedikit ketika duduk, bokong dimajukan atau sedikit dimundurkan :’v, menggerakkan leher dan menoleh ke lain sisi. Yang penting jangan sampai membuat keributan, apalagi sampai anda geleng-geleng dan angguk-angguk ngak jelas. Nanti anda dapat dikira sebagai orang gila :v.

2. Mengusapkan minyak angin atau balsem

Mengusap sedikit minyak angin atau balsem di dekat hidung dan di dahi atau agak keatas setelah alis mata (pelipis). Terbukti ampuh dapat membuat mata seseorang menjadi melek dan seterong. Hal tersebut dikarenakan aroma dari minyak angin ataupun balsem yang cukup menyengat untuk membuat mata seseorang tetap semangat. Apalagi jika panasnya berganda, dijamin anda akan melek terus, tahan lama sampai berjam-jam, eh :’v.

Note / catatan : Cara ini agak ekstrim, jadi jangan ditiru jika anda masih noob. Apalagi anda main asal oles begitu saja. Yang ada nanti, mata anda bukannya menjadi melek dan semangat. Malah nantinya menjadi sakit, kepedasan dan iritasi. Kan gawat jadinya.

3. Membasuh muka dengan air bersih

Untuk mengatasi rasa kantuk yang sudah teramat berat. Saat dikelas, langsung saja ijin sebentar kepada guru untuk pergi ketoilet, wc atau juga ke kamar mandi. Basuh muka anda dengan air putih yang bersih. Sampai rasa kantuk anda agak mendingan dan menghilang. Kalau bisa, wudhu saja sekalian, agar si syaiton yang mengganggu anda pergi sejenak, sehingga anda menjadi melek dan semangat di saat belajar dikelas.

4. Meminta teman untuk membuat anda tidak ngantuk lagi

Di film mr.bean holiday. Mr.bean mencegah rasa kantuk dengan cara mencubit tangan sendiri, menampar muka sendiri, bahkan sampai membakar jari tangan nya sendiri. Tapi hal ini Cuma adegan di film komedi. Jadi jangan anda tiru apa yang dilakukan mr.bean tersebut.

Anda cukup meminta bantuan teman anda untuk menyadarkan anda sebelum anda mengalami gejala ngantuk berat. Buat kesapakatan dengan teman anda. Jika saya terkantuk-kantuk, cubitlah tangan saya, dan lain sebagainya. Intinya bagaimana caranya deh, agar tidak ngantuk lagi. Tapi masih dalam batasan yang wajar.

5. Memprotes guru agar mengajar lebih baik

Jika seorang guru mengajar dengan membosankan. Wajar banyak murid yang menjadi ngantuk dan tidak dapat menyerap apa-apa yang ia ajarkan. Maka dari itu, jika ada seorang guru yang selalu saja membuat ngantuk disaat ia mengajar anda dikelas. Langsung saja, diskusi dengan teman dan protes ke guru agar mengajar lebih baik lagi. Supaya sekolah anda tidak menjadi sia-sia begitu saja.

Ya, begitulah gan. Sedikit banyak cara untuk mengatasi, menghilangkan dan mengusir rasa kantuk anda saat belajar dikelas.

Pada intinya untuk mengatasi rasa ngantuk yang teramat berat. Obat yang paling ampuh dan nomer satu ya Cuma tidur :v. Jadi jika anda tidak ingin tertidur dikelas. Usahakan malamnya anda dapat beristirahat dengan cukup. Jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya. Te re tet tet . . begitulah.

Penyebab & cara menghilangkan rasa ngantuk ketika belajar di sekolah, di kelas (kuliah)
4/ 5
Oleh

Leave your comment