Friday, February 2, 2018

Sering merasa ngantuk di pagi hari ? ini dia penyebabnya . .

Saat di pagi hari anda sering merasa ngantuk ?. Padahal anda sudah cukup tidur dan merasa baik-baik saja. Namun, entah mengapa bawaannya selalu saja merasa ngantuk. Mau pergi sekolah, mau bekerja dan beraktivitas rasanya menjadi malas. Rasa kantuk datang begitu saja setiap harinya. Entah apa sebabnya, anda sendiri kebingungan karenanya.


Nah, mungkin saja hal tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit yang cukup serius. Atau mungkin juga, karena ada yang salah pada diri anda ?. Daripada anda makin bingung, langsung saja, berikut beberapa penyebab timbulnya rasa kantuk di pagi hari.

1. Terlalu lama tidur

Jika seseorang kurang tidur, sebut saja begadang. Tentu orang tersebut akan merasakan ngantuk di pagi harinya. Hal ini ternyata juga berlaku kepada orang yang terlalu banyak atau keseringan tidur. Hal yang demikian malah dapat membuat orang tersebut menjadi ngantuk terus setiap saat.

Alih-alih ingin menjadi sehat, jika anda keseringan tidur, yang ada malah kepala menjadi pusing. Badan menjadi lemas dan sakit, dan tentunya juga malah semakin menjadi ngantuk. Maka dari itu, paling tidak anda harus mendapat waktu tidur yang cukup. Setidaknya 6-8 jam sehari. Tergantung dari situasi dan kondisi.

2. Terganggunya siklus tidur

Jika anda terbiasa bangun jam 7 pagi setiap harinya. Dan anda ada acara penting di esok hari yang membutuhkan persiapan mulai dari jam 6 pagi. Pada malam harinya, anda tidur lebih awal dari biasanya. Maka, di saat anda terbangun di jam 6 pagi tersebut. Walaupun anda tidur lebih awal. Tetap saja anda akan merasa ngantuk. Hal tersebut terjadi karena otak anda masih belum terbiasa dengan perubahan siklus tidur secara mendadak.

3. Stres dan depresi

Seseorang yang memiliki banyak pikiran. Ia dilanda stres dan depresi yang hebat. Maka hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur orang tersebut. Sehingga nantinya, kualitas tidurnya menjadi buruk. Dan walhasil, ketika bangun tidur di pagi hari. Ia masih saja merasa ngantuk.

4. Pengaruh obat

Beberapa jenis obat, dapat menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan anda menjadi ngantuk. Jika anda sedang sakit dan memaksakan diri untuk beraktivitas di pagi hari. Misalnya sedang sakit flu. Lalu anda minum obat pereda flu, dan melanjutkan aktivitas sehari-hari anda. Hal tersebut sangat wajar jika nantinya anda akan merasa ngantuk.




5. Keseringan lucid dream

Lucid dream atau mimpi sadar dapat membuat kinerja otak menjadi berat. Kelihatannya saja orang yang bermimpi sadar tersebut tidur dengan pulas. Padahal sebenarnya otak bekerja ekstra untuk menjaga kesadaran. Pada akhirnya kualitas tidur pun menjadi buruk. Dan di pagi hari, seseorang yang berlucid dream tadi masih saja merasa ngantuk.

6. Kurang olahraga

Seseorang yang kurang bergerak atau kurang berolahraga juga dapat menyebabkan sistem metabolisme tubuhnya menjadi terganggu. Hal tersebut dapat membuat dirinya menjadi letoy, mudah menjadi lemas dan malas. Dan tentunya, orang yang jarang berolahraga akan sering diserang rasa kantuk ini. Termasuk di dalamnya rasa kantuk di pagi hari.

7. Terlalu banyak makan di pagi hari

Jika anda sarapan di pagi hari hingga kekenyangan. Apalagi jika anda banyak mengomsumsi makanan yang berprotein tinggi atau juga makanan yang bertepung. Sebut saja seperti makanan olahan dari hewan seperti daging, telur, susu. Dan dari tumbuhan, sebut saja seperti kacang-kacangan, bayam, nasi, roti, singkong dan lain sebagainya. Hal tersebut malah akan membuat anda menjadi ngantuk.

Karena, disaat anda kekenyangan setelah makan. Organ tubuh dan otak akan bekerja keras untuk mencerna makanan yang anda makan. Pada saat itu juga, otak melepaskan berbagai jenis hormon yang membuat anda menjadi merasa ngantuk.

8. Penyakit

Banyak penyakit yang dapat membuat seseorang menjadi sering merasa ngantuk. Termasuk di dalamnya mengantuk di pagi hari. Sebut saja seperti penyakit anemia (kekurangan sel darah merah), dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), diabetes, sleep apnea (gangguan pernafasan disaat tidur), cacingan, insomnia, sakit jantung, depresi serta berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan siklus peredaran darah dan pernafasan.

Dan tentunya ngantuk di pagi hari ini bukan hanya tanda atau gejala dari penyakit yang tersebut diatas saja. Akan tetapi, masih banyak jenis penyakit yang lainnya. Yang memiliki gejala yang hampir sama dengan apa yang tersebut diatas.

- Penutup

Jika anda tidak mengalami berbagai sebab pada poin 1 – 7. Dan anda masih saja merasa ngantuk di pagi hari. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Takutnya, anda malah terkena penyakit seperti yang tersebut diatas.

Namun, jika anda adalah seorang ibu yang sedang hamil. Wajar saja jika anda merasa sering mengantuk. Karena di dalam proses kehamilan, Banyak tenaga atau energi yang dikeluarkan. Misalnya untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim, perubahan struktur tubuh seorang ibu yang mengandung, dan lain sebagainya.

Ya, cukup sekian dulu. Begitulah beberapa penyebab yang menyebabkan rasa kantuk, atau mengantuknya anda di pagi hari. Serta beberapa jenis penyakit yang ditandai atau memiliki gejala ngantuk di pagi hari. Semoga bermanfaat . .

Sering merasa ngantuk di pagi hari ? ini dia penyebabnya . .
4/ 5
Oleh

Leave your comment