Friday, March 23, 2018

8 Penyebab akun facebook terkunci dan dimintai foto selfie serta id / tanda pengenal (ktp)

Akhir-akhir ini, entah mengapa situs jejaring sosial facebook sangatlah sensitif. Hanya karena saya login dari perangkat yang berbeda dari biasanya. Misalnya saja login dari hp java, kemudian login dari laptop. Atau juga login dari hp android kemudian logout, dan login di komputer. Atau juga login dari opera mini, kemudian logout dan login dari uc browser.

Langsung saja akun fb saya dinonaktifkan / dikunci. Mau login tidak bisa. Malah saya disuruh upload photo selfie. Yang paling parah malah di blokir atau di banned, dan diminta untuk upload id / tanda pengenal untuk verifikasi pemulihan akun. Tanda pengenal atau identitas pengenal yang dimaksud, Misalnya saja seperti ktp, dan juga sim.

Nah sebenarnya kenapa kok facebook ini sering kali terlalu sensitif dan mudah membaned orang ?. Jawabannya sebenarnya sangatlah simpel.

1. Ada aktifitas mencurigakan di akun anda

2. Sistem facebook mendeteksi adanya akun palsu / samaran

Nah. Kedua penyebab diatas adalah Penyebab utama dari penonaktifan / terbannednya akun facebook anda. Namun terkadang algoritma bot atau sistem fb terlalu sensitif. Sehingga, walaupun akun asli sekalipun, kena tebas juga sama facebook.



Selanjutnya, langsung saja. Berikut Berbagai penyebab penonaktifan / terbannednya akun facebook seseorang :

1. Adanya aktivitas yang mencurigakan

Jika ada seseorang yang meretas akun fb anda. Maka sistem facebook langsung otomatis membuat berbagai langkah pencegahan. Misalnya saja seperti penonaktifan akun, dan sebagainya.

Jika anda login dari perangkat yang berbeda dan tidak seperti biasanya. Atau anda login dengan ip yang mencurigakan. Misalnya jika anda login dengan menggunakan vpn. Login bebarengan di dua device atau browser yang berbeda. Maka secara otomatis akun fb anda akan di depak / dikunci ma facebook.

2. Akun fb di report / di laporkan orang

Kasus ini menurut saya merupakan kasus yang paling umum terjadi. Jika anda ngebait di facebook, menghina orang di fb, berbuat berbagai tindakan yang tidak menyenangkan di efbe. Maka sudah pasti akan ada banyak orang yang mereport atau melaporkan akun facebook anda. Dan pada akhirnya kebaned deh.

3. Nama akun fb terlalu tidak umum / alay

Nama akun fb yang tidak umum, nama akun fb yang alay dan lebay. Nama yang terlalu panjang, nama artis, nama aneh, nama dengan karakter huruf yang aneh. Nama dengan gabungan angka dan huruf, akun hantu, dll.

Hal ini otomatis akan terdeteksi akun palsu atau samaran oleh sistem facebook. Sehingga nantinya akun fb anda terancam di banned.

4. Terlalu banyak add teman / gabung ke grup dalam waktu singkat

Jika anda terlalu banyak add teman atau gabung ke grup. Maka facebook otomatis mendeteksi akun fb anda sebagai robot. Sehingga akun fb anda langsung terlogout, dan di nonaktifkan.

5. Terlalu banyak komen dalam waktu singkat

Sama seperti yang tersebut diatas. Jika anda terlalu banyak komen di fb, komen di berbagai grup fb. Apalagi anda menggunakan bot auto comment. Maka sudah jelas akun anda dicurigai sebagai bot. Dan langsung di nonaktifkan oleh sistem facebook.

6. Terlalu banyak like dalam waktu singkat

Sudah tidak usah ditanya lagi. Jika anda kebanyakan ngelike atau ngereact dalam waktu singkat. Apalagi sering memakai autolike fb. Maka jangan heran jika akun fb anda akan segera di nonaktifkan.

7. Spam / nyebar link aktif sembarangan

Akhir-akhir ini algoritma sistem spam di facebook sangatlah sensitif. Jika anda iseng nyebar link secara sembarangan. Anda nyebar alamat situs secara berkala. Jangan heran nantinya jika akun fb anda akan di banned. Hal ini berkaku, Walaupun anda hanya share 1-2 link saja.

8. Tidak ada photo profil berwajah manusia asli di akun facebook

Nah, yang satu ini berlaku pada akun baru di facebook. Jika photo profile fb anda bukanlah berwajah manusia asli. Melainkan cuma gambar 2d, anime, kartun, dll. Maka jangan heran jika nantinya akun fb anda akan terlogout otomatis. Dan anda akan dimintai foto selfie oleh pihak facebook.

Sebenarnya mungkin masih banyak penyebab terkuncinya / ternonaktifkannya / terblokirnya akun facebook anda. Namun 8 penyebab diataslah yang pada umumnya menjadi penyebab utama terbannednya akun fb seseorang. Apalagi sampai dimintai foto selfie dan id / tanda pengenal resmi. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

8 Penyebab akun facebook terkunci dan dimintai foto selfie serta id / tanda pengenal (ktp)
4/ 5
Oleh

Leave your comment