Friday, March 9, 2018

Apa itu arti hiatus dalam anime, manga, kpop, film, dll ?

Apa itu hiatus ?. Apakah hiatus ini masih sejenis dengan habbatus sauda ?. Tentu jawabannya tidaklah demikian. Mungkin anda pernah mendengar istilah hiatus ini di internet, forum ataupun di sosial media yang ada. Khususnya bagi anda para wibu, otaku dan kpopers. Pastilah anda sudah tidak asing lagi dengan kata hiatus ini.




Nah jadi pertanyaannya, apa pengertian hiatus itu ?. Langsung saja, berikut penjelasannya.

- Apa itu hiatus ?

Pengertian hiatus, atau arti darikata hiatus ini tentu saja tidak ada di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Karena memang kata hiatus ini asalnya bukan dari bahasa indonesia.

Di dalam bahasa inggris sendiri, kata hiatus memiliki makna atau arti "a pause or gap in a sequence, series, or process". Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, kurang lebih kata hiatus memiliki arti "jeda atau celah dalam urutan, rangkaian, atau proses".

Yap, dari penjelasan diatas sudah dapat disimpulkan. Jadi maksud dari kata hiatus ini adalah rehat, jeda atau berhenti sejenak.

Secara mudahnya, entah itu anime, film, lagu, manga atau kegiatan lainnya yang dilakukan secara rutin. Untuk sementara waktu dihentikan, libur sejenak sampai batas waktu yang ditentukan atau juga tidak diketahui waktunya.

Jadi jika ada anime atau manga sedang hiatus. Berarti seri anime atau manga yang hiatus tersebut tidak akan tayang, atau tidak akan rilis episode / chapter terbaru. Karena pihak terkait memutuskan untuk jeda atau rehat sejenak. Sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Begitu juga dengan grup band, girl band, boy band, idol musik, penyanyi, dll. Jika para artis atau musisi tersebut memutuskan untuk hiatus. Berarti para penyanyi tersebut. Untuk beberapa waktu tidak akan tampil menyanyi atau merilis lagu yang baru.

- Berapa lama waktu hiatus ?

Untuk waktu hiatus sendiri tergantung dari kemauan dan kemampuan berbagai pihak yang terkait. Bisa jadi ada seseorang yang hiatus cuma 1 minggu saja, atau mungkin bahkan bisa bertahun-tahun lamanya. Mereka tidak aktif dalam aktivitas atau rutinitas kerjanya. Dalam kurun waktu yang sulit ditebak atau di tentukan.

Jadi semuanya kembali kepada kemauan dan kemampuan si pihak yang terkait tadi.

- Blog hiatus

Kabar duka untuk saya sendiri :'v . Laptop jadul kesayangan admin, kemarin siang sudah wafat. Jadi admin atau penulis blog ini, untuk sementara waktu akan hiatus. Dikarenakan tidak ada perangkat yang mendukung untuk menulis dan mengedit berbagai postingan yang ada.

Begitupula untuk komentar yang ada di blog ini. Mungkin admin tidak dapat mengacc dan membalas komentar yang ada.

Tulisan ini saja admin tulis dan terbitkan dari hp java jadul punya admin. Jadi ya bye2 aja deh. Sampai jumpa lagi . . :'(

Apa itu arti hiatus dalam anime, manga, kpop, film, dll ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment