Tuesday, March 6, 2018

Cara mengaktifkan adobe flash Player di browser google chrome (laptop / komputer / android)

Terkadang entah mengapa di saat kita sedang asik browsingan dan internetan dengan menggunakan browser google chrome. Terutama disaat ingin menonton sebuah video, memainkan game online / game browser, menjalankan aplikasi online, dan sebagainya. Eh ternyata fitur flash di browser tersebut sama sekali tidak dapat dijalankan. Padahal kita sudah menginstal software atau aplikasi adobe flash di laptop atau komputer kita.


Situs yang kita kunjungi tersebut, malah menyuruh kita untuk mendownload dan menginstal adobe flash. Kan kalau begini tambah bingung jadinya. Dah diinstall kok ya masih disuruh download adobe flash lagi. Ni browser error kali ya ?. Begitulah sedikit banyak pertanyaan yang pernah terlintas di benak kita semua.

Hal yang tersebut tentunya tidaklah seperti demikian. Google chrome tidak dapat menjalankan aplikasi online yang berbasis flash. Dikarenakan, pada settingan di google chrome itu sendiri. Pada submenu aplikasi flash, pengaturan untuk menjalankan aplikasi tersebut masih belum dihidupkan / dinyalakan.



Untuk menghidupkan atau menyalakan flash player. Agar fitur flash dapat dijalankan di google chrome anda. Anda dapat langsung mengetikkan perintah dibawah ini pada address bar browser chrome kalian.

chrome://settings/content/flash

Kemudian langsung saja tekan enter. Setelah itu, pada menu settingan yang ada. Langsung saja klik pada tombol on-off di samping kanan tulisan Block sites from running flash. Sampai tombol tersebut menyala atau berwarna biru.

Langkah selanjutnya, langsung masuk ke situs yang membutuhkan aplikasi adobe flash player tersebut. Dan kemudian reload situs tersebut. Dan tara, aplikasi atau game online berbasis browser pun dapat dijalankan denga lancar.

Nah. Dengan sedikit perintah yang tersebut diatas. Maka file flash atau berbagai aplikasi online yang membutuhkan flash player. Akan dapat segera dijalankan di browser google chrome anda.

Jika cara tersebut masih saja belum dapat menjalankan aplikasi flash di suatu situs. Langsung tambahkan saja, nama alamat situs pada menu bagian allow dibawah sendiri. Dengan demikian, aplikasi flash pada situs tersebutpun dapat dijalankan dengan lancar.

Cara mengaktifkan adobe flash Player di browser google chrome (laptop / komputer / android)

Klik untuk memperbesar gambar

Jika anda masih bingung dengan sedikit penjelasan diatas. Berikut tata urutan atau langkah-langkah dan cara untuk mengaktifkan adobe flash player di browser google chrome anda :

1. Periksa terlebih dahulu, apakah anda sudah menginstal aplikasi adobe flash player ?.
2. Jika flash player anda masih jadul, dan muncul peringatan “adobe flash player is out of date”. Berarti anda diharuskan untuk mengupdate software adobe flash yang ada.
3. Jika sudah lengkap semua, langsung saja menuju settingan pada google chrome, tepatnya pada bagian flash.
4. Untuk mudahnya ketik alamat ini di address bar google chrome anda => chrome://settings/content/flash
5. Lalu tekan tekan enter.
6. Hidupkan tombol on-off di bagian settingan pengaturan flash.
7. Tambahkan situs yang diijinkan untuk menjalankan aplikasi flash.
8. Reload situs.
9. Dan berbagai aplikasi / game berbasis flash pun dapat segera dijalankan dengan lancar.

Pada intinya sangat mudah untuk menghidupkan flash player pada browser google chrome di komputer / laptop anda. Untuk browser google chrome di android, juga sama saja tata caranya. Pada intinya Cuma menghidupkan settingan atau pengaturan flashnya saja. Namun tentunya tata letak settingannya saja yang agak sedikit berbeda.

Begitupula di berbagai jenis browser yang ada (mozilla firefox, netscape, safari, opera, dll). Semuanya hanya terletak pada penginstallan adobe flash dan settingannya saja. Tinggal oprek-oprek sendiri pasti bisa kok. Semoga berhasil . .

Cara mengaktifkan adobe flash Player di browser google chrome (laptop / komputer / android)
4/ 5
Oleh

Leave your comment