Saturday, March 24, 2018

Cara mengatasi agar kuota / paket internet tidak cepat habis

Terkadang tanpa kita sadari, entah mengapa kuota data atau paket internet yang kita punya, cepat sekali habisnya. Padahal kita jarang sekali browsing, streaming, download, apalagi main game online.

Hal ini pada umumnya terjadi pada setiap orang yang baru mengenal yang namanya hp android. Sedangkan bagi para pengguna komputer dan laptop sangat jarang sekali terjadi.

Entah apapun tipe simcard / kartu sim anda. Baik itu berasal dari provider Telkomsel seperti kartu simpati loop dengan paketan flash andalannya. Atau mungkin juga bagi pengguna kartu xl dan axis. Atau juga pengguna simcard indosat ooredoo dan 3 (tri/three). Dan lain sebagainya.

Begitu juga bagi pengguna hp / smartphone berbagai merek. Entah itu hp keluaran xiaomi, samsung, asus, sony, lenovo, evercoss, andromax, dan sebagainya. Asalkan penggunanya masih nubi, masih pemula. Pasti sedikit banyak mereka pernah merasakan yang namanya boros atau kehabisan kuota internet. Walaupun mereka sama sekali tidak memakainya untuk browsing, dan internetan.



Nah, hal ini tentunya diakibatkan oleh banyak faktor / penyebab. Diantaranya adalah seperti yang tersebut di bawah ini.

- Faktor penyebab cepat habisnya kuota data / paketan internet :

1. Tidak mematikan koneksi internet di saat tidak berinternetan.

2. Selalu saja ngesosmed atau chattingan melalui app / aplikasi.

3. Selalu browsing melalui browser HD.

4. Banyaknya aplikasi yang otomatis terkoneksi / update melalui jaringan internet.

5. Tidak mematikan layanan / fitur sinkronisasi.

Nah kurang lebih begitula penyebab dari borosnya pemakaian kuota internet anda.

Untuk mengatasi borosnya pemakaian kuota internet. Sebaiknya anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

- Cara mengatasi agar kuota atau paket internet tidak cepat habis

1. Matikan jaringan internet jika tidak diperlukan

Jika anda tidak sedang berinternetan. Atau melakukan segala aktivitas yang membutuhkan koneksi internet. Seperti main game online, browsing, dll. Langsung saja matikan koneksi internet anda. Agar berbagai aplikasi dibelakang layar yang membutuhkan update dan sinkronisasi ke internet. Tidak diam-diam menyedot kuota internet anda.

Paling gampangnya sih. Jika anda tidak berinternetan. Hidupkan saja mode terbang pada hp android anda.

Atau juga jika anda sedang tidur, segera saja matikan hp, gadget dan smartphone anda.

2. Gunakan browser lite ketika sedang berinternetan

Browser yang mensupport segala fitur website atau situs secara penuh. Atau bisa juga dibilang sebagai browser HD, yang sedikit sekali mengkompres data yang ditampilkan dari situs. Sehingga berbagai gambar, script dan plugin dapat ditampilkan secara penuh dan maksimal. Hal ini dapat membuat kuota internet anda menjadi jebol dan boros.

Jadi pakailah browser yang lite atau mini browser yang dapat mengompress penggunaan data dari internet secara maksimal. Sebagai contonhnya seperti opera mini dan uc mini. Yang menyediakan layanan browsing cepat dan fitur pengompresan kualitas gambar (gambar mikro, rendah, tinggi atau tanpa gambar).

3. Nonaktifkan berbagai aplikasi yang membutuhkan sinkronisasi melalui internet

Berbagai aplikasi chat dan sosmed, seperti facebook, wa, twitter, line, dll. Dan juga berbagai Aplikasi yang membutuhkan update otomatis maupun sinkronisasi. Misalnya seperti berbagai app game online, play store, layanan google, maps, gps, dan sebagainya.

Beberapa aplikasi yang tersebut diatas membutuhkan sinkronisasi atau update secara otomatis melalui jaringan internet. Jadi jika anda tidak mematikan koneksi internet anda. Atau tidak membatasi dan menonaktifkan berbagai app seperti yang tersebut diatas. Maka jangan heran jika nantinya kuota internet bahkan pulsa anda tersedot habis.

4. Ngesosmed dan streaming melalui app / software browser

Seperti yang tersebut di poin ke 3 diatas. Banyak app chat yang dapat membuat paketan atau kuota internet anda menjadi jebol.

Untuk menghindarinya, sebaiknya anda chattingan atau ngesosmed melalui browser saja. Atau paling tidak ya pakai browser lite. Agar segala jenis data (gambar, video, dll) yang ditampilkan pada gadget anda dapat terkompres. Sehingga kuota internet pun akan menjadi lebih irit dan hemat.

5. Gunakan jaringan wifi / hotspot gratisan

Dengan menggunakan jaringan wifi gratisan. Maka anda tidak perlu lagi khawatir dengan yang namanya kehabisan kuota internet / data. Dan juga tersedotnya pulsa anda.

Jadi dengan demikian anda dapat dengan bebas untuk streaming youtube, download, main game online, ngesosmed, chattingan, dll, sepuasnya. Tanpa perlu memikirkan habisnya paketan atau kuota internet anda.

6. Gunakan jaringan 2G / Edge

Mungkin anda dahulu pernah memakai hp java ?. Cuma bermodalkan kuota 50MB saja, sudah dapat digunakan untuk berinternetan selama berminggu-minggu :v.

Nah hal ini juga dapat diaplikasikan ke hp android. Ubah pengaturan jaringan internet anda, dari yang tadinya 3G, HSDPA atau juga 4G dan LTe. Menjadi ke jaringan 2G / GPRS / EDGE. Dengan ini diharapkan pengeluaran kuota internet anda menjadi lebih hemat.

Namun untuk masalah kecepatan internet. Tentu saja seperti keong atau siput. Lelet gan :v awokwkwk. Maka dari itu, disaat anda browsing dengan jaringan 2G. Cobalah untuk berinternetan melalui browser yang ada di hp java dulu. Yakni opera mini 4.0-8, melalui bantuan emulator.

7. Pinjam hp atau simcard yang banyak kuotanya

Jika anda sedang kismin, lagi bokek, sedang dilanda kanker (kantong kering). Anda sama sekali tidak mampu untuk membeli pulsa dan paketan internet. Langsung saja pinjam hp atau simcard orang terdekat anda. Misalnya minjam ke teman, sahabat, ortu, adik, kakak, om, tante, kakek, nenek, sepupu, keluarga dekat, tetangga, dan sebagainya. Kemudian andapun dapat berinternetan ria sepuasnya.

Ya, cukup sekian saja. Begitulah kiranya cara agar kuota data / paket internet tidak cepat habis. Semoga bermanfaat . .

Cara mengatasi agar kuota / paket internet tidak cepat habis
4/ 5
Oleh

Leave your comment