Wednesday, March 14, 2018

Efek buruk / Dampak negatif dari bermain game online (video games)

Banyak manfaat positif yang didapatkan dari bermain video games. Namun, apabila seseorang sudah terlalu sering bermain game. Setiap hari banyak waktu yang terbuang untuk ngegame. Sampai-sampai seseorang tersebut kecanduan dengan game. Bahkan sampai mempunyai prinsip hidup "No game, No life". Maka bukannya manfaat / kebaikan yang didapat dari bermain game. Yang ada malah menambah masalah baru bagi orang tersebut.

Di dewasa ini, banyak sekali orang-orang yang memainkan video games. Entah itu anak-anak, remaja, pemuda, orang tua, dari semua kalangan dan usia. Sudah banyak sekali diantara mereka yang tidak dapat terlepas dari yang namanya belenggu game.

Apalagi di zaman yang serba canggih ini. Dimana game online sudah menjamur di semua gadget (smartphone), konsol dan perangkat komputer yang ada. Hal ini malah membuat banyak orang semakin menjadi lengket dengan berbagai game yang ia mainkan.

Nah, dari berbagai game dan game online yang mereka mainkan. Apapun genrenya, entah itu game RPG, MMORPG, RTS, MOBA, Simulasi, Sandbox, FPS, Strategi, kartu, puzzle, dll. Jika mereka para gamer sudah kecanduan dengannya. Tentunya hal ini dapat membuat banyak dampak buruk atau negatif yang dihasilkan dari aktivitas gaming tersebut.



Nah, selengkapnya berikut Kerugian, Efek buruk atau dampak negatif yang dihasilkan dari bermain game / game online :

1. Menjadi malas melakukan sesuatu

Sudah tidak dipungkiri lagi. Jika seseorang sudah keasikan bermain game. Maka ia pasti akan malas melakukan hal selain ngegame.

Jika diganggu di saat ngegame. Pasti mereka para gamer akan langsung marah-marah ngak jelas. Anak-anak juga akan menjadi malas dan enggan jika disuruh oleh orang tuanya. Mereka malas untuk belajar. Yang ada di dalam pikiran mereka cuma ngegame saja.

Begitupula dengan orang dewasa. Jika mereka sudah kecanduan dengan yang namanya game. Mereka akan menjadi malas untuk berusaha dan bekerja. Mereka lebih memilih untuk bermain game daripada bekerja. Karena meraka merasa bekerja adalah hal yang membosankan.

2. Terganggunya kesehatan fisik dan mental

Mungkin anda pernah mendengar sebuah berita yang mengabarkan seseorang yang meninggal karena nongkrong terlalu lama di saat ngegame. Ya, begitulah saya rasa dampak terburuk dari kecanduan game ini.

Bukannya stres dan rasa lelah menghilang dari kegiatan bermain game. Yang ada malah nyawa mereka yang menghilang. Hal ini tentunya terjadi karena mereka para gamer sudah keterlaluan di dalam menjalankan aktivitas hobinya.

Gangguan kesehatan yang biasanya ditimbulkan dari aktivitas ngegame ini sebut saja seperti :

- Pusing
- Kerusakan penglihatan (mata minus)
- Insomnia
- Sakit maag
- Gangguan pencernaan
- Gangguan metabolisme tubuh
- Sakit jantung
- Stress
- Depresi
- Dll

3. Membuang-buang uang / harta benda

Tidak usah ditanya lagi. Aktivitas ngegame, apalagi game online. Pastilah membutuhkan banyak dana atau uang yang digunakan untuk ngegame.


Misalnya saja seperti biaya sewa ngegame di warnet. Biaya pembelian game dan item yang ada di dalam game. Biaya pembelian konsol dan perangkat komputer khusus game (Pc gaming). Pastilah sangat banyak menguras kantong kebanyakan orang.

4. Membuang-buang banyak kesempatan emas di dalam hidup

Jika orang sudah keasikan di dalam bermain game. Maka akan ada banyak kesempatan berharga di dalam hidup mereka yang terbuang sia-sia. Misalnya saja seperti pekerjaan, keluarga, teman dan bermasyarakat. Semuanya dapat terabaikan karena adanya game ini. Sehingga sering kita temui banyak diantara mereka para gamer yang jones.

5. Rusaknya moral

Tidak usah dijelaskan terlalu panjang lebar. Karena pada dasarnya diluar sana, khususnya bagi para gamer atau anak warnet. Jika mereka kalah disaat bermain game online. Pastilah segala jenis kata kotor, dan caci-makian akan terlontar dengan lancarnya dari mulut mereka. Sehingga, para gamer newbie, para bocah warnet yang baru kenal dengan game. Akan terpengaruh dan ikut-ikutan berkata-kata kotor seperti para seniornya.

6. Merugikan diri sendiri dan orang lain

Jika karena ngegame anda menjadi jatuh sakit, jatuh miskin, bokek, pengangguran, menjadi malas, menjadi rapuh dan rentah. Siapa yang dirugikan ?. Pastilah diri anda sendiri, orang tua, keluarga, dan orang terdekat anda akan menjadi repot dan resah karena segala apa yang anda kerjakan.

Ya begitulah gan, dampak negatif dari keseringan ngegame. Saran saya sih ngegame boleh saja. Asal masih dalam tahapan yang wajar saja.

Jadikan game sebagai sarana hiburan. Bukannya malah anda sendiri yang diperbudak oleh game. Masak iya main game malah jadi tambah stres dan mumet ?. Kan lucu jadinya. . . Situ mau ngegame apa malah diperbudak game ?.

Efek buruk / Dampak negatif dari bermain game online (video games)
4/ 5
Oleh

Leave your comment