Monday, March 26, 2018

Kenapa kuota internet cepat habis padahal tidak dipakai ?

Mungkin anda pernah mengalami yang namanya kehabisan kuota data atau paketan internet ?. Parahnya lagi bukan hanya paketan internetnya saja yang ludes tak bersisa. Namun juga pulsa habis tersedot, menghilang entah kemana. Padahal anda sama sekali tidak / jarang sekali berinternetan. Entah itu sekedar browsing, chattingan, ngesosmed, apalagi ngedownload dan streaming.

Anehnya, walaupun kuota data atau paketan internet tidak dipakai. Eh, beberapa waktu kemudian sisa kuota dan pulsa tinggal 0. Habis tak bersisa.

Kasus yang demikian bukan hanya dialami oleh anda sendiri saja. Karena diluar sana, banyak kasus yang sama, dan dialami oleh banyak orang di indonesia.

Hal ini biasanya dialami oleh orang-orang yang baru mengenal yang namanya hp / smartphone android. Karena kejadian kehabisan kuota internet ini, sangat jarang terjadi bagi pengguna pc, komputer, atau laptop dan sebagainya.



Entah apapun kartu provider yang anda pakai. Baik itu telkomsel (simpati loop), xl, axis, 3, indosat ooredoo, dan sebagainya. Dan apapun merk hp android yang anda pakai. Misalnya seperti xiaomi, samsung, sony, asus, lenovo, dan sebagainya. Asalkan anda ceroboh di dalam menggunakan hp android. Pastilah anda akan mengalami yang namanya kehabisan kuota internet.

Nah, langsung saja berikut Beberapa penyebab habisnya atau hilangnya paketan data internet anda, walaupun sama sekali tidak dipakai untuk internetan :

1. Adanya aplikasi yang otomatis terkoneksi ke jaringan internet

Aplikasi, game, software di android. Ada yang pengaturannya otomatis update dan terkoneksi ke internet. Sehingga aplikasi yang bertipe seperti ini. Selalu saja terconnect ke jaringan internet. Parahnya, jika ada updetan terbaru. Ada saja beberapa aplikasi yang langsung mengupdate, dan mendownload data dari internet. Hal inilah yang menyebabkan terkuras habisnya kuota internet anda.

2. Adanya proses sinkronisasi yang sedang berjalan

Jika anda tidak mematikan jaringan internet di saat anda tidak sedang berinternetan. Semua aplikasi yang membutuhkan update dan sinkronisasi otomatis. Sebut saja seperti pembaruan google play, akun google, app chat dan sosmed. Misalnya seperti wa, fb, twitter, line, ig, dll. Kesemua aplikasi tersebut otomatis mengupdate data atau pemberitahuan yang terbaru pada app yang telah anda install.

Hal yang demikian itulah yang membuat, kuota internet anda terbuang percuma. Walaupun anda tidak sedang berinternetan.

3. Tidak sengaja mengaktifkan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet

Mungkin di waktu anda mau tidur. Anda tidak sengaja memencet aplikasi di gadget atau hp anda. Kebetulan aplikasi tersebut sedang ada update besar-besaran. Misalnya update data game online.

Maka diwaktu bangun tidurpun anda akan kebingungan. Karena hp anda sudah mati karena baterainya drop. Dan ketika dinyalakan, dan anda ngecek kuota. Ternyata kuota internet anda tinggal sedikit, atau yang terparah malah habis tak bersisa.

4. Aktifnya layanan gps dan map di hp android

Aplikasi Gps dan map yang ada di hp android. Membutuhkan koneksi internet untuk mendownload dan menampilkan data terbaru seputar peta atau lokasi anda sekarang.

Jadi jangan heran jika kuota internet anda terus berkurang. Padahal anda sama sekali tidak berinternetan.

5. Ada masalah di jaringan / operator seluler

Terkadang jika provider atau operator seluler sedang ada masalah atau perbaikan. Maka disaat mengecek sisa kuota internet atau sisa pulsa, seringkali mengalami error. Sehingga terkadang pulsa dan kuota internet nampak habis tak bersisa.

Namun, setelah beberapa saat. Anda mengecek sisa kuota dan pulsa kembali. Maka jumlah pulsa atau kuota internet masih banyak dan normal seperti biasanya.

Ya, begitulah kiranya beberapa Penyebab dari habisnya kuota internet, walaupun tidak dipakai.

Nah, untuk di komputer atau laptop. Jika anda tidak sedang browsing atau beraktivitas yang membutuhkan koneksi internet lainnya. Namun. Kuota internet anda kok bisa tersedot begitu saja. Patut dicurigai jika komputer / laptop anda.

1. Terserang virus / malware.

2. Ada aplikasi yang update otomatis.

3. Windows sedang update data.

Ya, cukup sekian saja. Semoga bermanfaat. .

Kenapa kuota internet cepat habis padahal tidak dipakai ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment