Saturday, June 30, 2018

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?

Bocah no life, anak nolep, remaja nolife, orang nolep. Ya begitulah berbagai istilah yang sedang tenar dan ngetren di sosial media. Khususnya diberbagai forum, grup dan komunitas anak-anak wibu, vvibu dan otaku. Mereka seringkali membahas mengenai anak no life dan kehidupannya.

arti nolife, anak nolife, bocah nolep, no laifu

Nah, sebenarnya apasih nolife itu ?. Apakah no life ini masih sejenis dengan undead atau mayat hidup yang biasanya muncul di game-game horror dan rpg ?. Apa no life ini merupakan makluk yang pandai dalam ilmu necromancer ?. Tentunya jawabannya tidaklah seperti demikian.

A. Pengertian no life

No life sendiri terdiri dari dua kata yang terdapat di dalam bahasa inggris. Kata tersebut yakni "No" dan juga kata "life". Kata no sendiri didalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai "tidak", dan kata life dapat diartikan sebagai "hidup / kehidupan". Jadi kedua kata tersebut, secara bahasa, secara kasar dapat diartikan sebagai "Tidak hidup" atau lebih mudahnya "Tidak memiliki kehidupan". Nah, dari arti kata nolife saja kita sudah mengetahui secara kasar mengenai definisi kata nolife yang sebenarnya.



Nolep, nolife, no life, no laifu merupakan sebuah istilah yang diperuntukkan untuk menyebut seseorang. Baik itu remaja, orang dewasa, orang tua segala usia yang tidak memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan, dan juga tidak banyak aktif didalam interaksi atau kegiatan bersosial. Mereka orang-orang yang nolife lebih suka beraktivitas didalam rumahnya dan cenderung menghindari interaksi sosial.

B. Ciri-ciri anak no life

Ya secara kasat mata anak nolife sangat terlihat jelas. Mereka adalah orang-orang yang cenderung berperilaku seperti seorang hikikomori dan NEET. Mereka lebih cenderung banyak beraktivitas di dalam rumah daripada ikut aktif bermain dengan teman diluar rumahnya (interaksi sosial).

# Ciri-ciri anak nolep / nolife :

- Ngerem atau lebih senang dirumah / kos-kosan.

- Otaku game / anime (seharian cuma ngegame / nonton anime).

- Lebih aktif di dunia maya daripada di dunia nyata (online terus).

- Jarang berinteraksi sosial, saking lamanya bahkan sampai lupa dengan nama teman dan tetangga.

- Terkadang penampilan mereka acak-acakan, jarang mandi, dan tentunya suka begadang.

- Tidak begitu memperdulikan penampilan.

- Egois, labil, dan kadang malah terkena phobia sosial.

- Urusan lainnya bodo amat, yang penting ngapain aja tetap di rumah, rumahku surgaku, kamarku waifuku, home sweet home lah pokoknya ๐Ÿคฃ.

- Dan masih banyak yang lainnya.


C. Penyebab seseorang menjadi nolife

Tentunya seseorang tidak ujug-ujug jadi nolife begitu saja. Pastinya ada saja pemicu yang dapat membuat seseorang menjadi nolife. Ada diantaranya yang menjadi nolife karena pernah mengalami pengalaman yang pahit. Sebut saja misalnya seperti anak broken home, anak korban bullying, anak korban kacang ๐Ÿ˜ญ (selalu dikacangin), orang yang minder / kurang percaya diri, orang yang kecewa dan tersakiti, orang yang mengalami peristiwa traumatis, anak yang sering pindah-pindah lingkungan (misal sering pindah rumah & sekolah), dan masih banyak yang lainnya.

Ada juga seseorang yang menjadi nolife karena terpengaruh oleh lingkungan. Baik itu pergaulan / interaksi secara langsung, misalnya dari pengaruh teman sepermainan atau teman sekolah. Atau juga karena terkena pengaruh lingkungan luar / secara tidak langsung. Misalnya karena pengaruh tontonan dan juga pergaulan di dunia maya. Contoh mudahnya misalnya seperti anak-anak otaku game dan anime, wibu psikolog dan bau bawang, bocah gamer, dan sebangsanya.

Selain karena kedua penyebab yang tersebut diatas. Kebiasaan dan terlalu memanjakan diri, khususnya bagi mereka yang introvert. Terkadang malah membuat mereka kebablasan menjadi orang yang nolife. Alih-alih ingin menikmati waktu sendirian / me time. Yang ada malah jadi keterusan asik sendiri dan lama kelamaan menjadi phobia sosial. Jadilah kemudian terlahir orang-orang no life.

Pada intinya, seseorang menjadi nolife karena :

1. Pengalaman buruk / traumatis
2. Pengaruh lingkungan
3. Kebiasaan buruk (Terlalu memanjakan diri, malas, dsg)

D. Antara nolife, Introvert, NEET dan Hikikomori

Tidak usah dijelaskan secara panjang lebar. Pada intinya NEET sama saja dengan pemuda yang malas dan pengangguran. Introvert merupakan jenis atau tipe kepribadian manusia, jadi introvert bukanlah sebuah penyakit. Dan Nolife 11-12 dengan hikikomori. Simpel gan, capek nulis ane. Cukup sekian dan semoga bermanfaat. ( Baca juga : Ini dia 9 Jenis orang nolife / nolep, Termasuk tipe anak no life yang manakah kamu ? )

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?
4/ 5
Oleh

79 comments

July 9, 2018 at 7:31 AM delete

๐Ÿคฃ, ane juga nolife gan. Makanya bisa tahu ma pengertian, ciri n penyebab jadi anak nolep. ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
July 14, 2018 at 8:46 PM delete

w nolep udah lama nih min.
entah knp males bgt main d luar rumah
ga ada solusi gitu ?

Reply
avatar
July 15, 2018 at 7:56 AM delete

Turut berduka ane gan ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
July 15, 2018 at 8:00 AM delete

Semuanya berasal dari dalam hati gan ๐Ÿ˜’. Ane juga nolep, dah lama malahan. Ntahlah, mungkin dah nasib ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ญ.

Reply
avatar
July 15, 2018 at 2:37 PM delete

kalo gabisa bergaul males keluar rumah termasuk nolep kah '-

Reply
avatar
July 16, 2018 at 6:04 AM delete

Kuper, diem trus di rumah = nolep juga ๐Ÿคฃ

Reply
avatar
July 18, 2018 at 4:40 PM delete

Makasih min penjelasannya, awalnya gw binung byk postingan tntg "nolep" trnyata itu plesetan dri no life ya...
Dan gw jg ngerasa itu "lebih nyaman di kesepeian dri pd di keramaian"

Mampir min ke blog ane yg jarang update Nrechel.com

Reply
avatar
July 19, 2018 at 9:47 AM delete

Ya, setidaknya main2 keluar lah gan. Kalau di rumah trus ntar jadi bahan omongan tetangga ๐Ÿ˜ญ. N lama-lama juga bisa kena phobia sosial, kalau keterusan bersemedi di rumah.

Reply
avatar
Anonymous
July 19, 2018 at 9:49 AM delete

Gw juga nolep gan:')

Reply
avatar
July 24, 2018 at 8:18 PM delete

Gw jg nolep.. lama bgt sejak sd smp skrg.. udh punya ank.. msih males bgt kluar2 ngumpul. Ujug2 ngrumpi ngomongin org .males..

Reply
avatar
July 25, 2018 at 1:59 PM delete

Ane nolep dari lair tu gan

Reply
avatar
July 26, 2018 at 6:16 AM delete

Mana ada tuh nolep dari lahir. Palingan yang ada karena situ di suruh ortu diem trus dirumah. Misalnya kalau orangtuanya overprotective. Dan masih banyak penyebab lainnya.

Reply
avatar
July 28, 2018 at 9:23 PM delete

Mungkin saya juga termasuk nolep, males keluar rumah, phobia sosial karna gagal nikah, mungkin udah takdir lebih nyaman di kesepian๐Ÿ˜ค

Reply
avatar
July 29, 2018 at 3:09 PM delete

Wah ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ญ ngenes amat jalan hiduplu gan. Yang sabar aja. N jangan lupa move on...

Reply
avatar
July 29, 2018 at 3:11 PM delete

Nah ini juga bisa jadi penyebab utamanya gan. Gara-gara orang tua yang overprotective, si anak akhirnya jadi kesulitan bersosialisasi. Jadinya ntar dia kena phobia sosial, minderan n nolep dh.

Reply
avatar
August 14, 2018 at 11:40 AM delete

Disaat semua teman, anggota keluarga, tetangga, n semua orang dekat pada extrovert. N diri sendiri seorang introvert. Disitulah kehidupan seorang nolep bermula. -squidwerd tenpoles

Reply
avatar
August 14, 2018 at 4:57 PM delete

Ane nolep sejak dari SMP ... Sejak tau yg namanya game online ... Ane jadi sering main ke warnet ... Terus di beliin laptop sendiri ...sejak saat itu lah ane nolep ๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
August 17, 2018 at 9:53 PM delete

Gw juga nolep
malah parah, tiap hari meluk dakimakura husbu.
G suka masuk organisasi kampus.
solusinya apa min biar kagak nolep?
:(

Reply
avatar
August 18, 2018 at 7:39 AM delete

๐Ÿ˜ญ press F. Jadian ma ane j gimana ?. ๐Ÿ˜ซ

๐Ÿ˜ Coba ja main bareng ma teman yang sehobi. Misal sesama vvibu.

Reply
avatar
August 18, 2018 at 7:41 AM delete

Solusinya laptop nte sedekahin ke ane. Terus nte main ke warnet lagi.

Reply
avatar
August 18, 2018 at 4:42 PM delete

Gua no life udah 3tahun..
Dan segitu lamanya aja udah bikin gua takut masa depan gua, bagaimana dengan hari esok lusa dan seterusnya..
No life itu ada baik dan buruknya..
Baik bisa jauh dari pergaulan bebas, buruknya ya begitulah..

Reply
avatar
August 19, 2018 at 6:10 AM delete

Untung u baru 3 Tahun jadi nolep, lah bagaimana dengan yang dari kecil sampai gede jadi nolife ?.

Misalnya kayak si gaara ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
August 20, 2018 at 5:14 PM delete

Gw saking no life sampe lupa nama temen gw njir

Efek No left se taun

Dan jujur sampe sekarang gw madih aj gatau and ... Mager nanya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
August 21, 2018 at 2:53 PM delete

Press F ๐Ÿ˜‚ . Njir ggwp gan. Ane tebak pasti nte kalau panggil nama temen ngak pakek namanya, tapi pakek he, anu, situ, dll.

Reply
avatar
August 29, 2018 at 7:29 PM delete

Adakah grup chat sesama nolep?

Reply
avatar
August 29, 2018 at 7:30 PM delete

Sesorang tolong aku������

Reply
avatar
August 30, 2018 at 8:58 AM delete

Jadi ngak tega lihat komentar2 nak nolep ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
September 2, 2018 at 12:50 PM delete

Yg komen nolep smua haha ๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
September 2, 2018 at 1:55 PM delete

Haha ๐Ÿคฃ, nte juga ya gan ?

Reply
avatar
September 4, 2018 at 3:06 PM delete

keluar rumah cuman klo ada keperluan dan kadang kumpul/nongkrong bareng temen meskipun rada jarang (coz pada sibuk wkwkw) dan keluar rumah cuman buat beli makanan kadang suka nyapa tetangga juga. termasuk no life juga bukan ya bro? apa setengah no life setengah normal wkwkwk

Reply
avatar
September 4, 2018 at 3:48 PM delete

Kadang suka nyapa tetangga ya ?. Nyapanya kayak gimana ?. Senyum-senyum nyengir gitu kah ๐Ÿคฃ.

Entahlah, mungkin nte masih normal.

Reply
avatar
September 4, 2018 at 7:23 PM delete

gw nolep gan...malah gk biasa kalau ketemu orang baru๐Ÿ˜‚aneh aja gitu rasanya๐Ÿ˜‚

Reply
avatar
September 5, 2018 at 1:58 PM delete

Aneh apa malu ?. Malu pa takut ? ๐Ÿ˜ถ

Reply
avatar
September 7, 2018 at 6:30 PM delete

Bang mampir di blog gue ya! Artikel ini rivalnya artikel saya ,sama sama mbahas nolep,, selamat karena sementara ini artikelnya page one nomor 1,,,

Reply
avatar
September 8, 2018 at 8:59 AM delete

Nurhape ya blognya ?. Mantep juga gan bisa pejwan ๐Ÿ˜ฎ.

Reply
avatar
September 8, 2018 at 10:51 AM delete

Nurhape :v, nuhapedia om
Btw, cara keterima adsense gmn yak?

Reply
avatar
September 8, 2018 at 2:21 PM delete

Kumohon selamatkan aku dari kenolepan ini ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

Reply
avatar
September 8, 2018 at 2:24 PM delete

Kuylah. Biar bisa sharing ๐Ÿ˜ข

Reply
avatar
September 8, 2018 at 4:04 PM delete

Oot lu njr, jadi ngak ane jawab. Disini khusus buat nak nolep ja ya ๐Ÿ˜ท

Reply
avatar
September 8, 2018 at 4:05 PM delete

Coba cari komunitas introvert, psikologi, phobia sosial, dll di facebook. Kali ja disana da yang bisa bantu ๐Ÿ˜‰.

Reply
avatar
September 9, 2018 at 7:35 AM delete

gue dulu nolep gara2 dirumah ada wifi ๐Ÿ˜‚
pas main keluar sama temen aktifitasnya pun palingan cuma ke warnet main pb (dari pagi sampe malam klo lagi libur) sampe2 ada yg dibilang penjaga warnet :v

Reply
avatar
September 9, 2018 at 11:50 AM delete

Memang gitu dah teknologi zaman now ๐Ÿ˜‚, sekarang banyak gadget. Jadi tiap orang pada asik sendiri ma gadgetnya. Beda ma tahun 2000an ke bawah, di mana-mana banyak anak yang main diluar rumah.

Entah kayak main kelereng, petak umpet, gobak sodor, polisi2 an, layangan, dll. ๐Ÿ˜ซ Legend lah pokoknya.

Bandingkan ma zaman sekarang, bocah tk & sd ja dah pada asik main game di hpnya. Palagi dandanannya, modis, norak n sudah kenal ma yang namanya pacar2an. ๐Ÿ˜ญ Sering ngetoxic lagi, ...

Reply
avatar
September 10, 2018 at 5:04 PM delete

gue juga nolep gan :) nolep itu gaya hidup

Reply
avatar
September 11, 2018 at 5:17 AM delete

Ggwp mank, ๐Ÿ˜ฑ Hidup seperti larry.

Reply
avatar
September 13, 2018 at 8:03 AM delete

Gue jug nolep + introvert karna sering di kacangin mlas lbh baik hdup sndri

Reply
avatar
September 13, 2018 at 8:39 AM delete

Sabar gan, hidup itu memang keras. Kata patrick si, hidup itu terkadang tidak adil, jadi biasakanlah dirimu.

Reply
avatar
September 13, 2018 at 5:16 PM delete

Ya, karena pengalaman yg pahit
Seandainya gk terjadi pasti gk akn kyk gini

Reply
avatar
September 13, 2018 at 11:24 PM delete

Gue jadi nolep karna game&patah hati,gak percaya lagi gue ama perempuan

Reply
avatar
September 14, 2018 at 7:46 AM delete

Ane sering diceramahin sama cewe" di kost"an ane, katanya sering-sering keluar, biar bisa bergaul sama anak kost yg laen. Trs katanya lagi mahasiswa gak boleh hidup kayak gitu. ���� Tapi rasanya klo ane ketemu bnyak orang kok rasanya kek pusing gitu yah? Apa itu sebuah penyakit?

Reply
avatar
September 14, 2018 at 8:43 AM delete

Kok jadi serem ya ?. Nte masih normal kan ๐Ÿ˜ฑ. Btw, tiap hari kerjaannya mabar ya ?

Reply
avatar
September 14, 2018 at 8:45 AM delete

Mungkin fobia sosial gan. Ketakutan irasional saat dihadapkan dengan kerumunan, keramaian atau banyak orang. Bawaanya kalau di keramaian, atau pas ketemu orang asing jadi negatif thingking, minder, salting, dll.

Reply
avatar
September 14, 2018 at 9:28 PM delete

Ane nolife
Sejak kpan? Hmm mungkin 10tahun yang lalu, tapi ane bukan introvent.. Unik ekwk

Reply
avatar
September 15, 2018 at 8:07 AM delete

Ntu bukan unik gan, tapi lagi afa masalah ma pikiran nte. Da gangguan psikis, kayak phobia, minder, dll.

Reply
avatar
September 16, 2018 at 9:59 AM delete

Wkwkek gue nijikon cuma tertarik ama cowok 2D doang
masalahnya gw ga ada temen wibu disini

Reply
avatar
September 16, 2018 at 4:02 PM delete

Cantik-cantik sukanya ma 2D. Press F, resiko ditanggung penumpang.

Coba ja berontak, ubah gaya hidup. Keluar dari zona nyaman, dalam artian berhenti ngewibu. Walaupun dirasa sulit, entar juga bisa henshin. Sedikit2 jadi bukit, air setetes demi tetes dapat menghancurkan batu yang keras. Begitulah . .

Reply
avatar
September 17, 2018 at 5:11 PM delete

Anjrit we juga nolep min udah 4 tahun dari kelas2 SMP sampai kelas 3 stm...padahal dulu ane pernah ikut PBB disekolah Ama karang taruna didesa gue karena males keluar pengen krumah sendirian malah keterusan jadi pas ketemu temen di lingkungan rumah malah cannggung.....andai waktu bisa berputar. Anjir :v

Reply
avatar
September 17, 2018 at 7:12 PM delete

Gan, solusinya gimana ya biar ga nolep dan introvert? Ngebayangin masa depan tanpa teman serem juga njirr..

Reply
avatar
September 18, 2018 at 9:10 AM delete

Admin blog ini, alias ane sendiri juga nolep gan. Terus ane harus nanya siapa ? ๐Ÿคฃ Buat yang tanya-tanya diatas ane. ๐Ÿ˜ญ

Reply
avatar
October 21, 2018 at 3:24 AM delete

Semuanya ada di gua,tapi w cuman ada satu temen, itupun kagak terlalu dekat juga sih,apa masih disebut no life?

Reply
avatar
October 21, 2018 at 9:37 AM delete

Ya gan, nte 95% nak nolep. Welcome to the club. ๐Ÿ˜Ž

Reply
avatar
October 30, 2018 at 9:19 PM delete

ane juga nolep udah lama gan dari SMP smpai skrg SMA , ane paling banyak punya temen di game kalau di luar sedikit..

Reply
avatar
October 31, 2018 at 6:03 AM delete

Kalo Begitu Blogger Termasuk Nolife Apa Bukan ya?

Reply
avatar
October 31, 2018 at 6:31 AM delete

Tergantung ๐Ÿคฃ. Kalau bloggernya diem terus di depan pc, laptop / hp ya sama ja nolep. Lah setiap saat selalu online.

Reply
avatar
November 4, 2018 at 5:45 PM delete

Gua nolep waktu kls 2smp karena d gadget akhirnya kebiaasan sih, andai waktu bisa d putar๐Ÿ™ƒ

Reply
avatar
November 5, 2018 at 7:10 AM delete

Sayangnya waktu terus berjalan gan ๐Ÿ˜ญ. Jadi berusaha aja yang terbaik buat memperbaiki diri.

Tidak ada kata terlambat untuk berubah

Reply
avatar

Leave your comment