Saturday, June 30, 2018

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?

Bocah no life, anak nolep, remaja nolife, orang nolep. Ya begitulah berbagai istilah yang sedang tenar dan ngetren di sosial media. Khususnya diberbagai forum, grup dan komunitas anak-anak wibu, vvibu dan otaku. Mereka seringkali membahas mengenai anak no life dan kehidupannya.

arti nolife, anak nolife, bocah nolep, no laifu

Nah, sebenarnya apasih nolife itu ?. Apakah no life ini masih sejenis dengan undead atau mayat hidup yang biasanya muncul di game-game horror dan rpg ?. Apa no life ini merupakan makluk yang pandai dalam ilmu necromancer ?. Tentunya jawabannya tidaklah seperti demikian.

A. Pengertian no life

No life sendiri terdiri dari dua kata yang terdapat di dalam bahasa inggris. Kata tersebut yakni "No" dan juga kata "life". Kata no sendiri didalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai "tidak", dan kata life dapat diartikan sebagai "hidup / kehidupan". Jadi kedua kata tersebut, secara bahasa, secara kasar dapat diartikan sebagai "Tidak hidup" atau lebih mudahnya "Tidak memiliki kehidupan". Nah, dari arti kata nolife saja kita sudah mengetahui secara kasar mengenai definisi kata nolife yang sebenarnya.



Nolep, nolife, no life, no laifu merupakan sebuah istilah yang diperuntukkan untuk menyebut seseorang. Baik itu remaja, orang dewasa, orang tua segala usia yang tidak memiliki banyak kegiatan atau pekerjaan, dan juga tidak banyak aktif didalam interaksi atau kegiatan bersosial. Mereka orang-orang yang nolife lebih suka beraktivitas didalam rumahnya dan cenderung menghindari interaksi sosial.

B. Ciri-ciri anak no life

Ya secara kasat mata anak nolife sangat terlihat jelas. Mereka adalah orang-orang yang cenderung berperilaku seperti seorang hikikomori dan NEET. Mereka lebih cenderung banyak beraktivitas di dalam rumah daripada ikut aktif bermain dengan teman diluar rumahnya (interaksi sosial).

# Ciri-ciri anak nolep / nolife :

- Ngerem atau lebih senang dirumah / kos-kosan.

- Otaku game / anime (seharian cuma ngegame / nonton anime).

- Lebih aktif di dunia maya daripada di dunia nyata (online terus).

- Jarang berinteraksi sosial, saking lamanya bahkan sampai lupa dengan nama teman dan tetangga.

- Terkadang penampilan mereka acak-acakan, jarang mandi, dan tentunya suka begadang.

- Tidak begitu memperdulikan penampilan.

- Egois, labil, dan kadang malah terkena phobia sosial.

- Urusan lainnya bodo amat, yang penting ngapain aja tetap di rumah, rumahku surgaku, kamarku waifuku, home sweet home lah pokoknya 🤣.

- Dan masih banyak yang lainnya.

C. Penyebab seseorang menjadi nolife

Tentunya seseorang tidak ujug-ujug jadi nolife begitu saja. Pastinya ada saja pemicu yang dapat membuat seseorang menjadi nolife. Ada diantaranya yang menjadi nolife karena pernah mengalami pengalaman yang pahit. Sebut saja misalnya seperti anak broken home, anak korban bullying, anak korban kacang 😭 (selalu dikacangin), orang yang minder / kurang percaya diri, orang yang kecewa dan tersakiti, orang yang mengalami peristiwa traumatis, anak yang sering pindah-pindah lingkungan (misal sering pindah rumah & sekolah), dan masih banyak yang lainnya.

Ada juga seseorang yang menjadi nolife karena terpengaruh oleh lingkungan. Baik itu pergaulan / interaksi secara langsung, misalnya dari pengaruh teman sepermainan atau teman sekolah. Atau juga karena terkena pengaruh lingkungan luar / secara tidak langsung. Misalnya karena pengaruh tontonan dan juga pergaulan di dunia maya. Contoh mudahnya misalnya seperti anak-anak otaku game dan anime, wibu psikolog dan bau bawang, bocah gamer, dan sebangsanya.

Selain karena kedua penyebab yang tersebut diatas. Kebiasaan dan terlalu memanjakan diri, khususnya bagi mereka yang introvert. Terkadang malah membuat mereka kebablasan menjadi orang yang nolife. Alih-alih ingin menikmati waktu sendirian / me time. Yang ada malah jadi keterusan asik sendiri dan lama kelamaan menjadi phobia sosial. Jadilah kemudian terlahir orang-orang no life.

Pada intinya, seseorang menjadi nolife karena :

1. Pengalaman buruk / traumatis
2. Pengaruh lingkungan
3. Kebiasaan buruk (Terlalu memanjakan diri, malas, dsg)

D. Antara nolife, Introvert, NEET dan Hikikomori

Tidak usah dijelaskan secara panjang lebar. Pada intinya NEET sama saja dengan pemuda yang malas dan pengangguran. Introvert merupakan jenis atau tipe kepribadian manusia, jadi introvert bukanlah sebuah penyakit. Dan Nolife 11-12 dengan hikikomori. Simpel gan, capek nulis ane. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Apa itu arti no life, pengertian, ciri, penyebab anak menjadi nolife / nolep ?
4/ 5
Oleh

8 comments

July 9, 2018 at 7:31 AM delete

🤣, ane juga nolife gan. Makanya bisa tahu ma pengertian, ciri n penyebab jadi anak nolep. 😭

Reply
avatar
July 14, 2018 at 8:46 PM delete

w nolep udah lama nih min.
entah knp males bgt main d luar rumah
ga ada solusi gitu ?

Reply
avatar
July 15, 2018 at 8:00 AM delete

Semuanya berasal dari dalam hati gan 😒. Ane juga nolep, dah lama malahan. Ntahlah, mungkin dah nasib 😫😭.

Reply
avatar
July 15, 2018 at 2:37 PM delete

kalo gabisa bergaul males keluar rumah termasuk nolep kah '-

Reply
avatar
July 16, 2018 at 6:04 AM delete

Kuper, diem trus di rumah = nolep juga 🤣

Reply
avatar

Leave your comment