Monday, June 11, 2018

Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)

Adakalanya hp / smartphone android cepat sekali mengalami yang namanya overheat atau panas. Dan tentunya diiringi dengan borosnya atau cepat habisnya kapasitas baterai yang ada di hp tersebut. Tidak jarang juga, malah hp menjadi semakin lemot, ngelag dan force close disaat membuka berbagai game dan aplikasi yang ada.

Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)

Apalagi jika hp sering digunakan atau terus-terusan digunakan untuk berinternetan dan bermain game online. Maka, ya sudah pasti batre hp apapun jenisnya. Pada unumnya hp android, pasti akan mengalami yang namanya panas atau bertambahnya suhu baterai. Dan tak jarang sampai mencapai angka 50 derajat celcius, layaknya setrika listrik saja 🤣. Jika sudah demikian, anda haruslah berhati-hati. Karena bukan tidak mungkin batre tersebut bisa meledak karena overheat. Apalagi jika anda ngegame online sambil ngecash hp. Tambah berbahaya sekali tuh gan.



Nah, kira-kira apakah penyebab dari panasnya, dan borosnya baterai hp / smartphone android yang anda punya ?. Langsung saja . . .

1. Kualitas jeroan hp / smartphone yang jelek, atau dibawah standar

Hp android yang murah dan kualitasnya murahan 🤣. Biasanya memiliki jeroan atau hardware yang pas-pasan. Sehingga jika digunakan untuk ngegame online atau internetan dalam jangka waktu yang bisa disebut singkat atau sebentar saja. Tuh hp langsung jadi panas, lemot, baterai merosot dan ngedrop.

Apalagi jika anda memaksakan diri untuk memainkan game yang berkualitas tinggi, ya sebut saja sebagai game yang HD. Misalnya game dengan graphic 3D yang wah, dengan spesifikasi pemakaian minimum, ram 3Gb, cpu quad core, os android 4.3 keatas. Eh, anda memaksakannya dengan main di hp spek kentang. Yang ramnya 512 mb, cpu & gpu yang ampas. Ya jelas jika hp anda akan cepat panas, dan tentunya baterainya juga cepat habis.

2. Internetan dan main game sambil ngecas hp (mengisi daya)

Disaat anda sedang kecanduan dan keasikan bermain game online. Apalagi sekarang zaman-zamanya game moba, yang mengharuskan untuk selalu terkoneksi ke jaringan internet. Sehingga jika afk sedikit saja anda dapat di kucilkan oleh teman sesama guild 😂. Maka dari itu, tidak jarang anda bela-belain main game online sambil ngecash hp jadul kesayangan anda.

Dengan cara ini sudah jelas, jika nantinya baterai hp anda akan menjadi panas. Overheat, dan jika diteruskan, lama-kelamaan baterai hp anda akan rusak dan dapat meledak.

3. Jaringan seluler yang lemah

Jaringan provider yang anda pakai, maupun sinyal internet yang lemah dari biasanya. Misalnya jaringan kartu yang anda pakai tinggal 1 bar, koneksi internet anda jadi 2G. Jika anda terus saja memaksakan diri untuk nelepon, maupun internetan dan bermain game online. Maka daya baterai yang dipakai untuk mencari jaringan dan sinyal internet semakin membengkak dan besar. Akibatnya, baterai hp anda menjadi panas, boros dan cepat habis.

4. Banyaknya file dan aplikasi sampah yang terinstal di hp / smartphone android anda

Ada saja beberapa jenis aplikasi dan game yang membuat kinerja cpu hp anda menjadi membengkak. Sehingga dapat dengan cepat menguras daya batre hp yang anda punya. Aplikasi tersebut biasanya otomatis terkonek ke jaringan internet. Sehingga selain membuat boros baterai, juga dapat menguras habis kuota internet dan pulsa hp anda.

Aplikasi tersebut bisa saja merupakan aplikasi yang aman. Atau bisa jadi aplikasi tersebut malah virus ataupun trojan yang terinstal di smartphone android anda.

Selain aplikasi sampah, tumpukan cache dan file sampah juga dapat mempengaruhi kinerja atau performa hp android anda. Tumpukan file sampah tersebut dapat memenuhi memori rom dan kinerja ram hp anda. Sehingga hal tersebut nantinya dapat memperberat kinerja cpu dan gpu hp anda. Tentunya hal ini dapat membuat hp anda menjadi cepat panas, lemot, lelet, ngelag dan boros baterai.

Ya saya rasa jika anda menghindari ke-4 hal yang tersebut diatas, maka anda tidak perlu lagi kuatir dengan yang namanya hp dan baterai menjadi cepat panas, baterai boros dan cepat habis. Jika anda masih saja melakukan ke-4 hal yang tersebut diatas, tidak peduli walaupun hp android anda masih baru, atau masih fresh. Jika penggunanya tidak menjaga dan memakai hp dengan benar. Pastilah hp anda akan menjadi setrika dan bom waktu. Cukup sekian saja, dan semoga bermanfaat.

Penyebab hp cepat panas & boros baterai / batre cepat habis (smartphone android)
4/ 5
Oleh

Leave your comment