Saturday, July 21, 2018

Apa itu yang dimaksud dengan cringe ? Arti, pengertian kata cringe dalam bahasa gaul

Cringe, istilah yang satu ini cukup akrab ditelinga netizen indonesia dan khususnya bagi para netizen bule diluar sana. Pasalnya, di akhir-akhir dekade ini, dimana era teknologi internet berkembang dengan pesatnya. Dan banyak konten video yang dibuat dan diupload di dunia maya. Tak khayal akan melahirkan berbagai fenomena dan hal yang bernuansa cringe.

Apa itu yang dimaksud dengan cringe ? Arti, pengertian kata cringe dalam bahasa gaul

Nah pertanyaannya, tahukah anda dengan Apa yang dimaksud dengan istilah cringe / pengertian dari kata cringe ini ?. Jika anda masih belum tahu, simak saja penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Apa itu cringe ?

Tidak usah repot-repot mencari arti kata cringe di dalam KBBI / Kamus Besar Bahasa Indonesia. Karena memang asal muasal kata cringe bukan berasal dari bahasa indonesia 🤣. Nah, sebenarnya istilah cringe ini terdapat di dalam kosa kata bahasa inggris. Yang kurang lebih, kata cringe sendiri artinya atau memiliki makna "Merasa malu, takut, dan menjauh dari seseorang atau sesuatu yang terlihat memalukan (menjijikan)".



Lebih mudahnya, jika anda melihat status, gambar, video dan sebagainya tentang orang yang berbuat hal yang alay yang kelewatan (cringe). Maka anda sendiri malah akan merasa malu dibuatnya. Dan dengan spontan anda merasa geli, jijik, dan berupaya sebisa mungkin untuk tidak melihat dan menghindar dari berbagai konten / suasana yang bernuansa alay tadi (cringe).

Nah, perlu diketahui juga. Kata "CRINGE" sendiri tidak diucapkan seperti apa yang tertulis. Namun, lebih tepatnya, kata cringe dibaca atau diucapkan menjadi "KERINZ / KRINJ".

2. Reaksi orang / respon seseorang disaat melihat atau berhadapan dengan sesuatu yang cringe

Setiap orang tentunya memiliki reaksi yang berbeda disaat melihat hal yang berbau cringe. Ada yang langsung lari menjauh dan menghindar, ada yang berteriak histeris dan mencaci maki. Ada juga yang menutup mata dan telinga untuk menghindari merasakan konten yang kelewat cringe. Dan masih banyak yang lainnya.

Pada intinya momen disaat melihat sesuatu yang cringe dapat membuat seseorang menjadi ilfil, akward, merasa ngak enak, malu ngak jelas, salah tingkah dan berupaya untuk menghindari konten yang bernuansa cringe tadi.

3. Contoh konten cringe

Tidak perlu repot-repot untuk mencarinya. Tinggal ketikan di kotak pencarian google atau youtube dengan keyword "Cringe moment", maka akan ada banyak konten / video cringe yang bermunculan.

Ya begitulah sedikit penjelasan mengenai maksud / arti dari istilah kata cringe ini. Cukup sekian dulu ya gan, semoga bermanfaat.

Apa itu yang dimaksud dengan cringe ? Arti, pengertian kata cringe dalam bahasa gaul
4/ 5
Oleh

Leave your comment