Sunday, July 29, 2018

Cara menghemat tagihan listrik rumah agar menjadi lebih murah (prabayar / token pulsa & pascabayar, 900watt++)

Tagihan listrik, atau biaya bulanan listrik rumah. Entah itu yang memakai pulsa / token, maupun listrik pascabayar. Terkadang tidak disangka biayanya dapat membengkak dan mahal. Apalagi yang memakai listrik yang berbasis token / pulsa (prabayar). Tahu-tahu habis begitu saja tak bersisa.

Cara menghemat tagihan listrik rumah agar menjadi lebih murah (prabayar / token pulsa & pascabayar, 900watt++)

Nah, borosnya penggunaan listrik ini, serta mahalnya biaya tagihan listrik yang anda harus bayar. Tentunya berbanding lurus dengan segala aktivitas anda yang menggunakan / memakai listrik. Untuk menghemat pemakaian dan biaya tagihan listrik di rumah anda, langsung saja coba simak tipsnya dibawah ini.

# Cara menghemat biaya tagihan listrik

1. Matikan segala jenis alat listrik yang tidak digunakan

Untuk menghemat biaya tagihan listrik, terutama bagi penggunaan listrik rumahan (900 watt, dll). Dan juga untuk menghemat kwh listrik yang berbasis token / prabayar, sebenarnya sangatlah mudah.



Yang perlu anda lakukan hanyalah mematikan lampu & mencabut semua alat listrik yang tidak perlu / tidak sedang digunakan. Misalnya saja seperti televisi, komputer, charger hp, dan sebagainya. Dan juga pada siang hari, matikan semua lampu yang tidak perlu atau tidak sedang digunakan. Dalam arti kata lain, maksimalkan penggunaan cahaya matahari sebagai pengganti cahaya lampu yang ada di dalam rumah anda.

2. Gunakan berbagai alat listrik yang hemat daya dan ramah lingkungan

Gunakan berbagai alat listrik yang memakan sedikit daya listrik. Misalnya saja seperti lampu neon, yang terbukti lebih hemat daripada lampu pijar dan sejenisnya. Tentunya dengan menggunakan cara ini, kwh listrik dirumah anda tidak akan cepat habis, dan tagihan listrik pun akan jauh lebih sedikit.

3. Menggunakan tenaga alternatif selain listrik

Untuk menghemat listrik di rumah anda. Gunakanlah sebisa mungkin energi alternatif yang berguna untuk mengantikan listrik. Misalnya saja seperti sumur kerekan / sumur pompa (manual). Lampu air / botol plastik, dan lain sebagainya. Intinya gunakan listrik seperlunya saja. Jangan terlalu keseringan, agar tagihan listrik anda tidak membengkak.

4. Jangan memakai listrik

:v 🤣. Cara yang paling ampuh untuk menjauhkan diri dari membengkaknya tagihan listrik adalah dengan cara tidak memakai atau memasang listrik PLN. Sebagai gantinya gunakan saja obor, lilin, lampu minyak (oli bekas) dan sebagainya. Atau mungkin, jika anda punya dana berlebih, gunakan saja panel surya atau pembangkit listrik tenaga air/angin buatan sendiri untuk memenuhi kebutuhan listrik harian anda.

Dengan cara ini tentunya pengeluaran bulanan anda akan menjadi lebih hemat. Karena anda tidak perlu lagi repot-repot membayar tagihan listik pascabayar, maupun membeli token listrik prabayar.

Fuahahahahhah, :v semoga bermanfaat . .

Cara menghemat tagihan listrik rumah agar menjadi lebih murah (prabayar / token pulsa & pascabayar, 900watt++)
4/ 5
Oleh

Leave your comment