Tuesday, August 28, 2018

4 Cara mengatasi gugup saat berbicara di depan umum, & segala situasi

Setelah kemarin kita membahas mengenai pengertian dari gugup, dan juga penyebab dari munculnya perasaan gugup. Kali ini kita akan membahas berbagai cara untuk mengatasi dan menghilangkan perasaan gugup, khususnya disaat berbicara.

Nah, untuk mengatasi dan menghilangkan rasa gugup sebenarnya sangatlah mudah. Yang jelas kita haruslah dapat mengontrol rasa takut dan emosi yang ada di dalam diri kita. Selengkapnya coba saja ikuti berbagai cara seperti yang tersebut dibawah ini.

# 4 Cara mengatasi dan menghilangkan rasa gugup

1. Merasa percaya diri

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, seseorang dapat dengan mudah untuk menghadapi semua tantangan yang ada didalam hidupnya. Hal ini juga berlaku dalam hal bersosialisasi dan berbicara.



Dengan mempercayai kemampuan dan keahlian yang ada di dalam diri. Seseorang akan merasa tenang dan yakin dengan apa-apa yang akan dikerjakannya. Sehingga nantinya disaat berbicara ataupun melakukan berbagai tindakan lainnya. Tidak ada lagi itu yang namanya muncul perasaan gugup. Apalagi sampai gemetaran dan salah tingkah.

2. Membuat persiapan yang matang

Jika anda tidak yakin dengan apa-apa yang akan anda kerjakan. Cobalah untuk membuat persiapan yang baik, sebelum anda memutuskan untuk memulai berbicara, beraktivitas, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya yang menyangkut masalah dengan orang banyak.

Karena dengan persiapan yang baik dan matang. Otomatis anda akan menjadi merasa lebih tenang. Dan andapun akan merasa pd, serta terhindar dari yang namanya perasaan gugup dan sebagainya.

3. Latihan

Selain persiapan yang matang, latihan juga berperan penting didalam mengatasi kegelisahan dan perasaan gugup anda. Cobalah untuk terus melatih apa-apa yang akan anda kerjakan. Agar anda menjadi terbiasa dan terhindar dari perasaan gugup disaat berbicara, dsg.

Nah, didalam hal komunikasi maupun pembicaraan. Cobalah anda untuk melatih diri berbicara dengan diri sendiri di depan cermin. Lihatlah dan latihlah ekspresi raut muka anda. Agar anda nantinya tidak salah tingkah disaat berbicara dengan orang lain. Cobalah sering-sering untuk bergaul dengan teman, tetangga maupun keluarga anda. Agar hidup anda tidak menjadi sia-sia, menjadi nolife dan sebangsanya.

4. Mengalihkan perhatian

Selain ke-3 tips yang tersebut diatas. Metode pengalihan perhatian juga cukup ampuh untuk menekan dan mengurangi perasaan gugup anda.

Misalnya disaat anda akan melakukan presentasi atau berbicara didepan umum. Cobalah alihkan perhatian anda, anggap saja semua yang anda lihat di depan adalah sekumpulan semut atau angin lalu yang tidak mengancam eksistensi anda.

Jadikan diri anda senyaman mungkin, percaya dirilah dan lakukan apa yang akan anda lakukan. Let it flow saja, biarkan semuanya mengalir dengan lancarnya. Tanpa beban, tanpa takut dengan penilaian orang lain.

4 Cara mengatasi gugup saat berbicara di depan umum, & segala situasi
4/ 5
Oleh

Leave your comment