Tuesday, August 28, 2018

7 Cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan dengan mudah

Adakalanya seseorang seringkali mengalami gugup / nervous disaat ia akan atau sedang melakukan sesuatu. Entah itu disaat ia sedang berbicara, bersosialisasi atau mungkin disaat akan melakukan dan mengerjakan sesuatu. Pasti ada saja tipe orang yang mudah grogi dan gugup seperti ini.

7 Cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan dengan mudah

Mereka yang memiliki perasaan gugup yang berlebihan, mereka seringkali merasa cemas, takut dan panik disaat dihadapkan dengan situasi dan kondisi apapun. Jadi bukan hanya merasa grogi dihadapan umum saja (demam panggung), namun mereka selalu saja gugup dengan semua hal 😫. Tak khayal hal ini akan sangat mengganggu segala aktifitas dan keberlangsungan hidup mereka.

Nah, untuk menghilangkan dan mengatasi perasaan gugup berlebihan anda. Coba saja simak sedikit penjelasannya di bawah ini.

1. Kenali penyebab utama munculnya perasaan gugup anda

Kenali penyebab munculnya rasa gugup yang ada didalam diri anda. Tanyakan pada hati kecil anda, apasih yang membuat saya menjadi gugup dan grogi seperti ini ?. Cuma nanya alamat sama mbak-mbak penjaga toko saja sudah gemetaran ngak karuan ?. Apa sih yang salah dengan diri saya ?.

Begitulah kiranya sedikit ilustrasi mengenai konflik batin yang ada didalam diri seseorang. Pada intinya, kenali dulu inti permasalahan atau pemicu munculnya perasaan gugup dalam diri anda. Setelah ketemu penyebabnya, barulah anda mulai memperbaiki kekurangan yang ada didalam diri anda. Tentunya agar anda tidak mudah atau sering merasa gugup (nervous) lagi.

2. Buat persiapan yang matang sebelum berbicara / beraktivitas

Jika anda tidak yakin dengan apa-apa yang akan anda lakukan. Misalnya saja tidak yakin disaat akan memulai pembicaraan, tidak yakin disaat akan berpresentasi, berbicara didepan orang banyak, melakukan aktivitas sosial dan sebagainya. Maka persiapkan dahulu semua materi yang akan anda kerjakan dengan baik dan matang.



Hal ini tentunya akan berdampak positif untuk mengurangi dan mengatasi rasa grogi, nervous atau gugup yang sering anda alami.

3. Sering-sering latihan berkomunikasi dan bersosialisasi

Orang yang nolife, jarang bergaul, jarang bersosialisasi. Pastinya mereka akan mengalami kesulitan dengan yang namanya pembicaraan dan komunikasi. Apalagi jika dihadapkan dengan keramaian dan bersosialisasi. Pastinya otomatis mereka akan merasa gugup dan takut dengan kondisi tersebut.

Maka dari itu, sering-seringlah latihan untuk komunikasi, berbicara maupun mengerjakan sesuatu yang akan anda kerjakan. Misalnya anda dapat aktif bergaul dan bersosialisasi dengan teman sebaya, tetangga, keluarga, dan lain sebagainya. Agar nantinya anda tidak mudah menjadi canggung, grogi, nervous, atau gugup lagi jika dihadapkan dengan kondisi yang seperti demikian.

4. Mengalihkan perhatian

Jika anda dihadapkan dengan kondisi yang tidak menguntungkan. Anda merasa gugup disaat ingin berbicara atau melakukan sesuatu. Maka coba saja alihkan perhatian anda. Anggap semua orang atau sesuatu disekeliling anda tidak ada sama sekali, anggap semuany seperti angin lalu, seperti semut dibalik batu, dan sebagainya.

Pada intinya anda harus membuang semua pikiran negatif yang ada di dalam benak dan hati kecil anda. Agar nantinya rasa gugup tersebut dapat diatasi dengan cepat dan tanggap 😂.

5. Merasa percaya diri

Percaya diri atau tingkat kepedean seseorang. Sangat berperan penting didalam memunculkan yang namanya perasaan gugup yang ada didalam diri. Jika seseorang merasa rendah diri, minder, kurang pd dengan dirinya sendiri. Maka orang tersebut pasti otomatis akan sering mengalami yang namanya nervous atau gugup. Hal ini tentunya tidak berlaku pada orang yang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.


Jadi, untuk menekan dan mengatasi perasaan gugup anda. Cobalah untuk yakin dan percaya dengan diri anda sendiri. Fokus saja dengan kelebihan anda, masalah kekurangan ya perbaiki sebisa mungkin. Sisanya abaikan saja, jangan terlalu peduli dengan omongan dan penilaian orang lain. 😎

6. Istirahat yang cukup, makan seimbang dan olahraga yang teratur

Orang yang sering merasa gugup, bahkan sering gemetaran ngak jelas, salah tingkah dan sebagainya. Mungkin saja mereka sedang lapar 😅, sering begadang, sering tiduran terus dirumah. Hal ini tentunya dapat menganggu kondisi kesehatan fisik, dan psikis seseorang. Jika hal ini terus saja dilakukan, bisa-bisa si pelaku hal tersebut akan sering mengalami sakit. Baik sakit fisik maupun psikis (stres, depresi, dll) yang tentunya, hal ini dapat menganggu kegiatan orang tersebut saat berada di masyarakat / keramaian.

Maka dari itu, untuk mencegah hal yang buruk terjadi pada diri anda. Dalam hal ini adalah perasaan gugup. Jangan lupa anda untuk makan dan minum dengan seimbang, tidur dan istirahat yang cukup, jangan banyak pikiran, dan olahraga yang teratur. Agar hidup anda menjadi lebih baik dan bahagia dari sebelum-sebelumnya.

7. Berdoa

Ya, cara yang terakhir, cara untuk keluar dari belenggu kegugupan yang berlebihan dan terus-menerus. Adalah dengan menyerahkan semuanya kepada sang pencipta. Setelah kita berusaha dengan maksimal, selanjutnya kita tinggal berdoa kepada Tuhan yang maha esa. Agar semua keinginan baik kita dapat segera terkabul. Tentunya dalam hal ini adalah keinginan dan harapan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa gugup yang ada di dalam diri kita. Aamiinnnnnn....

7 Cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan dengan mudah
4/ 5
Oleh

Leave your comment