Friday, August 31, 2018

Apa itu coding ? Pengertian, contoh & fungsi coding ?

Coding itu artinya apaan sih ?, Apa coding itu merupakan suatu kegiatan jual beli ala cod ?. Atau coding itu nama jenis umbi-umbian ?. Tentunya jawabannya tidaklah seperti demikian. Coding sebenarnya berasal dari kata kerja yang ada di dalam bahasa inggris. Yakni berasal dari kata code, atau kode jika di terjemahkan kedalam bahasa indonesia.

Apa itu coding ? Pengertian, contoh & fungsi coding ?

1. Pengertian kata kode dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Di dalam KBBI, kode dapat berarti "Tanda (kata-kata, tulisan) yang disepakati untuk maksud tertentu (Untuk menjamin suatu kerahasiaan pemerintah, dan sebagainya)", atau juga dapat berarti "Kumpulan peraturan / prinsip yang bersistem".

Nah, dari pengertian diatas. Dapat disimpulkan, bahwa intinya suatu kode adalah suatu kata-kata atau tulisan yang digunakan untuk menjaga suatu kerahasiaan, maupun untuk menyusun suatu sistem tertentu.

2. Arti coding di dalam bahasa inggris

Coding sendiri, merupakan suatu kegiatan pengkodean, atau kegiatan penyandian yang ditujukan untuk mengklasifikasikan atau mengidentifikasi sesuatu.



Kegiatan coding melibatkan berbagai jenis atau susunan kode. Yang terdiri dari berbagai jenis teks atau tulisan yang memiliki makna atau arti khusus (rahasia). Sehingga tidak semua orang dapat mengerti isi dari teks, tulisan atau kode yang digunakan untuk kegiatan coding.

Nah, coding sendiri tidak selalu berurusan dengan yang namanya pemrogramman komputer, konsol, ataupun berbagai jenis alat elektronik, robotic, dan sebagainya. Didalam ilmu biologi, militer, komunikasi, maupun pendidikan dan sebagainya. Pasti ada saja banyak kode-kode yang diciptakan dan digunakan.

Misalnya saja di dalam ilmu komputer, didalam pemrogramman software / aplikasi dan game. Kita dapat menemui berbagai bahasa pemrogramman yang digunakan untuk kegiatan coding / pengkodean, guna untuk membuat suatu aplikasi atau software. Bahasa pemrograman tersebut misalnya seperti bahasa C, basic, delphi, pascal, phyton, java, ruby, dan sebagainya.

Di dalam bidang komunikasi misalnya ada berbagai jenis kode atau sandi yang digunakan. Misalnya saja yang paling umum seperti kode morse.

Begitupula didalam ilmu biokimia, sebut saja seperti berbagai jenis kode untuk membaca susunan dna dari makhluk hidup dan sebagainya.

Ya, pada intinya coding ini merupakan suatu kegiatan untuk mengklasifikasi atau mengidentifikasi sesuatu dengan suatu kode tertentu. Guna untuk mendapatkan suatu hasil yang diinginkan. Entah itu untuk membuat sesuatu, merahasiakan sesuatu, mempermudah pekerjaan, sebagai alat atau media untuk komunikasi dan sebagainya.

2. Contoh coding

Sebagai contoh dari kegiatan coding atau pemrograman yang mudah misalnya seperti yang ada di bawah ini.

A. Membuat pesan peringatan / alert dengan javascript

<script language ="javascript" type="text/javascript">

alert ("Hello world!")

</script>

B. Contoh kode sandi morse

Sandi atau kode morse untuk menuliskan kata " S O S " adalah ".../---/..."

3. Fungsi, manfaat dan tujuan dari coding

Yang jelas manfaat atau tujuan dari koding adalah untuk mempermudah melakukan pekerjaan manusia didalam mengklasifikasikan atau mengidentifikasi suatu kegiatan tertentu.

Ya, seperti yang sudah tersebut diatas. Manfaat coding adalah untuk . .

A. Mempermudah pekerjaan manusia (identifikasi, klasifikasi, pembuatan produk, dll).

B. Menjaga kerahasiaan suatu pesan.

C. Menghemat waktu dan biaya (misalnya seperti sosmed, fb, wa, google, youtube, dll, itu juga hasil dari kegiatan coding).

D. Dan sebagainya.

Apa itu coding ? Pengertian, contoh & fungsi coding ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment