Sunday, August 26, 2018

Arti kata onii chan, onee chan -san -sama, dalam bahasa jepang

Ya, mungkin bagi orang awam kata-kata seperti onii chan, dan onee chan sangatlah asing bagi mereka. Karena memang kata-kata ini merupakan kata yang tidak terdapat di dalam bahasa indonesia.

Namun, bagi sebagian netizen yang pernah mengenal dengan hal yang bernuansa jejepangan. Sebut saja seperti para wibu dan otaku. Tentunya hal ini sudah tidak asing lagi bagi mereka. Karena pada dasarnya kata oniichan dan oneechan ini memang berasal dari bahasa jepang.



# Arti kata onii chan & onee chan

Ya, bisa dibilang. Kata onii dan onee jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Artinya sama saja dengan mas, mbak, abang, kakak, dan sebagainya.

Onii = kakak laki-laki
Onee = kakak perempuan

Onii chan = panggilan akrab kepada kakak laki-laki, baik kepada kakak kandung ataupun kakak-kakak yang lainnya. Misalnya seperti ke kakaknya teman, kakak kelas, kakak sepupu, dll.

Onee chan = sama seperti yang diatas, cuma kata onee chan diperuntukkan untuk memanggil ke kakak perempuan yang dirasa akrab.

Sedangkan untuk gelar tambahan seperti san dan sama. Digunakan untuk menyebutkan panggilan kakak dengan kata yang lebih sopan. Misalnya hal ini dipakai untuk memanggil orang (kakak) yang lebih tua, kakak yang terhormat, orang asing, dll.

Intinya, penambahan kata -san = formal (orang yang kurang akrab / belum dikenal), misalnya mau tanya jalan di abang-abang terminal.

Kalau penambahan kata -sama, panggilan dengan gelar yang lebih sopan / terhormat. Lebih lengkapnya, anda dapat membacanya disini Kamus wibu

Arti kata onii chan, onee chan -san -sama, dalam bahasa jepang
4/ 5
Oleh

Leave your comment