Wednesday, August 29, 2018

Cara mengatasi gemetar saat gugup, grogi, atau nervous

Ya, terkadang disaat kita dihadapkan dengan situasi yang dapat membuat diri kita menjadi gugup, grogi atau nervous. Misalnya saja seperti saat berbicara di depan umum / orang banyak, mengungkapkan perasaan kepada seseorang, dll. Pikiran dan tubuh kita akan meresponnya dengan berbagai jenis reaksi yang tidak kita inginkan.

Misalnya saja reaksi tersebut, seperti tubuh (tangan, kaki, dll) yang gemetaran, tubuh yang berkeringat banyak, berbicara terbata-bata, pandangan mata yang penuh kecemasan, perasaan cemas - panik, dan sebagainya.



Nah, pertannyaanya adalah. Bagaimanakah cara anda mengatasi respon atau reaksi tubuh yang gemetaran disaat diri anda dilanda atau diserang rasa gugup ?. Sebenarnya jawabannya sangatlah mudah . .

1. Mengontrol pikiran dan emosi

Yang pertama harus kita lakukan adalah dengan cara mengontrol emosi, rasa takut dan kecemasan yang ada didalam diri. Hilangkan semua pikiran negatif, rasa cemas yang ada didalam benak dan hati anda. Buang semua pikiran dan perasaan negatif. Percaya diri saja pada diri anda.

Alihkan perhatian anda pada sesuatu yang lain. Anggap saja jika anda sedang berbicara di depan sekumpulan semut atau angin lalu yang tidak akan mengancam keberadaan anda. Dan yang terpenting, jangan terlalu peduli dengan penilaian atau omongan orang lain. Cuek saja, asal anda berbuat dengan baik, benar, sesuai aturan agama, hukum, & norma. Lanjutkan saja pekerjaan anda.

2. Menjauh dari sumber kegugupan

Jika anda tidak sanggup melawan rasa gugup anda. Berarti anda kurang persiapan dan latihan yang matang. Maka dari itu, daripada anda salah tingkah, gemetaran ngak jelas. Langsung saja kabur, dan persiapkan materi baru yang lebih baik. Sehingga, ketika nantinya anda sudah siap sedia, sudah yakin. Pastilah anda akan terhindar dari yang namanya gugup, grogi, nervous dan gemetaran.

Baca juga : Pengertian / arti dan ciri orang gugup, Penyebab dari munculnya perasaan gugup, grogi / nervous, Cara menghilangkan rasa gugup yang berlebihan.

Cara mengatasi gemetar saat gugup, grogi, atau nervous
4/ 5
Oleh

Leave your comment