Friday, August 24, 2018

Kenapa hp lemot padahal aplikasi sedikit ? Penyebab & cara mengatasinya !!

Ya terkadang entah mengapa, tiba-tiba hp yang kita punya menjadi lemot, lelet dan sering ngelag. Tentunya, hp yang dimaksud disini tentunya merupakan hp yang banyak digunakan di jaman now, yakni hp / smartphone android dan sebangsanya.

Kenapa hp lemot padahal aplikasi sedikit ? Penyebab & cara mengatasinya !!

Nah, tentunya lemotnya hp yang anda punya tidak datang begitu saja. Pasti ada penyebab yang mendasari atau membuat hp anda menjadi lemot. Salah satu penyebab yang sering menjadikan hp menjadi lemot yakni karena kesalahan pemakaian hp tersebut.

Walaupun aplikasi yang terinstal di dalam hp berjumlah sedikit, namun jika yang diinstal merupakan aplikasi bersize besar dan memakan banyak ruang dan ram hp. Jelas saja hp yang anda punya akan langsung menjadi lemot, bahkan malah sering ngerestart sendiri 🤣.

Nah, langsung saja berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi hp yang lemot walaupun memiliki sedikit aplikasi.

1. Kualitas jeroan hp yang buruk

Hp spek kentang, hp yang berharga murah dan murahan. Tentunya hp android jenis ini sangat mudah sekali untuk mengalami kerusakan. Bila digunakan sedikit saja untuk berinternetan dalam waktu yang lama. Langsung saja hp menjadi cepat panas dan lemot.



Solusi atau cara untuk mengatasinya ya hanya dengan membeli hp baru yang berharga murah dan berkualitas tinggi (kalau ada 😂).

2. Kualitas jaringan yang buruk

Terkadang buruknya jaringan seluler di daerah anda, dapat menjadi penyebab lemotnya dan cepat panasnya hp yang anda punya. Karena jika sinyal jaringan di daerah anda sangat lemah. Maka hp anda akan bekerja ekstra keras untuk berusaha mencari sinyal jaringan / internet di sekitar daerah anda. Akibatnya baterai hp akan cepat terkuras habis, dan tentunya hp akan menjadi cepat panas dan lemot.

Cara untuk mengatasi hal ini tentunya dengan cara mengganti jaringan kartu / simcard anda. Gantilah dengan provider seluler yang memiliki banyak sinyal atau jaringan di sekitar tempat anda tinggal.

3. Aplikasi yang terinstall tidak support dengan os / spek hp anda

Aplikasi atau game yang tidak sebanding dengan spek hp yang anda punya. Tentunya hal ini akan membuat hp anda menjadi kewalahan. Walaupun ada 1 aplikasi atau game yang terinstal di hp android anda. Tetapi spek aplikasi / game tersebut sangatlah tinggi. Misalnya membutuhkan ram 2 gb, dll, tapi anda paksakan di hp dengan ram 1 gb. Yang ada ram hp anda menjadi cepat penuh dan otomatis hp menjadi lemot.

Maka dari itu bijaklah didalam memilih dan menginstal aplikasi atau game yang akan anda mainkan. Agar hp anda tidak menjadi sering ngelag dan bootlop.

4. Banyaknya sampah di dalam memory internal hp anda

Jika memory internal hp anda penuh. Maka kinerja atau peforma hp anda akan menurun. Hal ini akan berpengaruh pada kinerja hp android yang anda punya. Tentunya hal ini juga akan membuat hp anda menjadi lemot dan sering ngelag.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menghapus chache sampah yang ada di hp anda, dan juga menghapus berbagai file dan aplikasi yang tidak diperlukan.

5. Kelamaan ngegame dan internetan

Terkadang, jika anda terlalu lama internetan dan ngegame, apalagi ngegame online. Hal ini akan menyebabkan hp anda menjadi cepat panas.

Panasnya hp tersebut bisa berasal dari baterai maupun dari kinerja aktivitas jeroan / hardware hp anda, sebut saja seperti cpu dan gpu. Nah, hal inilah yang dapat menyebabkan hp menjadi lemot.

Untuk mengatasinya ya cukup simpel, anda harus pandai didalam mengatur jadwal berinternet dan ngegame. Masa' iya anda 24 jam nonstop internetan ?, Sungguh nolife sekali hidup anda 😫.

Ya, saya rasa ke-5 penyebab diatas lah yang sering menjadi sumber utama kelemotan hp yang anda punya. Lakukan berbagai tips yang tersebut diatas, agar hp anda tidak mudah menjadi lemot lagi. Cukup sekian saja, dan semoga bermanfaat . . .

Kenapa hp lemot padahal aplikasi sedikit ? Penyebab & cara mengatasinya !!
4/ 5
Oleh

Leave your comment