Sunday, September 9, 2018

13 Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Ya, siapa sangka di zaman yang serba modern ini. Segala hal rasanya dapat dilakukan secara online. Termasuk didalamnya mengenai pekerjaan, yakni mendapatkan atau menghasilkan uang dari internet.

Dahulu, sebelum internet booming di indonesia, rasanya kebanyakan pekerjaan dilakukan secara fisik, secara langsung / face to face. Mulai dari masalah surat-menyurat, pengiriman uang, dan sebagainya. Namun kini, tinggal sekali klik dari aplikasi saja, semua pesan, berita, pengiriman uang, komunikasi, dll, langsung bisa diakses dan terkirim ke seluruh dunia.

13 Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Nah, dari perkembangan zaman inilah, terlahir banyak cara untuk menghasilkan uang atau mendapatkan uang dari dunia maya / internet. Akan tetapi, untuk mendapatkan uang dari internet, tidaklah semudah yang anda bayangkan. Apalagi jika anda tidak memiliki pengetahuan khusus tentang internet. Rasanya akan sangat sulit untuk mendulang dan mencari pundi-pundi uang / kekayaan di dunia maya ini.

Jadi, tidak ada itu yang namanya dapat uang dari internet secara gratis atau tanpa modal. Karena sedikit banyak pasti dibutuhkan sejumlah kuota, dan ilmu pengetahuan yang cukup untuk bisa mulai mencari tambahan uang di internet.

Nah langsung saja, cukup sekian basa-basinya. Berikut berbagai cara untuk mendapatkan uang dari internet bagi pemula :

1. Menjadi penulis atau blogger

Dengan menjadi seorang blogger, anda dapat menghasilkan uang dari setiap iklan yang tayang pada blog yang anda kelola. Entah itu iklan apa saja, baik itu berupa iklan yang berbasis cpc (cost per click / dibayar perklik), cpm (cost per mille / dibayar setiap 1000x tayang iklan), iklan mandiri, popup, popunder, dan berbagai jenis iklan lainnya.

Jadi, semakin banyak jumlah pengunjung yang mampir ke blog anda. Maka semakin banyak pula kesempatan anda untuk mendapatkan uang. Contoh mudahnya ya seperti pada blog ini, di blog ini terdapat berbagai jenis iklan yang berasal dari media periklanan milik google, Yakni google adsense.

2. Menjadi youtuber dan vlogger

Hampir sama seperti menjadi seorang blogger. Dengan menggunakan media video, video yang diupload atau diunggah di youtube. Anda dapat berkesempatan memperoleh pundi-pundi uang dari setiap iklan google adsense yang tampil pada video yang anda unggah tadi.



Semakin banyak jumlah video anda, semakin ramai kunjungan dan view pada video anda, semakin banyak jumlah subscriber pada channel youtube anda. Maka semakin banyak pula uang yang akan anda dapat.

3. Menjadi publisher / penerbit periklanan online

Selain menjadi blogger dan youtuber, mungkin anda dapat memasang berbagai periklanan online pada situs atau website yang anda miliki. Misalnya saja seperti website khusus streaming video, situs donwloadan, safelink dan sebagainya.

Dengan banyaknya pengunjung organik yang datang ke situs anda. Maka semakin banyak pula impresi dan klik yang terjadi pada iklan yang anda pasang di situs anda. Dari sanalah pundi-pundi uang akan mengalir dengan derasnya.

4. Endorsement

Jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat suatu artikel maupun video kreatif. Anda dapat juga menjadi seorang adm, menjadi artis dunia maya yang memiliki banyak follower di berbagai sosial media. Sebut saja misalnya seperti di instagram dan facebook.

Nah, jika anda sudah terkenal dan memiliki banyak follower. Maka akan ada beberapa pihak yang berusaha untuk menawarkan endorsement / promosi produk pada akun media sosial anda. Nah, dari setiap promosi itulah, anda akan mendapatkan sejumlah uang.

5. Menjadi dropshipper

Di dewasa ini, menjadi seorang dropshipper sangat digemari oleh berbagai masyarakat di penjuru dunia. Mengapa bisa demikian ?, Karena dengan menjadi seorang dropshipper. Anda dapat berjualan dengan modal sekecil-kecilnya, anda tidak perlu membeli dan mengirim barang secara langsung.

Yang anda lakukan cuma mencari pelanggan atau pembeli. Dan segala aktivitas pengepakan dan pengiriman barang dilakukan oleh pihak supllier. Akan tetapi barang yang dijual masih dengan atas nama anda sendiri. Mantap ngak ?...

6. Menjadi reseller

Menjadi reseller di dunia maya juga cukup menjanjikan. Namun untuk dapat berjualan online ala reseller ini. Diperlukan sejumlah modal yang besar, dan tentunya juga membutuhkan pengalaman yang mumpuni. Jadi, tidak asal genjot begitu saja.

7. Berjualan online

Sudah banyak sekali toko online yang bertebaran di internet. Begitu juga dengan jasa pengiriman barang. Kesemuanya saling bahu-membahu membentuk sebuah simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Dengan berjualan online, anda tidak perlu lagi bertatap muka dengan penjual atau pembeli.

Anda tinggal menyetok barang, menempelkan harga, dan tinggal berdiskusi dan klik sana dan sini. Barang pun siap diantar ke rumah pembeli tadi.


Selain menjual barang fisik, anda pun dapat berjualan barang nonfisik lain di dunia maya. Misalnya sebut saja seperti berjualan pulsa, jualan akun game, item dan uang game, jualan akun medsos, juakan fanspage facebook, jualan jasa leveling online game, dan sebagainya.

8. Menjadi freelancer

Menjadi freelancer atau tenaga kerja lepas sangatlah membutuhkan skill yang mumpuni. Semakin banyak keahlian yang anda miliki, maka semakin banyak pula uang yang anda dapatkan.

Pekerjaan online yang dapat anda lakukan misalnya saja seperti menjadi seorang programmer, jasa web design, mengajar online, artist / tukang gambar, ahli seo, menjadi penulis bayaran, dan masih banyak yang lainnya.

9. Menjadi penerjemah

Seorang penerjemah bahasa asing juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang yang banyak. Karena banyak sekali orang yang membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan artikel mereka ke dalam bahasa asing, maupun juga untuk menerjemahkan suatu novel dan karya tulis mereka ke bahasa lain.

10. Jasa review suatu produk

Selain menulis artikel atau postingan, biasanya bagi blogger yang mengambil niche dan topik tentang toko online. Maka akan ada beberapa pihak dari toko online yang menawarkan jasa review produk pada si penulis atau author blog tadi.

Pada setiap produk yang mereka review, pihak atau staff promosi toko online tadi akan memberikan sejumlah komisi pada si author blog tadi. Uang yang diberikan sangatlah bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah per sekali tulis / artikel review produk.

11. Menjadi pengembang / developer game dan aplikasi

Seorang developer atau pembuat game dan software. Mereka akan dapat menghasilkan pundi-pundi uang dari setiap aplikasi yang mereka buat. Banyak cara yang dilakukan seorang developer game untuk menghasilkan sejumlah uang.

Ada yang dengan cara menjual aplikasi dan game, misalnya seperti berbagai game dan aplikasi android yang ada di playstore. Ada juga yang menyisipkan iklan di dalam aplikasinya. Ada juga yang menyediakan fitur topup dan member premium pada aplikasi dan game yang dibuatnya. Dan masih banyak cara yang lainnya.

12. Menjadi admin, moderator situs dan forum

Dibeberapa situs dan forum yang besar, mereka para pembuat situs dan forum tentunya kewalahan jika diharuskan untuk mengurus situsnya secara solo atau sendirian. Maka dari itulah dibutuhkan seorang admin dan moderator bayaran yang ditugaskan untuk mengurus dan menjaga situs / forum yang mereka buat.

13. Mengikuti lomba dan event

Terkadang, di suatu situs maupun akun sosial media suatu perusahaan. Misalnya saja seperti beberapa fanspage developer game yang ada di facebook.

Mereka seringkali mengadakan berbagai jenis event dan lomba yang berhadiah uang, pulsa, maupun aksesoris dan barang yang menarik. Dari sinilah kesempatan anda untuk mendapatkan sebuah hadiah unik dari dumay atau internet bermula.

Nah, begitulah berbagai cara untuk mendapatkan atau menghasilkan uang dari internet. Sebenarnya masih banyak cara yang lainnya, namun bagi anda yang pemula rasanya akan sulit untuk mencerna materi yang ada. Saran saya sih, jika anda masih pemula, coba saja terjun ke dalam dunia perbloggingan dan peryoutuban 😂. Jika anda memiliki modal lebih, coba saja untuk memulai bisnis online shop. Kalau saya sih lebih baik have fun & ngevent aja 🤣, mumet cuy. Cukup sekian, semoga berhasil . ..

13 Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula
4/ 5
Oleh

Leave your comment