Thursday, September 20, 2018

7 cara agar tidak mengantuk saat begadang semalaman

Yang namanya malam pasti identik dengan yang namanya istirahat atau tidur. Kebanyakan orang diwaktu malam pastilah tidur untuk mengistirahatkan tubuh dan otak mereka yang sudah kelelahan karena aktivitas seharian. Nah, bagi sebagian orang hal ini malah tidak berlaku. Sebut saja mereka adalah orang-orang yang bekerja di waktu malam, pekerja shift malam, blogger, programmer, pengacara (pengangguran banyak acara), dan lain sebaginya.

Mereka yang beraktivitas dimalam hari, entah itu aktivitas seperti bekerja, atau hanya sekedar menghabiskan waktu di internet semalaman, ngegame online dan sebagainya. Pastilah mereka tidak ingin mengantuk dikala aktivitas yang sedang dikerjakannya tersebut. Nah, pertanyaannya adalah Bagaimana caranya begadang agar tidak mengantuk ?. Begini jawabannya . . .

1. Jangan berdiam diri

Jika anda sedang begadang, janganlah anda berdiam diri terlalu lama. Misalnya seperti duduk, berbaring atau bersandar terlalu lama tanpa melakukan apa-apa. Karena hal ini dapat memicu rasa kantuk. Sehingga jika anda tidak beraktivitas sedikitpun, lama-lama anda pasti akan tertidur.



Jadi usahakan saja untuk aktif beraktivitas, walaupun aktivitas ringan sekalipun. Misalnya seperti berjalan-jalan, bercengkrama bersama teman, dll.

2. Bercengkerama bersama teman

Seperti yang tersebut diatas, bercengkrama bersama teman. Bermain bersama teman terbukti ampuh untuk mencegah rasa kantuk. Kebersamaan bersama teman di waktu begadang, entah itu hanya sekedar bercanda, nongkrong, nonton bareng / nobar dan sebagainya. Pasti akan mengurangi rasa kantuk yang ada di mata anda.

3. Menonton film yang menegangkan

Menonton film yang seru, tetapi bukan film iykwim ya 😈. Dengan melakukan aktivitas tersebut, misalnya menonton film action, film horror, film thriller satu season. Jika anda menyukai film tersebut, tanpa terasa eh sudah pagi saja. Karena anda terlalu fokus dengan film, Sampai-sampai lupa dengan waktu.

4. Minum kopi

Kandungan kafein pada kopi terbukti ampuh untuk mencegah rasa kantuk datang menghampiri. Karena kafein berfungsi untuk mengecoh otak agar tidak merasa lelah. Jadi saran saya jangan sering terlalu banyak minum kopi. Karena walaupun anda tidak mengantuk, tetap saja diri anda sebenarnya masih lelah / kelelahan.


5. Mabar bareng

Yap, di zaman yang serba online ini. Para pengangguran, remaja, pemuda, semua usia. Mereka sangat suka sekali dengan yang namanya bermain game online. Apalagi jika sudah menyangkut game moba, battle royal, fps, tps, dan mmorpg. Begadang semalaman juga akan mereka lakukan demi menjadi yang terbaik didalam dunia game yang mereka mainkan.

6. Ngesosmed / chattingan

Jika anda sedang begadang sendirian. Bingung mau ngobrol dengan siapa. Hari anda penuh dengan rasa suntuk dan jenuh. Tenang saja, sosial media selalu aktif 24 jam. Disana juga banyak orang yang kondisinya sama seperti anda. Mereka begadang semalaman, asik internetan, ngesosmed, ngeyoutube, dan chattingan.

7. Berintrospeksi diri

Dikala malam tiba, hidup anda yang menyedihkan, penuh beban kehidupan. Nolep, sendirian tanpa teman. Bujangan, stress tanpa pekerjaan. Mau tidur ngak bisa, mau begadang tapi sedih sendirian. Jangan lupa untuk berintrospeksi diri.

Cari jawaban masalah hidup anda. Tanyakan pada hati kecil anda, mengapa semua ini dapat terjadi ? Why, doushite ?. Kami sama, what is happening with me ?. Apa yang salah dengan diri ini. Curahkan semua masalah anda kepada Tuhan. Waktunya kembali kepada Tuhan, sholatlah dan curahkan semua kesedian dan masalah hidup anda. 😭

Ya, begitulah gan. Ke-7 cara supaya tidak mengantuk saat begadang. Cukup sekian, dan semoga bermanfaat.

7 cara agar tidak mengantuk saat begadang semalaman
4/ 5
Oleh

Leave your comment