Monday, September 24, 2018

7 Cara mudah mengusir tikus dari atas plafon / atap rumah

Untuk menghilangkan, atau mengusir tikus yang bersarang di atas plafon rumah. Hal ini tentunya agak menyulitkan. Karena tikus yang berlarian di atas plafon rumah, pastinya akan sulit diusir dengan cara yang biasa. Sehingga anda haruslah berperan aktif didalam kegiatan mengusir tikus ini.

Tidak seperti tikus atau curut yang berkeliaran di dalam rumah. Tikus yang belarian dan membuat gaduh di atap atau diatas plafon rumah, tentunya hal ini akan sangat menganggu. Maka dari itu untuk mengusir tikus ini dari atas plafon rumah anda. Sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu kelemahan tikus-tikus ini.



# Kelemahan tikus atau yang ditakuti tikus

1. Predator alami

Sudah wajar di dunia ini, para predator lah yang akan merajai ekosistem di suatu wilayah tertentu. Hal ini juga berlaku untuk tikus rumah, mereka semua akan ketakutan dan lari tunggang langgang dari rumah ketika melihat, merasakan atau mendengar pemangsa atau predator yang akan mengancam hidup mereka. Contoh dari predator alami dari tikus ini misalnya adalah kucing, burung hantu dan ular.

2. Bau yang menyengat

Tikus rumah, dan tikus sawah sangat tidak menyukai yang namanya bau-bauan yang menyengat. Hidung mereka akan menjadi iritasi dan sakit jika didekatkan dengan bau-bauan yang menyengat. Mereka tidak menyukai aroma bau-bauan yang sejenis dengan bau amonia, obat-obatan, mint, asap dan juga bau durian.

Tentunya bau-bauan tersebut tidak berlaku bagi tikus got. Karena mereka pada dasarnya sudah terbiasa hidup di tempat yang sangat kotor dan bau. 😷

3. Tempat yang berisik

Tikus rumah dan sawah tidak menyukai bunyi-bunyian yang berisik. Setiap ada bunyi-bunyian yang berisik, pasti mereka akan cepat kabur dan meninggalkan tempat tersebut. Tikus lebih menyukai tempat-tempat yang sunyi dan sepi. Karena tempat seperti ini sangat cocok untuk dijadikan sarang, apalagi jika tempat tersebut dekat dengan sumber makanan. Pastilah akan ada banyak tikus yang nongkrong di tempat tersebut.

Nah, setelah mengetahui kelemahan tikus tersebut. Maka pastinya anda sudah dapat menebak cara-cara yang ampuh untuk mengusir tikus ini dari atas plafon rumah anda. Cara-cara untuk mengusir tikus dari atas plafon rumah adalah seperti berikut.

# Cara mengusir tikus dari atas plafon / atap rumah

1. Memelihara kucing

Dengan adanya kucing, apalagi kucing anda adalah kucing kampung yang aktif dan suka mengeong. Maka hal ini akan menjadi mimpi buruk bagi para tikus yang berkeliaran di rumah maupun diatas plafon rumah anda.

Dengan adanya predator alami seperti kucing di rumah anda. Hal ini akan membantu untuk menakut-nakuti tikus yang ada di dalam rumah dan di atas plafon rumah anda. Walaupun kucing kampung peliharaan anda tidak dapat menjangkau plafon rumah anda. Suara ngeongannya saja sudah cukup ampuh untuk membuat tikus lari menjauh karena ketakutan.

2. Memelihara jangkrik

Tikus sangat tidak menyukai suara berisik. Termasuk di dalamnya yakni suara jangkrik ini. Jadi untuk mengusir tikus dari atap rumah anda atau dari atas plafon rumah anda. Alangkah baiknya jika anda mencoba untuk memelihara jangkrik.

3. Meletakkan kapur barus di jalur lewat tikus

Di tempat-tempat biasanya tikus terlihat. Misalnya di dekat dapur, di wc, di pintu halaman belakang rumah, di pipa tandon dan sebagainya. Jangan lupa untuk meletakkan kapur barus atau kamfer didekatnya. Gantungkan kapur barus dekat dengan tempat-tempat lewatnya tikus. Agar si tikus tadi tidak balik lagi berlarian dan membuat gaduh di rumah dan plafon rumah anda.


4. Meletakkan kulit durian di jalur lewat tikus

Seperti yang tersebut pada pembahasan diatas. Tikus juga tidak menyukai aroma menyengat buah durian. Maka dari itu, kulit durian juga cocok dijadikan sebagai bahan alternatif pengusir tikus selain kapur barus seperti diatas.

5. Menanam peppermint

Tikus juga sangat tidak menyukai aroma atau bau mint. Maka otomatis jika anda menanam tanaman pepermint, tikus sedikit banyak akan pergi menjauh dari pekarangan rumah anda. Dan tikus pun tidak akan berani masuk ke rumah dan bersarang di plafon rumah anda.

Selain menanam pepermint, anda juga dapat meletakkan daun peppermint di jalur lewat tikus. Agar nantinya tikus tersebut pergi menjauh dari rumah anda.

6. Memasang jebakan tikus

Untuk membasmi tikus secara langsung. Maka anda haruslah menangkap dan membuang seluruh tikus dari rumah anda. Pasang jebakan tikus di atas plafon rumah anda. Dan buang atau basmi semua tikus yang terjerat perangkap yang anda pasang. Jebakan tikus ada yang berbentuk seperti kurungan besi, ada juga yang berbentuk perekat, dan sebagainya.

Yang terpenting anda janganlah sampai memasang racun tikus. Karena dikhawatirkan dapat melukai hewan peliharaan anda atau orang lain. Karena bisa jadi umpan tikus yang beracun tersebut dimakan kucing anda. Atau mungkin tikus yang sudah tepar dimakan kucing orang, Kan bisa gawat jadinya. Belum lagi masalah bangkai tikus yang tidak tahu tempatnya dimana. Bisa-bisa rumah anda menjadi bau bangkai. 😷

7. Memanggil jasa pembasmi / penanggulangan hama tikus

Siapa tahu di daerah sekitar tempat anda tinggal ada jasa pembasmi hama tikus dan sebagainya. Maka anda dapat menyewa jasa mereka untuk mengusir seluruh tikus dari rumah anda.

Dengan adanya tenaga ahli seperti ini, maka seluruh tikus, curut dan sejenisnya yang membandel dan merajalela di rumah anda akan cepat diusir, dan dibasmi dengan mudah. Sehingga nantinya rumah anda akan terbebas dari gangguan tikus seperti sedia kala.

7 Cara mudah mengusir tikus dari atas plafon / atap rumah
4/ 5
Oleh

Leave your comment