Wednesday, September 26, 2018

8 Cara belajar agar mudah diingat, paham dan cepat masuk ke otak

Di dalam mempelajari sesuatu hal. Dalam hal ini yakni pelajaran sekolah. Untuk mudah di dalam mengingat dan memahami suatu pelajaran. Tentunya harus didukung dengan cara atau trik belajar yang efektif dan efisien. Jika anda asal-asalan dan terus-terusan belajar, dalam artian membaca buku pelajaran. Maka sudah dapat dipastikan, anda nantinya akan menjadi jenuh, stres, pusing dan semua materi pelajaran akan buyar, menghilang dari ingatan atau otak anda. Jadinya usaha anda didalam belajar akan menjadi sia-sia.

Maka dari itu, di dalam belajar, membaca dan mempraktekkan sesuatu agar mudah ingat, faham dan cepat masuk ke otak. Anda haruslah mencoba berbagai tips dan triknya seperti yang tersebut dibawah ini.

# Cara belajar agar mudah diingat, paham dan cepat masuk ke otak

1. Ada niat yang kuat untuk belajar

Jika anda sudah berniat dan bertekad untuk belajar, berniat untuk menghafal atau mempelajari mata pelajaran tertentu. Maka anda sudah bisa dipastikan akan cepat memahami semua materi pelajaran yang anda baca atau pelajari.



Jika anda tidak memiliki niat sedari awal, maka sudah dapat dipastikan anda tidak akan pernah menyentuh buku pelajaran. Yang ada nantinya anda akan malas, dan langsung cabut pergi untuk bermain.

2. Cari tempat dan suasana yang nyaman untuk belajar

Situasi dan kondisi didalam belajar sangat berpengaruh bagi seseorang yang sedang belajar. Apabila anda belajar ditempat yang penuh dengan gangguan, maka sudah dapat dipastikan jika nantinya semua materi pelajaran yang akan anda baca atau hafal tidak akan masuk ke otak anda. Semuanya akan menjadi buyar dan sia-sia.

Maka dari itu, disarankan sebelum belajar anda haruslah mencari tempat dan suasana yang nyaman. Misalnya jika anda menyukai belajar di ruangan yang tenang, ya cari tempat dan suasana yang penuh ketenangan. Dan begitupula sebaliknya...

3. Belajar sedikit-sedikit namun berulang

Di dalam belajar, di dalam menghafal maupun mempelajari suatu materi tertentu. Anda haruslah melakukan kegiatan tersebut, yakni membaca atau belajar dalam kurun waktu yang singkat namun berulang. Janganlah anda memaksakan diri untuk membaca satu buku penuh, misalnya satu lks atau satu buku paket dalam satu kali waktu belajar.

Hal tersebut nantinya akan menjadi sia-sia, karena otak anda pastinya tidak akan mampu untuk menyerap semua ilmu dan segala pelajaran yang tertulis di dalam buku.

Maka dari itu, cobalah setiap hari untuk membaca materi pelajaran selama beberapa menit dalam selang waktu tertentu. Misalnya anda membaca buku biologi tentang ekosistem, dan populasi. Maka baca dulu mengenai materi populasi sampai paham dan mengerti. Cukup baca bab tersebut dalam waktu 5-10 menit. Kemudian lanjutkan beraktivitas dalam beberapa waktu / jam. Lalu baca lagi materi tentang populasi. Setelah paham dan lancar, hafal sampai sedetail-detailnya. Barulah anda masuk dan mempelajari masalah ekosistem.

4. Mencatat apa yang dipelajari

Catat semua atau sesuatu yang anda pelajari. Dengan mencatat materi yang anda pelajari didalam buku. Maka secara otomatis anda juga ikut membaca dan mengingat materi pelajaran tersebut. Karena pada dasarnya, disaat anda mencatat atau menulis sesuatu. Maka secara langsung anda juga ikut membaca pelajaran tersebut didalam hati, dan juga anda mengingat pelajaran tersebut didalam otak.

5. Menandai poin-poin penting

Tandai poin-poin penting pada segala mata pelajaran yang anda pelajari. Misalnya jika anda belajar sejarah, maka tandai tentang nama tokoh, tanggal kejadian, tempat kejadian peristiwa tersebut sedang terjadi. Hal ini juga berlaku bagi pelajaran lainnya, misalnya seperti fisika, kimia, bahasa inggris, bahasa indonesia, matematika, agama dan sebagainya.

6. Belajar kelompok

Belajar kelompok, berarti anda belajar bersama-sama dengan teman anda. Entah itu teman sekelas, satu sekolah, atau beda sekolah, Semuanya tidaklah menjadi masalah. Karena dengan belajar kelompok, maka anda dapat berdiskusi dengan teman-teman anda. Dari sini, materi pelajaran yang tidak anda pahami dapat anda tanyakan ke teman anda yang lebih paham dan pintar. Sehingga nantinya anda juga ikut ketularan paham dan menjadi lebih pintar.


7. Belajar di waktu dini hari

Percaya atau tidak, jika anda sudah terbiasa bangun pagi. Sudah terbiasa sholat subuh. Anda menjadi segar di dini hari, maka diwaktu itulah pikiran atau otak kita sedang berada di masa puncaknya. Jika anda belajar atau membaca di waktu tersebut, maka materi pelajaran yang anda baca akan cepat masuk atau terserap ke otak. Mudah diingat, mudah dihafal dan dipahami.

8. Berdoa

Sebelum dan setelah belajar jangan lupa untuk berdoa. Minta kepada Tuhan agar semua materi pelajaran yang anda baca mudah diingat, dihafal dan dipahami. Sehingga diwaktu ada ulangan atau ujian di esok hari dan waktu tertentu. Anda dapat dengan mudah mengerjakan semua soal yang dibebankan kepada anda.

Ya, begitulah kiranya ke-8 tips dan trik untuk belajar. Dengan kesemua cara yang tersebut diatas, semoga saja anda dapat dengan mudah untuk mengingat, menghafal, memahami dan menguasai semua materi pelajaran yang anda baca / pelajari.

8 Cara belajar agar mudah diingat, paham dan cepat masuk ke otak
4/ 5
Oleh

Leave your comment