Thursday, September 27, 2018

9 Cara cepat belajar bahasa inggris secara otodidak / belajar sendiri

Untuk mempelajari bahasa asing, dalam hal ini yakni adalah bahasa inggris, Sebenarnya sangatlah mudah. Karena pada umumnya orang indonesia adalah orang-orang yang menguasai lebih dari satu bahasa di dalam hidupnya (bilingual & multilingual). Jadi, saya rasa untuk mempelajari bahasa lainnya bukanlah sebuah halangan yang berarti.

Nah pertanyaanya adalah, bagaimanakah cara cepat untuk menguasai bahasa inggris secara mandiri atau secara otodidak ?. Berikut jawabannya . ..

# Cara belajar bahasa inggris secara otodidak dengan cepat

1. Niat dan tekad yang kuat

Tanpa niat, semua jenis usaha dan pekerjaan pastinya akan menemui yang namanya kegagalan dan kehancuran. Termasuk didalam hal ini yakni untuk belajar bahasa inggris.



Jika niat dan tekad anda sudahlah bulat. Maka segala rintangan, segala usaha untuk mempelajari dan menguasai bahasa inggris. Pastinya nanti akan menjadi lebih mudah / ringan.

Sebagai penyemangat, tanamkan didalam diri anda. Sebuah misi untuk dapat mengalahkan anak-anak di inggris sana. Masa' iya, anda kalah lancar dan fasih berbahasa inggris dengan anak usia 5 Tahun ?.

2. Siapkan materi yang mencukupi

Untuk mempelajari bahasa inggris. Maka anda haruslah memiliki materi pembelajaran yang mumpuni. Misalnya saja seperti kamus bahasa inggris, materi tentang tenses, verb, adjective, dan sebagainya.

Pelajari dasar-dasar bahasa inggris terlebih dahulu. Mulai dari penggunaan kata subjek seperti they, we, i, you, he, she, it. Kata benda, kata kerja, kalimat tanya, dan sebagainya.

3. Rajin-rajinlah untuk membaca cerita berbahasa inggris

Cobalah untuk sering membaca cerita, buku, dan novel yang berbahasa inggris. Dengan semakin berjalannya waktu, nanti anda pastilah akan terbiasa dengan bahasa inggris tersebut. Dan sedikit banyak anda akan mengerti isi dari cerita yang menggunakan bahasa inggris tersebut.

Saya sendiri sudah membuktikannya, kurang lebih dua tahun belakangan ini saya selalu membaca novel yang berbahasa inggris. Dan saya pun mengerti dengan isi dan terjemahan dari seluruh isi cerita yang terdapat di dalam novel tersebut.

Jika anda tidak mengerti atau kurang familiar dengan kosa kata baru yang ada di dalam novel. Anda tinggal mencari terjemahannya di kamus, atau di google translate. Dengan cara ini, secara bertahap anda pun akan menguasai bahasa inggris pasif (mampu membaca dan mengerti terjemahan bahasa inggris).

4. Rajin rajin untuk menonton film berbahasa inggris

Untuk mengasah kemampuan anda didalam berbicara bahasa inggris. Untuk mengoreksi dan belajar pengucapan bahasa ingggris. Anda dapat mencoba untuk menonton film yang menggunakan bahasa inggris (sub indo).

Dengarkan pengucapan para aktor yang ada di dalam film tersebut. Kemudian praktekkan juga di saat itu juga. Jika anda beruntung, mungkin anda akan menemukan bahasa gaul, atau slang inggris di dalam film tersebut.

5. Jadikan google translate sebagai guru alternatif

Hidupkan koneksi internet anda. Masukkan berbagai kata dan kalimat bahasa inggris ke google translate. Dan coba dengarkan suara bot yang muncul dari fitur suara di google translate tersebut. Coba antara bahasa inggris versi amerika (us), australia (au), dan british (uk). Dan rasakanlah sensasi perbedaannya.

6. Baca, dengar dan praktekkan

Bacalah teks kalimat bahasa inggris yang anda pelajari. Misalnya dalam hal ini yakni tentang materi percakapan di bahasa inggris. Kemudian dengarkan ejaan pengucapan kalimat tersebut di google translate. Lalu cobalah anda untuk mengucapkan kalimat tersebut. Dengan semakin seringnya anda belajar, bercakap-cakap sendiri, semoga saja anda akan menguasai bahasa inggris secara aktif (mampu membaca, mendengar dan berbicara bahasa inggris).

Selain dari google translate, situs streaming seperti youtube juga dapat anda jadikan sebagai materi pembelajaran tambahan. Cari materi bahasa inggris di youtube, dan pelajarilah apa-apa yang diajarkan oleh youtuber disana. Ingat pilih video yang benar, jangan sampai anda malah kena prank.

7. Cari teman untuk praktek berbahasa inggris

Biar lebih afdol dan temon. Carilah teman yang dapat diajak untuk belajar bahasa inggris bersama. Sukur-sukur teman anda adalah orang yang pintar berbahasa inggris. Jika anda mulai praktek percakapan bahasa inggris dengannya. Maka sedikit banyak pastilah anda juga akan ketularan pintar berbahasa inggris.


Jika anda tidak memiliki teman atau nolife. Cukuplah anda ngobrol bahasa inggris sendiri di depan cermin. Keluarkan semua kemampuan anda dalam berbahasa inggris. Bicaralah degan bayangan anda sendiri di depan cermin 😢.

8. Jangan menyerah dan terus berusaha

Teruslah berusaha, teruslah berjuang menggapai cita-cita anda. Dalam hal ini yakni cita-cita didalam mempelajari bahasa inggris. Jika anda terus berusaha dan pantang menyerah, niscaya usaha yang anda lakukan suatu saat akan membuahkan hasil. Karena pada dasarnya usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Semakin anda berjuang keras, semakin cepat pula impian anda akan terwujud. Dan begitupula sebaliknya.

9. Berdoa

Usaha tanpa disertai doa ibarat seseorang yang makan nasi tapi tidak memakai alas (piring, dll). Nasi tersebut akan jatuh tercecer dimana-mana. Dengan berdoa, dengan ridho dari Tuhan yang maha esa. Maka segala usaha anda akan dipermudah.

Dengan demikian segala usaha anda didalam belajar bahasa inggris akan menjadi lancar jaya. Asalkan tujuan anda baik, pastinya Tuhan tidak akan pernah mengecewakan anda. Cukup sekian dan semoga bermanfaat. . .

9 Cara cepat belajar bahasa inggris secara otodidak / belajar sendiri
4/ 5
Oleh

Leave your comment