Tuesday, September 25, 2018

Apa itu arti ngegas ? Arti kata ngomong ngegas dalam bahasa gaul di sosmed & meme

Di sosial media, misalnya seperti di fb (facebook), twitter, wa, line, ig (instagram), youtube, dll. Banyak kita temui berbagai tulisan, status maupun komentar yang bernada ngegas. Orang-orang atau para netizen seringkali membuat komentar yang didalamnya terdapat kata-kata yang bernada ngegas.

Nah, sebenarnya apa sih maksud dari kata ngegas itu ?. Bagaimana ciri dari sesuatu, baik tulisan maupun perkataan yang dapat di sebut sebagai ngegas ?. Berikut jawabannya. . ..

1. Apa itu ngegas ?

Tentunya anda pernah mengendarai sepeda motor atau menyetir mobil dan sejenisnya ?. Dan apa yang terjadi jika anda memutar stang gas pada motor ?. Misalnya saja pada motor matic ?. Yang ada pastiah motor tersebut akan melaju semakin kencang.



Dan jika jagang atau standar motor tengah / bawah anda naikkan. Kemudian anda menghidupkan starter motor dan memutar stang gas motor. Kira-kira apa yang akan terjadi ?. Tentunya suara knalpot dan mesin motor semakin keras dan menjadi-jadi.

Dari logika diatas sudah dapat disimpulkan. Pada dasarnya istilah ngegas yang dipakai di dumay, di sosial media ini memiliki makna atau arti "Perkataan atau tulisan seseorang yang bernada keras, atau seolah terlihat sedang marah-marah pada seseorang atau sesuatu".

2. Ciri-ciri perkataan dan tulisan yang ngegas

Semua perkataan lisan, dan tulisan atau komentar yang bernada keras dan dengan maksud untuk marah-marah, menghina atau karena terpicu (triggered). Itulah yang disebut sebagai ngegas. Sedangkan ciri umumnya adalah sebagai berikut.

A. Ciri perkataan / ucapan ngegas

- Perkataan bernada keras
- Perkataan atau ucapan yang kasar
- Perkataan yang menyudutkan sesuatu atau pihak tertentu
- Penuh dengan kata-kata kotor / toxic


B. Ciri-ciri komentar / tulisan ngegas

- Biasanya setiap huruf pada tulisan selalu menggunakan huruf besar (capslock jebol)
- Penuh dengan kata-kata kotor dan cacian
- Biasanya diiringi dengan emoticon angry / marah (angry react)

Ya begitulah gan. Pada intinya kata ngegas ini ditunjukkan kepada orang-orang yang sedang terpicu atau marah-marah di sosmed.

Dan biasanya orang lain yang kebetulan melihat komentar ngegas ini. Selalu saja membalas komentar tersebut dengan kata "kalem uy". Contoh lainnya, "kalem euy, ngak usah ngegas gitu juga kali". Dan sejenisnya.

Apa itu arti ngegas ? Arti kata ngomong ngegas dalam bahasa gaul di sosmed & meme
4/ 5
Oleh

Leave your comment