Saturday, September 29, 2018

Pengertian visi dan misi sekolah beserta contohnya - arti, contoh visi misi sekolah

Seperti yang kita ketahui, yakni visi dan misi merupakan sebuah paket komplit mengenai perealisasian suatu tujuan, harapan dan cita-cita suatu lembaga dan kelompok di masyarakat.

Di mana pengertian visi adalah suatu harapan, pandangan kedepan suatu lembaga atau kelompok atau lebih jelasnya merupakan suatu tujuan dan cita-cita yang akan diwujudkan oleh suatu lembaga di masa depan yang akan datang.

Dan sedangkan pengertian misi pada umumnya adalah suatu pernyataan atau usaha yang akan dilakukan oleh suatu lembaga guna untuk mewujudkan visi yang dibuat tadi. Pada intinya visi ini adalah suatu upaya lembaga atau kelompok untuk mewujudkan visinya tadi.

Kembali ke topik utama. Bukan hanya perusahaan, atau suatu kelompok dan lembaga tertentu saja yang memiliki visi dan misi. Sekolah, tempat untuk menuntut ilmu pengetahuan juga memiliki visi dan misinya tersendiri guna untuk mencapai kebaikan bagi seluruh penghuninya. Pada khususnya yakni bagi para siswa-siswi pelajar sekolah atau generasi penerus bangsa.



Mungkin anda pernah ikut atau mengenal organisasi OSIS di sekolah ?. Di sekolah menengah pertama (smp), dan di sma (sekolah menengah atas), Biasanya para calon ketua osis selalu menyampaikan visi dan misinya disaat sebelum pemilihan ketua osis akan di mulai.

Hal tersebut, yakni visi dan misi bukan hanya berkutat pada organisasi kecil semacam osis saja. Setiap sekolah di dunia pasti juga memiliki visi dan misi tersendiri guna untuk kebaikan bersama bagi seluruh elemen sekolah.

1. Pengertian Visi sekolah

Visi sekolah, pengertiannya hampir sama dengan pengertian visi pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada tempat, dan tujuan / harapan yang berkutat hanya pada lingkungan sekolah.

Jadi bisa dibilang, pengertian visi sekolah adalah suatu harapan, cita-cita atau tujuan yang ingin diwujudkan oleh seluru penghuni / warga sekolah di masa-masa yang akan datang. Semua elemen yang ada di sekolah, baik mulai dari para guru, staff, pekerja dan siswa-siswi sekolah. Semuanya ikut andil didalam mewujudkan cita-cita dan harapan sekolah.

Visi sekolah ditentukan oleh para petinggi atau pejabat yang ada di sekolah. Kesemuanya sesuai atau sejalan dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat yang ada di suatu wilayah atau negara.

Dengan adanya visi sekolah ini, suatu sekolah akan memiliki tujuan dan cita-cita yang jelas di dalam pelaksanaannya. Sehingga di dalam masa-masa pendidikan atau belajar mengajar sehari-hari. Seluruh elemen sekolah, para guru dan murid akan termotivasi untuk ikut aktiv di dalam kegiatan belajar-mengajar, guna untuk mencapai kebaikan bersama dan masa depan yang lebih cerah.

# Contoh visi sekolah : Terwujudnya peserta didik yang beriman, bertaqwa, berprestasi, terampil, mandiri, berwawasan global dan bermanfaat bagi masyarakat luas


2. Pengertian misi sekolah

Seperti yang sudah disebutkan pada pembuka diatas tadi. Kurang lebih misi adalah suatu usaha atau upaya yang dikerjakan oleh lembaga guna untuk menggapai visi yang sudah dibuat tadi.

Hal ini juga berlaku bagi misi sekolah, misi sekolah jadi dapat juga diartikan sebagai suatu daya upaya atau usaha yang direalisasikan atau dikerjakan oleh seluruh elemen sekolah guna untuk mewujudkan semua visi yang sudah dibuat dan disepakati oleh para petinggi sekolah maupun pemerintah.

# Contoh misi sekolah :

a. Mengajarkan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan yang maha esa berdasarkan aturan agama yang ada.

b. Mewujudkan nilai-nilai keagamaan di dalam kehidupan sehari-hari.

c. Mendaya gunakan proses belajar mengajar, pendidikan akhlak dan konseling.

d. Meningkatkan penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan para siswa.

e. Membangun jiwa kemandirian dan jiwa sosial siswa lewat upaya pembiasaan, kewirausahaan, serta pengembangan diri dengan terencana dan berkelanjutan.

f. Membina hubungan yang baik dengan seluruh penghuni elemen sekolah dan masyarakat luas.

Pengertian visi dan misi sekolah beserta contohnya - arti, contoh visi misi sekolah
4/ 5
Oleh

Leave your comment