Sunday, October 14, 2018

10 Dampak buruk akibat sering begadang dan bangun kesiangan

Anda sering begadang, kurang tidur, dan bangun kesiangan ?. Katanya orang yang model begini, tidur malam, begadang dan bangun kesiangan adalah orang yang cerdas ?. Benarkah demikian ?. Apakah dampak buruk dari sering begadang dan bangun siang bagi kesehatan tubuh ?. Berikut penjelasannya . ..

10 Dampak buruk akibat sering begadang dan bangun kesiangan

Ya, menurut beberapa artikel yang saya baca. Menurut tulisan yang katanya ada di psychology today. Bahwa ternyata orang-orang yang cerdas cenderung aktif di malam hari untuk mengerjakan sesuatu. Banyak anak-anak muda yang tidur larut malam, mereka anak-anak yang cerdas yang suka mengeksplorasi pikirannya untuk mengerjakan sesuatu yang kiranya tidak dapat dikerjakan secara maksimal di siang hari. Misalnya saja seperti menulis, mencari ide dan inspirasi dan sebagainya.

Dilihat dari kasus diatas memang kiranya seseorang yang sering tidur larut malam dan begadang adalah orang-orang yang cerdas. Akan tetapi, semua ini tidak berlaku bagi sebagian orang di dunia ini. Pasalnya banyak orang-orang yang begadang, mereka melakukan hal yang tidak berguna. Seperti bermaksiat, j**i, m@b*k, zina, dan sebagainya. Tentunya ini sudah menjadi sebuah penyakit dan sampah masyarakat.



Jadi tidak semua orang yang sering begadang adalah orang yang cerdas. Namun, hanya beberapa segelintir orang saja yang dapat dianggap cerdas. Karena mereka menggunakan waktu dimalam hari untuk berpikir, mencari inspirasi, membuat suatu project, bertafakur, dan sebagainya. Tidak seperti kebanyakan penjahat di dunia.

# Dampak buruk akibat sering begadang dan bangun kesiangan

Kembali ke topik utama. Ternyata keseringan tidur larut malam, keseringan begadang dan bangun siang dapat membahayakan. Bahkan tak jarang banyak kasus yang saya temui, ada orang yang meninggal karena keasikan begadang.

Langsung saja, berikut bahaya yang ditimbulkan dari keseringan begadang.

1. Wajah nampak lebih tua

Jika anda sering begadang, maka wajah anda akan nampak terlihat lebih tua dari biasanya. Bahkan wajah anda akan nampak 10 tahun lebih tua dari umur anda. Selain itu, wajah andapun akan terlihat muram, kusam, pucat dan menyeramkan.

2. Timbulnya kantung mata dan bermata panda

Karena kelelahan, apalagi jika anda sering begadang sambil memandangi layar hp dan monitor. Maka mata anda akan menjadi cepat lelah, pembuluh darah di bawa mata akan melebar dan menghitam. Dan hasilnya anda memiliki kantung mata dan bermata seperti panda.

3. Kurang fokus, sensitif dan mudah marah

Jika anda kurang tidur. Pastilah pikiran anda akan menjadi kacau, dan tidak fokus. Anda tidak dapat berpikir dengan jernih, bawaannya sensitif dan mudah marah. Walaupun dengan hal yang sepele sekalipun.

4. Stres dan depresi

Selain itu, jika anda keseringan begadang. Maka anda lambat laun akan mudah menjadi stres. Dan jika stres menjadi berkepanjangan, anda pun dapat menjadi orang yang depresi. Setiap malam jadi insomnia, dan selalu terserang penyakit psikomatis.

5. Berhalusinasi

Kurang tidur, dan keseringan begadang juga dapat membuat seseorang menjadi mudah herhalusinasi. Selain berhalusinasi, orang yang sering begadang juga sering mengalamai sleep paralysis / rep-repan / ketindihan yang cukup menyeramkan.


6. Munculnya jerawat

Begadang juga dapat menyebabkan munculnya banyak jerawat pada wajah anda. Karena kelelahan, karena menurunnya sistem imun tubuh. Karena terpapar banyak iritan, maka kulit wajah akan menjadi sensitif dan mudah berjerawat.

7. Tubuh menjadi lemah, letih dan lesu

Ya sudah jelas adanya. Jika anda kurang tidur, sering begadang dan bangun kesiangan. Bawaannya tubuh menjadi lemas, mata ngantuk, badan terasa letih dan lesu. Walaupun anda sudah tidur siang. Tapi tetap saja tubuh terasa lelah, bahkan malah menjadi demam.

8. Sistem kekebalan tubuh / sistem imun melemah

Selain itu, begadang juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi melemah. Dengan lemahnya sistem imun ini, otomatis tubuh pun akan mudah terserang penyakit.

Penyakit yang dapat menjangkiti tubuh sangatlah bervariasi. Mulai dari penyakit yang ringan seperti flu dan anemia, sampai penyakit yang berat seperti angin duduk, gagal jantung, gagal ginjal, kanker, dan sebagainya.

9. Kerusakan organ

Jika sistem imun melemah. Setiap hari tubuh dan pikiran dipaksa untuk bekerja ekstra. Maka lama-kelamaan organ yang ada di dalam tubuh akan menjadi cepat rusak.

Sehingga orang yang sering begadang akan sangat sering mengidap penyakit berat di masa-masa yang akan datang. Misalnya penyakit tersebut seperti sakit maag kronis, gerd, gagal ginjal, hipertensi, stroke, jantung koroner, kerusakan hati, kanker, kerusakan syaraf, angina, diabetes, dan lain sebagainya.

10. Kematian mendadak

Mungkin anda pernah melihat berita atau membaca berita di berbagai media yang ada. Disana disebutkan ada seorang gamer yang meninggal secara mendadak saat ngegame dan begadang di warnet. Ada juga orang yang meninggal mendadak disaat asik begadang dan main catur. Dan lain sebagainya. .

Hal yang tersebut diatas adalah salah satu resiko terburuk dari begadang ini. Yakni meninggal secara mendadak karena angina, karena penyakit angin duduk. Karena menyempitnya pembulu darah di jantung, dan berkurangnya pasokan darah dijantung.

Hal tersebut dapat terjadi karena keseringan begadang, karena melemahnya sistem imun, karena stres dan depresi, karena obesitas, karena merokok, karena kurang olahraga dan sebagainya.

Begitulah berbagai dampak negatif, dampak buruk dan bahaya akibat dari kurang tidur, sering begadang dan bangun kesiangan. Cukup sekian dulu, jangan lupa sering-sering mampir ke blog ini ya. 😗

10 Dampak buruk akibat sering begadang dan bangun kesiangan
4/ 5
Oleh

Leave your comment