Wednesday, October 17, 2018

5 Kekurangan & Kerugian mencangkok tanaman / tumbuhan buah, bunga, dll

Setelah kemarin kita membahas mengenai manfaat, tujuan, kelebihan dan keuntungan dari mencangkok tanaman. Kini saatnya kita membahas mengenai kerugian atau dampak buruk yang diakibatkan dari mencangkok tanaman / tumbuhan ini.

Selain menguntungkan, kegiatan perkembangbiakan tumbuhan dengan metode vegetatif buatan mencangkok ini juga memiliki kekurangan atau kerugian. Kerugian dari mencangkok tanaman diantaranya adalah . .

# Kerugian dan kekurangan dari mencangkok tanaman / tumbuhan

1. Tanaman hasil cangkokan mudah tumbang

Karena akar tanaman hasil cangkokan masih lemah. Masih tersusun dari akar-akar baru yang cenderung mirip dengan akar serabut. Jadi tanaman hasil cangkokan, jika ditanam akan mudah tumbang jika dihadapkan dengan guncangan atau hembusan angin yang kencang.



Hal ini tentunya akan sangat berbeda dengan tanaman yang ditanam mulai dari biji. Karena akar dari tanaman dikotil, akar tunggang sangat kuat, menusuk jauh ke dalam tanah. Sehingga kuat menghadapi berbagai masalah seperti angin kencang dan sejenisnya.

2. Tanaman hasil cangkokan mudah terserang penyakit

Jika anda tidak berhati-hati dalam menanam tanaman hasil cangkokan. Maka tanaman tersebut akan mudah terkena penyakit. Khususnya penyakit yang menyerang akar tanaman hasil cangkokan tersebut. Jika anda kurang hati-hati, bisa saja akar tanaman hasil cangkokan menjadi busuk, berjamur atau juga menjadi kering. Sehingga tanaman hasil cangkokan tadipun akan cepat mati.

3. Tanaman cangkokan tidak tahan kering / kemarau panjang

Berbeda dengan tanaman yang ditanam mulai dari biji. Tanaman hasil dari cangkokan tidak tahan terhadap kekeringan. Tidak tahan kering dalam waktu yang lama. Jika kemarau panjang melanda, maka kemungkinan besar tanaman hasil cangkokan akan mati.

Hal ini disebabkan karena akar tanaman hasil cangkokan masih rendah. Masih belum jauh menembus ke dalam tanah. Sehingga, kebutuhan nutrisi, kebutuhan air akan sangat berkurang. Dan ujung-ujungnya dapat menyebabkan kematian pada tanaman.


4. Pohon indukan tempat mencangkok menjadi rusak

Jika anda melakukan pencangkokan pada tanaman induk secara sembarangan. Maka akan ada banyak cabang pohon induk yang akan terpotong, menjadi rusak karena dicangkok secara terus-menerus dan berulang.

Maka dari itu, jika anda berniat mencangkok tanaman. Entah itu tanaman buah, bunga dan sebagainya. Perhatikan juga jumlah cabang, dan kesehatan pohon tanaman induk. Agar nantinya, tidak terjadi kematian pada tanaman induk yang anda jadikan bahan cangkokan.

5. Tidak ada variasi genetik baru dalam tanaman hasil cangkokan

Ya, salah satu keuntungan dari mencangkok tanaman adalah kesamaan pada sifat-sifat tanaman. Sifat-sifat tanaman hasil cangkokan akan mirip dengan tanaman indukan. Akan tetapi, disisi lain, Dengan mencangkok tanaman maka perkembangbiakan tanaman tidak akan menghasilkan generasi tanaman baru yang memiliki sifat-sifat genetik yang unik dan berbeda. Jadi semuanya terkesan monoton dan sama saja.

Ya, saya rasa begitulah kekurangan atau kerugian dari mencangkok tanaman ini. Cukup sekian saja dan semoga bermanfaat. (Baca juga : Manfaat, fungsi dan tujuan mencangkok tanaman buah, tumbuhan dikotil, bunga, dll)

5 Kekurangan & Kerugian mencangkok tanaman / tumbuhan buah, bunga, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment