Tuesday, October 16, 2018

8 Keuntungan dan kerugian mencangkok tanaman serta cara mencangkok agar cepat tumbuh akar

Mencangkok tanaman merupakan sebuah kegiatan untuk memperbanyak tanaman dengan cara vegetatif buatan. Vegetatif sendiri artinya adalah suatu perkembangbiakan atau proses reproduksi makhluk hidup yang tidak membutuhkan proses perkawinan / aseksual.

8 Keuntungan dan kerugian mencangkok tanaman serta cara mencangkok agar cepat tumbuh akar

Nah, jadi pada intinya vegetatif buatan adalah suatu proses perkembangbiakan atau memperbanyak suatu organisme tanpa melalui proses perkawinan dengan bantuan tangan manusia. Salah satu contoh perkembangbiakan tanaman dengan cara vegetatif buatan ini misalnya seperti mencangkok ini.

# Tanaman yang bisa dicangkok

Cangkok hanya bisa dilakukan pada tanaman berjenis dikotil, tanaman berbiji belah dua, tanaman yang memiliki batang kayu, tanaman yang berakar tunggang.



Contoh tanaman yang sering dicangkok, misalnya adalah tanaman buah-buahan seperti tanaman jambu, sawo, jeruk, mangga, durian, dan sebagainya.

Nah, mungkin anda pernah bertanya. Mengapa hanya tumbuhan dikotil saja yang bisa dicangkok ?. Kenapa tanaman monokotil tidak bisa dicangkok ?. Jawabannya cukup mudah, memangnya tanaman monokotil, tanaman berakar serabut memiliki batang kayu ?, Memiliki cabang dan ranting ?, Memiliki kambium ?. Jawabannya tentu tidak, atau mungkin sangat jarang sekali. Coba saja anda bayangkan, anda mau mencangkok jagung, mau mencangkok kelapa. Lah apa yang mau dicangkok ? 🤣.

# Cara mencangkok tanaman

Mencangkok tanaman sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan berbagai bahan yang tersebut dibawah ini.

1. Tanaman induk
2. Pisau yang steril
3. Plastik / sabut kelapa
4. Tali
5. Tanah + sedikit pupuk kompos

- Langkah pertama pilih cabang pohon yang sekiranya tidak berpenyakit dan memiliki bentuk yang bagus. Bentuk yang lurus dan cocok untuk ditanam sebagai tanaman baru. Yang terpenting pilih cabang pohon yang tidak terlalu besar. Kalau kebesaran kan nanti repot jadinya 😂. Pilih yang sekiranya enak saja buat ditanam, misalnya cabang yang berdiameter sebesar 2 jari tangan.

- Berikutnya ambil pisau, kupas kulit kayu pada cabang tanaman. Kira-kira kulit kayu yang dikupas sepanjang 10-15 cm. Atur sesuai selera.

- Lalu kupas lagi jaringan tipis / floem putih yang menempel di tengah-tengah batang kayu. Agar pertumbuhan akar dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Jaringan floem ini jika tidak dikupas maka akan menyebabkan pertumbuhan akar menjadi terganggu.

- Setelah itu lanjutkan dengan memasang sabut kelapa, atau plastik pada bagian cabang pohon yang sudah di kupas tadi.

- Kemudian isi sabut kelapa atau plastik dengan tanah. Lalu ikat dengan sempurna. Pada media cangkok yang menggunakan plastik, jangan lupa untuk melubangi plastik agar air dapat masuk ke dalam tanah yang dipakai untuk mencangkok tadi.

- Jika anda mencangkok, dan tidak sedang musim hujan. Jangan lupa untuk menyirami cangkokan anda secara teratur. Pokoknya jangan sampai kering, dan jangan terlalu basah. Soalnya kalau kering akar tidak muncul, dan kalau terlalu basah malah berlumut dan berjamur.

- Setelah muncul akar pada tanaman cangkokan. Lansung saja potong cabang cangkokan tadi. Dan kemudian siap ditanam di tempat yang sudah dipersiapkan.


# Manfaat, tujuan dan keuntungan dari mencangkok tanaman

1. Tanaman hasil cangkokan memiliki sifat yang sama dengan tanaman induk. Mulai dari karakterisitik batang, buah, dan lain-lain semuanya identik.

2. Tanaman hasil cangkok lebih cepat berbuah.

3. Tanaman hasil cangkok memiliki batang yang rendah.

4. Lebih mudah memperbanyak dan menumbuhkan tanaman baru dengan cara mencangkok daripada harus menanam mulai dari biji.

# Kerugian mencangkok tanaman

1. Akar tanaman hasil cangkokan sangatlah rapuh, batang kayu tidak tahan angin dan guncangan, Mudah tumbang.

2. Tanaman hasil cangkokan mudah terserang penyakit. Misalnya seperti akar yang berjamur, akar yang membusuk, tidak tahan kering / kemarau dan sebagainya.

3. Tidak ada keunikan genetik pada tanaman hasil cangkokan. Karena sifatnya sama dengan pohon indukan yang dicangkok.

4. Biasanya umur tanaman lebih singkat daripada tanaman yang ditanam mulai dari biji.

Ya begitulah gan, langkah-langkah mencangkok tanaman serta keuntungan dan kerugian dari mencangkok. Cukup sekian dan semoga bermanfaat..

8 Keuntungan dan kerugian mencangkok tanaman serta cara mencangkok agar cepat tumbuh akar
4/ 5
Oleh

Leave your comment