Monday, October 1, 2018

9 Cara cepat menghafal pelajaran dalam waktu singkat

Untuk menghafal materi pelajaran, baik itu materi mata pelajaran sekolah tertentu, semisal tentang kata kerja didalam bahasa inggris, pelajaran uud dan proklamasi di dalam sejarah, naskah drama bahasa indonesia, ayat Alquran di dalam mata pelajaran agama islam dan lain sebagainya.

Semuanya akan mudah dihapalkan, mudah untuk diingat dan masuk diotak jika anda melakukan berbagai tips, trik atau cara yang tersebut di bawah ini.

# Cara mudah menghafal pelajaran dalam waktu singkat

1. Niat dan tekad yang kuat

Segala jenis pekerjaan, di dalam proses pengerjaan dan hasil kerjanya, Semuanya diawali dengan niat. Jika niatnya sudah kuat maka segala jenis pekerjaan akan dapat dikerjakan dengan mudah dan lancar, dan begitupula sebaliknya.



Hal ini juga berlaku didalam proses menghafal suatu materi pembelajaran. Jika kamu tidak ada niat untuk belajar dan menghafal materi pelajaran. Yang ada, pastinya kamu akan menjadi malas untuk belajar menghafal, dan malah lebih memilih untuk bermain-main. Jadinya sampai kiamatpun kamu tidak akan pernah menghafal materi pelajaran yang ada.

2. Motivasi

Setelah niat yang kuat, selanjutnya adalah motivasi. Apa tujuan kamu untuk menghafal suatu materi pelajaran tertentu ?. Apakah kamu ingin mendapatkan nilai yang baik ?, Atau mungkin ingin dipuji oleh teman sekelas dan guru ?, Atau malah kamu ingin membahagiakan orang tuamu lewat prestasi ?.

Segala jenis motivasi, sangat bermanfaat untuk membantumu di dalam proses belajar. Termasuk didalamnya yakni kegiatan menghafal materi pelajaran ini. Semakin kuat motivasimu, maka semakin mudah juga kamu untuk menghafal mata pelajaran yang ada.

3. Kondisi fisik dan pikiran

Sebelum menghafalkan sesuatu, entah itu materi pelajaran dan sebagainya. Perhatikan dulu kondisi fisik dan pikiranmu. Jika kamu sedang sakit, pikiran sedang kacau, bingung dan stres. Pastinya seberapa banyak materi pelajaran yang kamu coba hafal akan musnah, sia-sia, tidak dapat diingat.

Jadi sebelum menghafal, jaga kondisi kesehatanmu. Istirahat yang cukup, tenangkan pikiran, dan perkuat niat serta motivasimu.

4. Kondisi lingkungan

Untuk menghafalkan suatu materi pelajaran. Tentunya otak kamu haruslah dalam mode konsentrasi penuh. Jika ada suara-suara yang brisik di sekitarmu. Maka otomatis akan ada banyak materi pembelajaran yang sudah kamu baca, akan menghilang begitu saja dari ingatanmu. Hal ini terjadi karena kamu kurang fokus, dan perhatianmu dialihkan oleh suara-suara berisik tadi.

Jadi sebelum menghafal materi pelajaran, sebaiknya kamu mencari tempat yang tenang dan nyaman. Sehingga di saat menghafal nanti kamu akan dapat dengan mudah dan cepat mengingat semua materi pembelajaran.

5. Waktu yang tepat

Menghafal materi pembelajaran setelah waktu sholat shubuh. Terbukti ampuh menambah tingkat kecepatan hafalan kamu. Jadi setelah sholat shubuh, kondisi pikiran kamu masih fresh (tidak berlaku buat yang bangun kesiangan, pasti ngantukan). Suasana menjelang pagi masih segar, udara serasa jernih dan sejuk. Suasana yang tenang, cocok untuk mendukung kamu mempercepat proses hafalan yang sedang kamu kerjakan.

Sehingga, jika kamu melakukan hafalan setelah waktu sholat shubuh. Atau pada waktu fajar menjelang pagi. Maka semua materi hafalan yang kamu baca akan cepat masuk ke otak atau mudah diingat.

6. Membaca berulang-ulang

Disaat kamu mencoba menghafal materi tertentu. Cobalah untuk mengulang membaca pelajaran yang kamu hafal. Baca, hafalkan, tutup buku, ingat hafalan tadi, terus lakukan hal ini berulang-ulang. Agar kamu mudah menghafal semua materi pelajaran yang dibebankan ke kamu.


7. Mencatat materi hafalan

Dengan mencatat sesuatu, berarti kamu juga ikut membaca tulisan yang kamu tulis tersebut di dalam benak atau hati kamu. Dengan cara ini, membaca, mencatat dan menghafal. Maka hal ini akan mempercepat proses hafalan kamu.

8. Refreshing

Jangan mencoba untuk memaksakan dirimu ketika kamu sedang mencoba untuk menghafal pelajaran tertentu. Jika kamu sudah mulai jenuh, langsung saja istirahat sejenak. Refreshing, segarkan pikiranmu.

Setelah pikiranmu sudah kembali segar atau fresh seperti sedia kala. Langsung lanjutkan proses hafalan kamu.

9. Rajin mengingat dan mempraktekkan hafalan

Jika kamu sudah hafal dengan materi pelajaranmu. Maka jangan lupa untuk rajin-rajin mengingat dan mempraktekkan materi hafalanmu tadi. Misalnya jika kamu sedang menghafalkan ayat alquran. Maka sering-seringlah melantunkan hafalan ayat Alquran yang sudah kamu hafal tadi.

Dan begitu pula dengan teks puisi, naskah drama, kata-kata bahasa inggrs, rumus fisika-matematika-kimia, dan lain sebagainya. Karena suatu hafalan, jika sudah jarang atau sama sekali tidak diamalkan / dipraktekkan dalam jangka waktu tertentu. Pastilah hafalan tersebut akan menghilang dari ingatanmu.

Ya begitulah ke-9 cara mudah untuk mempercepat proses menghafal materi pelajaran agar mudah diingat dan cepat masuk ke otak. Cukup sekian dulu, semoga saja jika kamu mengamalkan apa yang tersebut seperti diatas. Kamu dapat dengan mudah untuk menghafal segala jenis materi hafalan atau mata pelajaran yang ada.

9 Cara cepat menghafal pelajaran dalam waktu singkat
4/ 5
Oleh

Leave your comment