Monday, October 1, 2018

9 Cara jual rumah agar cepat laku dan untung besar

Banyak orang yang memiliki rumah dan ingin menjualnya. Banyak juga orang yang sudah bertahun-tahun ingin punya rumah, tetapi tetap saja tidak bisa membangun rumah. Setiap daerah, setiap wilayah mestinya memiliki harga pasaran rumah yang relatif berbeda. Harga jual rumah yang terletak di tempat strategis, misalnya di pinggir jalan raya. Tentunya memiliki harga jual yang lebih tinggi, daripada rumah yang terletak di tengah-tengah pemukiman warga (desa). Begitu juga dengan jenis dan luas rumah, semuanya mempengaruhi harga jual dan cepat atau tidak lakunya rumah tersebut.

Nah, pertanyaannya adalah "Bagaimana caranya menjual rumah agar cepat laku dan untung besar ?", Berikut jawabannya . ..

# Cara cepat jual rumah :

1. Perhatikan harga pasaran rumah di daerah anda

Sebelum anda ingin menjual rumah. Riset terlebih dahulu tentang harga pasaran tanah dan rumah di sekitar tempat rumah anda dibangun. Tentukan harga rumah dengan bijak, jangan terlalu mahal, dan jangan pula terlalu rendah. Cukup yang sedang-sedang saja. Sekiranya cukup untuk anda memperoleh sejumlah keuntungan.



2. Percantik rumah anda

Sebelum anda ingin menjual rumah, lihat dulu tatanan rumah anda. Percantik tampilan rumah anda, bersihkan rumah yang ingin di jual. Tentunya tidak ada pembeli yang ingin membeli rumah kumuh dengan harga yang tinggi. Pasti mereka akan membeli rumah yang enak dipandang dengan harga yang tinggi. Jadi bisa dibilang, rumah yang cantik atau rumah yang bersih dan terawat akan menambah daya jual rumah anda.

3. Tonjolkan kelebihan rumah anda

Didalam rangka untuk menjual rumah. Jangan lupa untuk menonjolkan kelebihan-kelebihan rumah anda. Buatlah sekiranya, bagaimana caranya agar rumah anda memiliki nilai yang baik, reputasi yang baik. Agar nantinya rumah anda menjadi cepat laku saat di jual.

Coba saja anda bayangkan, jika rumah yang akan anda jual memiliki reputasi yang buruk. Misalnya seperti, rumah yang angker, rumah bekas terjadinya bunuh diri, dan sebagainya. Tentunya hal ini akan menghambat proses penjualan rumah anda.

4. Buat foto atau iklan yang menarik tentang rumah anda

Buat materi iklan, berupa foto-foto dan kata-kata yang menarik. Kemudian promosikan rumah anda di berbagai media yang ada. Fotolah rumah anda dengan kamera yang bagus, kamera beresolusi tinggi dengan kualitas gambar yang baik. Agar keindahan rumah anda dapat terlihat dengan sempurna.

5. Promosikan rumah anda di berbagai media

Promosikan rumah anda di berbagai media yang ada. Baik itu secara offline maupun online. Anda dapat mempromosikan penjualan rumah anda dari mulut ke mulut, mempromosikan rumah anda melalui media cetak dan sebagainya.

Jangan lupa juga anda untuk bergabung di berbagai media sosial yang ada. Khususnya seperti di facebook dan di wa (whatsapp). Carilah grup regional sesuai dengan wilayah tempat rumah anda berdiri. Misalnya grup tentang sesuatu yang berhubungan dengan malang, bekasi, grup ngapak, dan sebagainya. Kemudian promosikan rumah anda. Anda juga dapat bergabung ke berbagai grup tentang rumah, design rumah dan sejenisnya. Lalu pasarkan rumah anda disana.

6. Hubungi broker / agen properti rumah

Jika anda kurang berpengalaman didalam menjual rumah. Coba saja tanyakan kepada ahlinya. Cari agen khusus atau broker yang sudah ahli didalam bidang penjualan properti seperti rumah dan sejenisnya. Cari agen penjualan properti yang terpercaya. Kemudian gunakan jasa mereka.

Karena mereka para pekerja di bidang penjualan properti. Biasanya mereka ahli didalam menentukan harga jual beli tanah, rumah dan sejenisnya. Dan juga mereka mengerti wilayah serta cara pemasaran penjualan rumah.


Perlu diingat juga, tentunya broker atau agen penjualan properti. Tentunya akan meminta komisi dari penjualan rumah. Sesuai kesepakatan yang anda dan agen penjualan properti lakukan. Jadi anda juga harus memperhatikan jumlah besar kecilnya komisi ini. Jangan sampai anda malah tekor, karena ulah agen properti yang kurang terpercaya / penipu.

7. Perhatikan waktu khusus didalam menjual rumah

Rumah biasanya memiliki jangka waktu yang lama didalam proses penjualannya. Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yakni waktu atau momentum yang tepat.

Cari waktu atau momentum dimana kiranya banyak orang yang membutuhkan rumah. Misalnya saja seperti disaat perekonomian nasional mulai meningkat, atau juga disaat masa-masa selesai pemilu, dan sebagainya.

8. Selalu jaga kebersihan dan kelayakan rumah anda

Coba bayangkan saja jika anda ingin menjual rumah, karena tidak laku-laku. Maka anda mengabaikan rumah anda begitu saja. Suatu saat ada pembeli yang datang dan tertarik dengan iklan penjualan rumah anda. Pembeli tadi langsung datang melihat rumah yang anda mau jual. Eh, tak tahunya rumah anda sangatlah kotor, tidak terawat. Otomatis nantinya si pembeli tadi akan mengurungkan niatnya untuk membeli rumah anda.

Jadi menjaga kebersihan dan penampilan rumah yang akan dijual, sangatlah penting didalam percepatan proses penjualan rumah anda.

9. Berdoa

Selain berusaha seperti yang tersebut diatas. Anda juga dapat menyerahkan kelancaran usaha penjualan anda kepada Tuhan yang maha esa. Berdoa saja kepadanya, agar anda diberikan kelancaran didalam proses penjualan rumah anda. Dengan begini, lengkap sudah semua proses penjualan rumah anda. Yakni dengan cara bertawakal kepada Tuhan, dengan cara berusaha dan berdoa.

9 Cara jual rumah agar cepat laku dan untung besar
4/ 5
Oleh

Leave your comment