Thursday, October 18, 2018

Apa itu arti ASMR ? Pengertian, singkatan, dan manfaat dari video asmr yang ada di youtube, dll

Asmr, hal ini agak terdengar asing ditelinga kita. Akan tetapi akhir-akhir ini rasanya video yang menyajikan konten asmr sangat digemari oleh orang-orang di penjuri dunia. Bahkan di youtube sudah banyak orang yang membuat channel yang khusus hanya menampilkan konten yang bertema asmr saja.

Nah, pertanyaanya adalah apa itu asmr ?, Apa kepanjangan kata asmr ?. Dan untuk apa asmr ini di ciptakan ?. Berikut jawabannya . .

1. Pengertian asmr

ASMR sendiri merupakan singkatan dari "Autonomous sensory meridian response". Dan jika kepanjangan kata ASMR tersebut diterjemahkan menggunakan google translate, maka akan menghasilkan kalimat yang berbunyi "Respons meridian sensorik otonom".

Ya secara harafiah, ASMR ini adalah sebuah metode yang digunakan untuk menimbulkan sensasi fisik yang ditandai dengan adanya rasa tergelitik di area kulit kepala, kemudian turun ke belakang leher dan menjalar ke tangan atau tubuh. Ya, mungkin didalam kosa kata bahasa indonesia anda dapat menyebutnya sebagai sensasi merinding.



Namun sensasi merinding didalam ASMR ini bukanlah sensasi merinding yang dapat membuat orang menjadi ketakutan. Akan tetapi malah dapat membuat orang menjadi merasa rileks dan menyenangkan 😱.

Selain itu metode yang digunakan didalam ASMR ini adalah berupa suara yang dapat menstimulus otak untuk mendapatkan sebuah sensasi merinding yang dapat menenangkan. Maka dari itulah, orang-orang luar terkadang menyebut ASMR ini juga sebagai braingasm.

2. Manfaat, tujuan, fungsi konten video ASMR

Ya seperti yang sudah disebutkan diatas. Konten video asmr yang beredar luas di dunia maya, Khususnya yang ada di youtube. Semuanya dibuat untuk membuat sebagian orang yang melihatnya menjadi merasa rileks, merasa tenang dan dapat terbebas dari yang namanya stres.

Kenapa saya sebutkan sebagian orang pada paragraf yang tersebut diatas ?. Karena sudah jelas, video asmr hanya dapat dinikmati dan dimengerti oleh sejumlah orang dan kalangan saja. Karena video tentang ketukan, suara percikan air, video suara orang makan (mukbang asmr), video orang bisik-bisik dan berbagai video aneh lainnya. Tentunya tidak semua orang dapat menikmati dan mengerti konten video yang ditampilkan.


3. Konten video ASMR

Konten video asmr sangatlah bervariasi, Seperti yang sudah tersebut diatas. Video ASMR ada yang menampilkan suara-suara ketukan, suara bisik-bisik, suara percikan air, suara orang makan, dan suara aneh-aneh lainnya. Untuk selengkapnya Anda dapat mencarinya sendiri di youtube.

Tapi setelah saya lihat-lihat lebih dalam di youtube. Kebanyakan yang menyajikan konten video ASMR adalah para wanita atau kaum Hawa. Nah, bisa jadi mungkin video asmr ini adalah permainan setan untuk menyesatkan kaum adam 🙄. Geli, gelitik, dan merinding ?..... Who knows

4. Mukbang asmr

Mukbang sendiri bisa dibilang sebagai acara makan-makan online. Dan asmr lebih mengedepankan konten suara yang katanya dapat membuat seseorang menjadi terasa tergelitik, merinding dan rileks.

Jadi bisa dibilang, konten video mukbang asmr ini pastilah berisi seputar video orang yang sedang makan-makan dengan suara-suara yang keras dari hasil kegiatan makannya tersebut. Misalnya disaat memakan mie, ada suara seperti slurp..., Atau disaat memakan krupuk ada suara krunch krunch, dan sebagainya. Mungkin anda dapat menyebut Mukbang ASMR ini sebagai foodgasm 🤤.

Cukup sekian dulu ya. Begitulah penjelasan singkat mengenai arti / pengertian dari ASMR beserta dengan manfaat dan tujuan dibuatnya konten video ASMR ini. Semoga bermanfaat . . .

Apa itu arti ASMR ? Pengertian, singkatan, dan manfaat dari video asmr yang ada di youtube, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment