Wednesday, October 24, 2018

Apa itu bug ?, Arti bug dalam game, aplikasi, sosmed, program, dll

Bag bug bag bug, entah mengapa di salah satu grup di facebook yang saya ikuti. Membernya selalu saja berkomentar bug. Setiap ada yang posting sesuatu langsung komentar bug. Padahal di dalam postingan atau gambar postingan yang di post, tidak ada yang namanya unsur bug sama sekali.

Nah, mungkin anda bertanya-tanya mengenai bug ini. Jadi apakah sebenarnya yang dimaksud dengan bug ?. Jawabannya tentunya sangatlah bervariasi. Yang jelas, yang kita bahas kali ini yakni bukanlah mengenai serangga dan sejenisnya.

1. Apa itu bug ?

Bug jika diartikan didalam bahasa sehari-hari, mungkin anda lebih mengenalnya dengan istilah serangga. Serangga kecil sejenis kutu. Namun, jika bug yang dimaksud adalah mengenai masalah pada perangkat lunak. Mengenai suatu program, suatu aplikasi ataupun game. Maka bug dapat juga diartikan sebagai suatu kesalahan pada pemrograman perangkat lunak (os, software, app, dan game) yang dapat menimbulkan masalah atau error pada game dan aplikasi jika dijalankan.



Jadi, misalnya ada bug pada suatu game. Misalnya ada bug pada game ml / mobile legend, game aov, dll. Maka game yang memiliki bug tersebut akan menampilkan sejumlah fenomena yang aneh. Misalnya game bisa ngecrash, ngehang dan macet sendiri. Bisa juga kalau ada bug malah gratis dapat gold, voucher atau diamond tanpa sebab. Dan sebagainya . .

Intinya bug pada game dan aplikasi ini adalah suatu ke-erroran atau kecacatan pada sistem, yang diakibatkan dari adanya kesalahan programming. Sehingga menimbulkan banyak masalah saat aplikasi atau game tersebut sedang dijalankan.

2. Bug pada website

Bug pada suatu situs, termasuk didalamnya sosial media sangatlah berbahaya jika tidak segera ditangani. Karena jika dibiarkan, maka ada saja orang usil yang memanfaatkan bug tersebut untuk membobol dan merusak suatu website atau situs yang ada bugnya tadi.

Ya, karena website, situs dan blog dibuat dengan program, dibuat dengan coding dan pemrogramman. Jadi wajar saja terkadang ada bug didalamnya. Sehingga terkadang kita menemui yang namanya error disaat mengakses atau menggunakan suatu situs yang ada. Misalnya seperti error pada sosial media, blog dan sejenisnya.


3. Bug pada android

Bug pada android mengacu pada kesalahan atau ke-erroran yang terdapat pada suatu sistem os android. Sehingga nantinya didalam fitur hp yang menggunakan os android, pasti ada sesuatu fitur, atau aplikasi bawaan yang error dan ngehang jika digunakan.

Misalnya saja bug pada pola penguncian di beberapa hp tertentu. Disaat hp disilent atau dimatikan sementara. Setelah dihidupkan, eh pengunci pola malah tidak bisa digunakan / di pencet-pencet.

4. Bug pada internet

Anda tahu dengan yang namanya internet gratis ?. Di zaman dulu dimana masih banyak bug pada provider seluler. Orang-orang berlomba-lomba untuk mencari bug guna untuk dapat berinternetan dengan gratis. Dulu di tahun 2013 ke bawah, banyak sekali aplikasi operamini mod handler yang ditujukan untuk internetan gratis dengan memanfaatkan bug pada jaringan operator seluler. Tapi di zaman sekarang rasanya sudah semakin sulit. Tidak semudah seperti zaman dahulu 😂.

Ya begitulah kiranya pengertian dari bug. Arti bug dalam game, aplikasi, android, internet dan sebagainya. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . ..

Apa itu bug ?, Arti bug dalam game, aplikasi, sosmed, program, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment