Sunday, October 28, 2018

Apa itu glitch ? Arti glitch dalam game dan contohnya

Glitch dan bug, didalam video game kedua istilah ini rasanya sudah tidak terdengar asing lagi. Banyak orang yang menganggap glitch dan bug merupakan hal atau fenomena yang sama. Dan banyak juga yang menganggapnya hal yang berbeda. Semuanya tergantung dari perspektif masing-masing orang.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran anda. Langsung saja berikut pengertian dari glitch yang biasanya muncul di dalam game.

1. Apa itu glitch ?

Glitch jika dilihat pengertiannya melalui kamus bahasa inggris. Singkatnya jika diterjemahkan dari google translate, maka glitch ini memiliki arti "Kesalahan".



Nah, kata glitch ini juga di google translate memiliki definisi "Gangguan fungsi yang tiba-tiba, biasanya sementara dan tidak teratur".

Dari kedua pengertian diatas sudah dapat kita tarik garis besarnya. Pada intinya glitch merupakan suatu kesalahan sementara yang terdapat dalam game. Dan kesalahan tersebut terjadi secara tidak terduga atau tiba-tiba. Secara mudahnya anggap saja glitch ini sebagai kecacatan dalam sebuah video game yang terjadi secara sementara.

2. Contoh dari glitch

Misalnya ketika kamu sedang asik main game. Tiba-tiba saja gambar karakter game mu menjadi aneh, misalnya menjadi kotak-kotak, pecah-pecah, terbelah, dan lain sebagainya (cacat).

Contoh glitch dalam game
Contoh glitch dalam game

Contoh lainnya, ketika kamu sedang asik farming monster di tempat tertentu. Eh tiba-tiba saja game mendadak macet, monster terus-terusan ngerespwan, dan kamu tiba-tiba tanpa sebab balik lagi ke kota.


Contoh lainnya, disaat kamu sedang asik main game. Tiba-tiba saja musik didalam game menjadi error. Suara musik digantikan dengan suara aneh, misalnya seperti bunyi nging, bunyi musik macet, dan sebagainya.

3. Penyebab terjadinya glitch dalam game

Glitch dalam game dapat terjadi karena berbagai hal. Misalnya karena ada kesalahan dalam kode game (bug), karena ram dan spesifikasi gadget yang tidak sesuai dengan game. Dan lain sebagainya.

Ya, bisa dibilang glitch ini terjadi karena adanya bug di dalam game. Jika bug merupakan kesalahan coding atau pemrogramman didalam game. Maka glitch ini adalah suatu hasil perwujudan / manifestasi dari bug yang ada didalam game.

Apa itu glitch ? Arti glitch dalam game dan contohnya
4/ 5
Oleh

Leave your comment