Thursday, October 11, 2018

Cara berhenti bermain game & melupakan game online dengan mudah

Banyak sekali orang yang sudah kecanduan dengan yang namanya game. Terutama yakni kecanduan bermain game online. Apalagi di zaman ini sedang booming-boomingnya game Moba android. Misalnya seperti game ml (mobile legend), aov (arena of valor), dan sebagainya. Banyak orang yang sudah tidak dapat terpisahkan lagi dari yang namanya bermain game online ini.

Kecanduan game tidak hanya dialami oleh anak-anak dan remaja usia sekolah saja. Namun, banyak juga orang dewasa yang kecanduan game. Setiap hari mereka bermain game, setiap hari menginap di warnet, seriap hari pegang hp mabar game bareng.

Nah, pertanyaannya adalah. Bagaimanakah cara agar anda dapat berhenti bermain game, atau juga melupakan yang namanya bermain video game ?. Berikut jawabannya . . .

# Cara berhenti bermain game, Cara melupakan game, Cara menghentikan kecanduan bermain game

1. Niat dan tekad yang kuat

Semuanya, segala jenis usaha pastilah diawali dengan yang namanya niat. Jika niat anda sudah kuat, maka apapun rintangannya pasti akan mudah dilalui. Dalam hal ini yakni berniat untuk berhenti bermain game.



Jika anda sudah membulatkan tekad, maka segala usaha lanjutan untuk berhenti dan melupakan bermain game akan menjadi lebih mudah dijalankan.

2. Mengalihkan perhatian

Dengan mengalihkan perhatian, yakni dengan cara apapun asalkan anda tidak bermain game lagi. Misalnya anda beralih ke sosial media, streaming youtube, jalan-jalan ke taman, dll.

Asalkan di setiap ada keinginan untuk bermain game. Maka langsung saja cari kesibukan lain. Cari berbagai kesibukan yang kiranya dapat membuat diri anda melupakan yang namanya game. Misalnya seperti belajar bersama teman, bekerja, dan lain sebagainya.

3. Menghapus dan menjual game

Untuk mencegah anda di dalam mengakses dan bermain game kembali. Maka, jika niat anda sudah bulat. Hapus saja game yang sering anda mainkan dari hp, pc, komputer, laptop dan gadget anda.

Kalau perlu, sembunyikan gadget, konsol, dan sebagainya dari pandangan anda (lebih baik lagi jika konsolnya dijual, misal : nintendo switch, 3ds, ps2-3-4, xbox, dll). Supaya, jika anda berkeinginan untuk main game lagi. Eh, ternyata gamenya sudah dihapus. Jadi anda akan menjadi malas kembali untuk mendownload dan bermain game.

Kalau perlu kosongkan pulsa dan kuota anda. Agar anda tidak berkeinginan lagi untuk mendownload game yang sudah anda hapus.

4. Membatasi aktivitas di dunia maya

Terkadang seseorang yang berniat untuk pensiun dari dunia game. Mereka akan tergoda lagi untuk bermain game. Hal ini dikarenakan mereka melihat berbagai postingan tentang game yang terpampang di sosial media, situs, blog, media berita dan sebagainya.

Jika anda tidak bisa meninggalkan sosial media karena untuk berkomunikasi. Maka, anda cukup keluar saja dari berbagai komunitas dan grup yang membahas tentang game. Dengan ini, tentunya dapat mencegah anda untuk merasa ingin bermain game lagi. (Gatal gitulah istilahnya)

5. Mencari kesibukan di dunia nyata

Seperti yang sudah tersebut diatas. Dengan mencari kesibukan di dunia nyata. Entah itu bekerja, berkebun, bermain dengan teman, bermain dengan hewan peliharaan, membantu orang tua dan lain sebagainya.


Hal ini dapat mengalihkan perhatian anda dari yang namanya game, video game, game online dan sejenisnya. Karena biasanya disaat anda menganggur, gabut, ngak ada kerjaan. Maka dari sinilah hal-hal negatif mulai bermunculan. Salah satu contoh mudahnya misalnya keinginan untuk hohohihe, keinginan untuk bermain game, dan sebagainya.

Jadi, dengan menghindari yang namanya nganggur. Maka andapun akan dapat terhindar dari yang namanya game ini.

6. Memikirkan tujuan hidup dan masa depan

Waktu terus berlalu, umur terus bertambah. Manusia semakin hari semakin dekat dengan kematian. Semakin bertambahnya umur, semakin tua juga anda.

Maka dari itu, cobalah pikirkan masa depan anda. Pikirkan orang tua, dan kehidupan anda. Maukah anda seumur hidup menjadi seorang gamer ?. Tanpa menikmati indahnya dunia, bermasyarakat, dan sebagainya ?.

7. Berkumpul dengan orang yang baik / sholeh

Jika anda sering bergaul dengan sesama gamer. Maka coba batasi pergaulan anda. Cari komunitas lain yang sekiranya dapat menjauhkan diri anda dari yang namanya game.

Cari komunitas yang baik, yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Komunitas yang aktif di dunia nyata, yang dapat membimbing anda ke jalan yang baik.

Misalnya saja seperti di pondok pesantren. Anda dapat merehabilitasi diri anda disana. Disana anda dapat belajar agama, dan menjauh dari yang namanya dunia game.

Tapi perlu diingat, tidak semua pondok pesantren mengajarkan ajaran agama yang benar. Jadi, pilihlah pesantren yang baik, yang sesuai dengan ajaran Alquran dan sunnah. Bukannya malah pesantren yang dapat menjerumuskan anda ke dunia klenik, dan sebagainya.

8. Berdoa

Setelah berusaha, maka selanjutnya tinggal berdoa. Berdoalah kepada Tuhan agar semua urusan anda dimudahkan. Termasuk didalamnya yakni tentang usaha anda untuk melupakan dan berhenti bermain game ini.

Dengan berdoa, maka lengkap sudah segala usaha anda. Semuanya tinggal menunggu hasil yang cemerlang. Yakni sembuh dari kecanduan bermain game, video game, game online, dan sejenisnya. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat . . .

Cara berhenti bermain game & melupakan game online dengan mudah
4/ 5
Oleh

Leave your comment